Penyebab Kulit Jari Tangan Mengelupas


  • Penyebab Kulit Jari Tangan Mengelupas
    Perlu diperhatikan, inilah penyebab kulit jari tangan mengelupas. (Foto: Dok. Valeria/Pexels)

    Selama pandemi, kita punya kebiasaan baru, yaitu mencuci tangan lebih sering. Meski memiliki segudang manfaat, kebiasaan ini nyatanya menimbulkan masalah pada kulit tanpa kita sadari, yaitu kulit yang mengelupas. Sebenarnya kulit mengelupas tak terlalu mengkhawatirkan karena bisa disebabkan oleh banyak hal, khususnya faktor lingkungan. Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui penyebab kulit jari tangan mengelupas berikut ini.


    Sering mencuci tangan




    (Mencuci tangan. Foto: Dok. cottonbro/Pexels)


    Meski mencuci tangan sangat penting untuk menghindari penyebaran bakteri, terlalu sering menggunakan sabun bisa menghilangkan minyak yang bertugas sebagai pelindung kulit. 

    Saat minyak tersebut hilang, tingkat kelembapan kulit berkurang. Sabun juga bisa menyerap ke bagian kulit yang lebih sensitif sehingga menyebabkan iritasi dan mengelupas. Hindari mengeringkan tangan menggunakan tisu atau handuk kasar sehingga mengurangi potensi iritasi.


    (Baca Juga: Sering Cuci Tangan, Ini Tipsnya Agar Kulit Tetap Lembut)


    Kulit Kering

    Salah satu penyebab utama kulit jari tangan mengelupas adalah karena kulit menjadi kering. Umumnya, ini dipicu oleh cuaca dingin atau terlalu lama mandi dengan air hangat.

    Gejala lain yang muncul saat kulit kering adalah gatal, kulit pecah-pecah, warna memerah, dan kulit terasa kebas. Kamu bisa mencoba mencuci tangan atau mandi dengan air hangat, namun usahakan tidak terlalu lama.


    Produk berbahan kimia yang keras


    (Bahan kimia yang keras dalam produk. Foto: Dok. Karolina/Pexels)


    Dalam beberapa produk kecantikan seperti pelembap, sabun, sampo, dan produk kebersihan lainnya kadang terdapat bahan kimia tertentu yang ditambahkan. Bahan inilah yang bisa menyebabkan iritasi hingga berujung pada kulit yang mengelupas. 

    Jika kulitmu tidak kuat menahan kimia yang keras, kamu bisa mencari produk alternatif yang dikhususkan bagi kulit sensitif. Umumnya produk-produk ini bebas dari wewangian atau bahan penyebab iritasi lain.


    Terbakar matahari

    Jika kamu terbiasa terpapar sinar matahari dalam waktu lama, kulitmu bisa terbakar sehingga terasa hangat dan sensitif saat disentuh. Bahkan, bukan tak mungkin kulit memerah dan mulai terkelupas. Kulit yang terbakar memerlukan waktu cukup panjang untuk sembuh.

    Selama proses penyembuhan, kamu bisa menggunakan kompres dingin dan pelembap untuk mengobatinya. Sebaiknya, aplikasikan sunscreen secara rutin saat hendak keluar rumah.


    (Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Kering)


    Kebiasaan mengisap jari


    (Mengisap jari. Foto: Dok. Andrea/Pexels)


    Penyebab lain kulit jari tangan mengelupas adalah kebiasaan mengisap jari. Umumnya hal ini terjadi pada anak-anak, tapi bukan tak mungkin terjadi juga pada orang dewasa jika kebiasaan ini tidak dihilangkan.


    Itulah beberapa penyebab kulit jari tangan mengelupas berdasarkan faktor lingkungan. Semoga kamu bisa menemukan produk yang cocok dengan kulitmu atau justru menghilangkan kebiasaan buruk sedari kecil. Semoga berhasil!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below