Ketahui 7 Cara Menghilangkan Kutek Secara Alami


  • Ketahui 7 Cara Menghilangkan Kutek Secara Alami
    Tak perlu gunakan nail polish remover, jadikan bahan-bahan ini sebagai alternatif menghilangkan kutek (Foto: Dok. Pexels/Cottonbro)

    Kutek memang bisa mempercantik tampilan kukumu secara instan, but it won’t last forever! Ketika cat kukumu mulai mengelupas, hal tersebut dapat merisihkan dan membuatmu ingin segera menghapus kutek tersebut. Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki nail remover? Dari menggunakan cuka hingga pasta gigi, berikut tujuh alternatif yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutek secara alami.


    (Baca Juga: Inspirasi Warna Kuteks Kuku Untuk Kulit Sawo Matang)




    1. Baking soda

    Is there anything baking soda can’t do? Tentunya, baking soda bisa menjadi alternatif baik untuk menghilangkan cat kuku. Karena kandungannya yang abrasif, baking soda dapat membantu memecahkan dan mengikis cat kuku. Cukup dengan menaburkan baking soda pada kuku dan gunakan handuk basah atau sikat gigi bekas untuk menyikatnya. Baking soda membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk menghilangkan cat kuku, jadi kamu bersabar. 


    2. Pasta gigi

    Pasta gigi adalah barang rumah tangga yang pastinya sudah kamu miliki. Coba gunakan pasta gigi yang normal atau yang mengandung baking soda untuk menghilangkan cat kukumu. Pasta gigi memiliki zat abrasif yang lembut dan umumnya terdiri dari ethyl acetate, bahan yang ditemukan di sebagian besar penghapus cat kuku. Kamu bisa menggunakan kikir kuku, Q-tip, atau sikat gigi bekas untuk menghilangkan cat kuku dengan pasta gigi.


    Langkah pertama yakni dengan menggosok cat kuku kamu dengan pasta gigi selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan kuku dengan handuk untuk menghilangkan sisa cat kuku. Sebagai bonus, pasta gigi pemutih dapat mengatasi perubahan warna pada kuku yang disebabkan oleh cat kuku. Jadi, setelah cat kuku sudah hilang, tetap menggosok pasta gigi selama beberapa menit untuk menghilangkan noda dan mencerahkan ujung kuning kuku.


    cara membersihkan kutek secara alami

    (Cara membersihkan kutek secara alami. Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)

    3. Hairspray

    Banyak hairspray mengandung alcohol yang merupakan alternatif penghapus cat kuku yang baik. Cukup semprotkan hairspray ke kuku dan diamkan selama 2-3 menit sebelum kamu bersihkan dengan kapas. Pastikan kamu menghapus hairspray sebelum produk tersebut mengering dan menjadi lengket pada kuku. Cara ini juga handal jika kamu ingin menghilangkan noda akibat cat kuku dari pakaian. Gunakan pinset untuk menghilangkan cat pada pakaian setelah hairspray mengering. Setelah itu, kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa.


    4. Cuka dan lemon


    Campuran cuka dan lemon juga merupakan pengganti nail polish remover yang bekerja secara magis. Asam dalam cuka dipercaya dapat melembutkan cat kuku sedangkan jus lemon meningkatkan efektivitasnya serta memberikan aroma yang segar. Tuang sedikit cuka ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan 1-2 lemon yang sudah menjadi jus. Basahi kapas dengan campuran cuka dan lemon sebelum mengoleskannya dan gosok perlahan pada cat kuku. Jika perlu, kikir perlahan sisa cat yang tersisa. Setelah selesai, pastikan kamu melembapkan kuku dengan nail oil agar kutikula tetap sehat.


    (Baca Juga: 3 Langkah Mudah Hapus Cat Kuku Gel Di Rumah)


    5. Hidrogen peroksida


    Hidrogen peroksida memang sudah sering digunakan dalam produk kecantikan. Kandungan di dalamnya dapat membantu menghilangkan cat kuku secara alami. Sediakan mankuk dengan air panas dan 1/2 cangkir hidrogen peroksida sebelum kamu merendamkan kuku dalam mangkuk selama 15 menit untuk melembutkan cat kuku. Setelah itu, kamu bisa mulai menghapusnya dengan kapas atau menggunakan kikir kuku. Hati-hati ketika merendam kuku dalam air yang penuh hidrogen peroksida jika terdapat luka terbuka.


    cara membersihkan kutek secara alami

    (Berbagai alternatif untuk hilangkan kutek. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

    6. Hand sanitizer

    Pada masa pandemi ini, pastinya hand sanitizer sudah ada di dalam tas kamu. Untuk metode ini, kamu juga membutuhkan kapas. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengoleskan sedikit hand sanitizer ke kuku. Gosok kuku dengan kapas sampai kamu mulai melihat cat kuku memudar. Setelah kamu selesai, cuci tangan hingga bersih. Jika terdapat alkohol yang tertinggal di kuku, hal tersebut akan membuat kukumu mengering serta meninggalkan kutikula yang pecah-pecah. Pastikan untuk selalu memberikan kelembapan pada kuku dan tangan kamu setelah selesai menghapus cat kuku seperti memakai hand cream.


    7. Deodoran


    Deodoran adalah salah satu opsi lain yang mungkin sudah kamu miliki di lemari kamar mandi kamu sebagai penghapus cat kuku. Namun, agar metode ini berhasil, kamu harus memiliki deodoran yang berjenis spray. Bahan lain yang kamu juga perlukan adalah kapas. Deodoran mampu menghilangkan cat kuku karena bahan-bahan di dalamnya seperti alkohol dan aseton mampu membantu menghilangkan cat kuku secara efektif. Jangan lupa untuk memerhatikan bahan-bahan dalam deodoran jika kamu memiliki alergi yang dapat membahayakan dirimu. Caranya mudah saja, semprotkan deodoran ke kuku dari jarak dekat. Lalu, bersihkan segera dengan kapas, rub gently. Ulangi metode ini untuk setiap kuku sampai kamu memiliki jari yang bersih.


    (Baca Juga: Penyebab Kulit Jari Tangan Mengelupas)


    Inilah tujuh cara menghilangkan kutek secara alami yang bisa kamu jadikan alternatif. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below