Lakukan Hal Ini Sebelum Dan Setelah Brazilian Waxing


  • Lakukan Hal Ini Sebelum Dan Setelah Brazilian Waxing
    Lakukan Hal Ini Sebelum Dan Setelah Brazilian Waxing. (Foto: Dok. Senivpetro/Pexels)

    Treatment untuk mencabut bulu di area kewanitaan memang sangat terkenal, namanya ialah brazilian waxing. Kalau kamu ingin mencoba perawatan yang satu ini, harus tahu dulu apa saja hal yang harus dilakukan sebelum dan setelah brazilian waxing. Supaya tidak melakukan kesalahan yang berakibat menyusahkan diri sendiri.

    Pasalnya, metode perawatan area kewanitaan yang satu ini bisa dibilang cukup menyakitkan dan akan membuat sedikit kurang nyaman setelah melakukannya. Untuk tampil menarik, kamu memang harus melakukan usaha yang tidak mudah.




    (Baca juga: Tips Mencukur Bulu Di Area Kelamin Agar Tidak Gatal)


    Sebelum mencoba perawatan ini, ada beberapa hal yang mesti kamu terapkan. Di antaranya ada apa saja? Yuk simak!

    1. Jangan Lakukan Mendekati Tanggal Datang Bulan

    Brazilian wax before and after: hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah

    (Jangan melakukan brazilian waxing saat mendekati tanggal datang bulan. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Saat melakukan brazilian waxing, kulit di sekitar area kewanitaan akan terasa sangat sensitif. Oleh karenanya jangan memilih tanggal yang dekat dengan datangnya menstruasi saat akan mencobanya. Akan lebih baik jika beberapa hari setelah kamu selesai haid supaya bisa lebih nyaman.


    2. Konsultasikan Penggunaan Obat Penghilang Rasa Sakit

    Sebelum memulainya, kamu bisa meminum obat penghilang rasa sakit, tapi harus sesuai dengan anjuran dokter. Tanyakan apakah kamu bisa meminum obat penghilang rasa sakit tersebut atau tidak. Jika disetujui, maka tak ada salahnya untuk melakukan hal ini.


    3. Tetap Rileks

    Memang sebelum melakukan brazilian wax, kamu harus merasa rileks. Kamu bisa memberitahu kepada terapis perihal pengalamanmu yang masih pertama ini. Tak perlu merasa canggung dan takut, karena terapis pun akan paham dan berusaha membuatmu senyaman mungkin.


    (Baca juga: 6 Penyebab Selangkangan Gatal Yang Wajib Diperhatikan)


    4. Bersihkan Area Kewanitaan

    Tak perlu merapikan sendiri bulu-bulu yang ada di area kewanitaan karena merasa malu jika terlihat berantakan. Hal ini akan dilakukan oleh terapis. Kamu hanya perlu membersihkan area kewanitaan saja sebelum prosesnya dimulai.


    5. Jangan Pakai Celana Ketat

    Karena prosesnya yang cukup menyakitkan, tentu pemakaian celana ketat sangat tidak dianjurkan. Kulitmu akan jadi sangat sensitif dan pastinya hal ini akan membuatmu merasa tidak nyaman. Area kewanitaanmu juga butuh sedikit ruang supaya tidak tergesek dengan pakaian.


    6. Jangan Mandi Air Hangat

    Setelah brazilian wax, usahakan untuk tidak mandi dengan air hangat karena akan membuat kulit jadi semakin sensitif. Kamu juga tidak boleh melakukan olahraga maupun scrub pada area kewanitaan setidaknya selama 24 jam setelah melakukan metode perawatan yang satu ini.


    7. Tidak Berhubungan Seks

    Brazilian wax before and after: hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah

    (Jangan berhubungan seks setelah brazilian wax. Foto: Dok. Vitaliy Izonin/Pexels)

    Hal ini juga sangat penting untuk kamu perhatikan, karena berhubungan seks setelah proses brazilian wax akan menimbulkan gesekan-gesekan dan menjadikan proses pemulihan semakin lambat. Kulitmu masih belum pulih dengan baik dan dapat terjadi iritasi.

    Oleh karenanya, berhubungan seks bisa dilakukan kurang lebih 24 jam setelah melakukan brazilian wax, atau mungkin lebih dari itu demi keamanan dan kenyamanan diri sendiri.



    8. Coba Oleskan Gel Lidah Buaya

    Brazilian wax before and after: hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah

    (Oleskan dengan gel lidah buaya. Foto: Dok. MarsBars/iStock)

    Gel lidah buaya punya banyak manfaat untuk kulit, mulai dari melindungi kulit dari terjadinya peradangan, merangsang tumbuhnya sel kulit baru dan lain-lain. Maka setelah melakukan brazilian wax, kamu harus siap dengan gel lidah buaya ini.

    Dengan gel lidah buaya, kulit di sekitar area kewanitaan akan lebih terjaga kelembabannya dan bisa mencegah iritasi atau peradangan yang bisa saja terjadi.


    9. Kompres Dengan Air Dingin

    Kompres dingin dapat membantumu mengurangi rasa nyeri dan mencegah dari iritasi, maka dari itu setelah brazilian wax segera lakukan hal ini. Kamu bisa menyiapkan selembar handuk dan es batu, kemudian menempelkannya pada bagian kulit yang nyeri.

    Tapi jangan sampai lebih dari 20 menit ya, setidaknya sebentar saja sampai nyerinya mereda. Bisa juga dengan langsung mandi di bawah kucuran air dingin untuk mengurangi rasa sakitnya. Ini lebih ampuh daripada menggunakan air hangat.


    (Baca juga: Intip Tips Menjaga Kesehatan Area Kelamin Wanita)


    Nah, itu dia beberapa hal yang semestinya kamu lakukan sebelum dan sesudah brazilian waxing yang sejak dulu tengah populer di kalangan anak muda. Pastikan kamu tahu risiko, cara pengobatan dan sebagainya sebelum memulai metode perawatan ini.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below