20 Rekomendasi Camilan Sehat Buat Sehari-hari


  • 20 Rekomendasi Camilan Sehat Buat Sehari-hari
    Berada di rumah saja membuat kamu lebih sering ngemil daripada biasanya? Cek rekomendasi camilan sehat berikut ini. (Foto; dok/andreapiacquadio/pexels.com)

    Berada di rumah saja membuat kamu lebih sering ngemil daripada biasanya? Tak ada salahnya asalkan dapat menyiasati dengan konsumsi pilihan snack atau camilan yang sehat.  

    Karena, memilih camilan yang kaya nutrisi, vitamin dan mineral dapat menjaga ketahanan tubuh dan juga gula darah stabil. Beberapa studi kesehatan mengungkapkan konsumsi camilan sehat turut memengaruhi dan mencegah kamu makan berat berlebihan.  



    Buah, sayur, keju dan lainnya kerap dianjurkan sebagai pilihan camilan sehat. Jika tak ingin konsumsi snack yang itu-itu saja, kreasikan seperti rekomendasi berikut ini:  

    (Baca juga: 10 Ide Menu Sehat Buka Puasa, Tanpa Gorengan) 


    1. Apel kacang

    Buah-buahan berada di urutan teratas dalam rangkaian camilan sehat. Apel termasuk diantaranya yang dalam menikmatinya bisa kamu variasi dengan mencampurkannya dengan selai kacang misalnya.

    2. Roti alpukat

    Menikmati roti atau toast dengan potongan alpukat di dalamnya. Kenapa tidak?

    3. Milkshake pisang

    Dalam blender campurkan potongan alpukat, pisang, dan susu almond serta ekstrak vanila. Segar tapi kaya serat.

    4. Seledri krim keju

    Termasuk dalam kelompok camilan rendah kalori, konsumsi seledri dengan tambahan krim keju.

    (Telur rebus. Foto: Dok/Monasabhacabrera/Pexels.com) 


    5. Telur rebus

    Potong telur rebus dan bagian kuningnya diganti dengan isian humus dan paprika.

    6. Mangga Nanas

    Kreasikan mangga dan atau nanas dengan memotongnya kecil-kecil, lalu tempatkan di stik bambu seperti tusuk sate.

    7. Selai yogurt

    Yogurt juga termasuk dalam camilan sehat yang kamu bisa kreasikan dengan memberi tambahan selai buah, strawberry misalnya.

    8. Keripik lobak

    Seperti membuat keripik kentang, lobak juga bisa jadi salah satu makanan ringan yang bisa kamu andalkan.


    (Oat. Foto: Dok/Joao/Pexels.com) 


    9. Oat selai kacang

    Untuk variasi, oat dicampur selai kacang dan chocholate chips bisa juga jadi pilihan.

    10. Keripik terong

    Ya, selain kentang dan lobak, terong juga masuk dalam salah satu makanan yang bisa kamu kreasikan untuk yang ingin sajian crispy.

    11. Jeruk cokelat

    Kenapa tidak? Potongan buah jeruk dengan celupan cokelat memberi sensasi manis dan asin.

    12. Sushi sayuran

    Potongan wortel dan ketimun yang dibalut dengan daun sayuran sehingga mirip dengan 'sushi'.

    13. Kacang dan buah

    Kacang kenari dicampur dengan buah delima dan buah zaitun bisa jadi camilan sehat berikutnya.

    (Edamame. Foto: Dok/Valeriaboltneva/Pexels.com) 


    14. Edamame

    Kacang kedelai atau edamame termasuk dalam rangkaian camilan sehat yang bisa dikreasi sedemikian rupa.

    15. Semangka nachos

    Kamu yang suka nachos bisa memberi kreasi dengan tambahan buah semangka yang dipotong kecil.

    16. Kentang wedges

    Kentang dipotong-potong yang kemudian dicampur dengan bawang putih, dan turmeric buat memberi sensasi rasa berbeda.

    17. Kacang chickpea

    Dikenal juga dengan sebutan kacang Arab, chickpea termasuk camilan yang kaya nutrisi.

    18. Buah berry 

    Blackberry dan atau blueberry bisa ditambahkan dengan yogurt. 


    (Almond. foto: dok/alleksana/pexels.com) 


    19. Almond

    Kacang-kacangan juga bisa masuk dalam daftar camilan sehat, khususnya almond yang kaya akan kandungan nutrisi. 

    20. Keju 

    Dua potong keju cukup untuk mengisi kekosongan atau rasa lapar sementara sebelum makan berat. 


    Tips ngemil sehat 

    Dalam konsumsi camilan, tetaplah harus ada batasnya. Makan terlau berlebihan dan atau terlalu sering juga tidak baik buat kesehatan. Oleh karenanya, ikuti tips berikut ini: 

    - Jumlah yang dikonsumsi. Jangan sampai berlebihan, kalau mau takarannya usahakan tak lebih dari 200 kalori atau 10 gram protein untuk mengisi perut yang kosong. 

    - Frekuensi. Jangan sampai frekuensi makan snack atau camilan ini juga lebih sering. 

    - Hindari camilan yang kadar gulanya tinggi karena membuat perut kembali mudah lapar dalam waktu yang singkat. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below