Pertama Kali ke Bulk Store? Ini 4 Hal Yang Wajib Kamu Tahu


  • Pertama Kali ke Bulk Store? Ini 4 Hal Yang Wajib Kamu Tahu
    Hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang bulk store. (Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Sampah menjadi salah satu isu lingkungan hidup terbesar yang muncul akibat kebiasaan hidup sehari-hari sebagian besar masyarakat. Mulai dari kemasan sekali pakai hingga sisa makanan, tanpa sadar, gaya hidup kita sehari-hari pun memberi dampak besar bagi lingkungan alam di sekitar kita.


    Kini, berbagai langkah untuk hidup lebih ramah lingkungan pun dilakukan, salah satu semakin hari semakin menjadi kebiasaan adalah mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai maupun mengurangi sampah plastik. Kantung plastik diganti dengan tas belanja, alat makan plastik digantikan dengan peralatan makan guna ulang adalah beberapa hal yang dilakukan.



    Bulk store atau gerai curah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk hidup lebih ramah terhadap lingkungan. Pada dasarnya, bulk store juga menjual berbagai kebutuhan dasar, mulai dari makanan hingga produk perawatan tubuh. Namun, toko ini menghadirkan konsep zero waste kepada konsumen yang ingin berbelanja ke bulk store.


    Konsep toko ini populer di Eropa dan Amerika Serikat, tetapi kian berkembang hingga ke Asia Tenggara. Negara Singapura menjadi salah satu negara yang menghadirkan bulk store dalam komunitas masyarakat. Florence Tay dan Jeff Lam adalah dua orang yang membuka gerai curah di Singapura dengan nama UnPackt.


    (Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dicoba)


    Meski masih langka, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai mengenal bulk store atau gerai curah dan di ibukota sendiri, kamu sudah bisa menemukannya di beberapa lokasi. Lalu, jika kamu baru pertama kali berbelanja ke bulk store, ini beberapa hal yang wajib kamu ketahui.


    1. Membawa kemasan sendiri

    Seperti namanya, bulk store atau gerai curah, ketika kamu datang ke toko ini, berbagai bahan makanan dan kebutuhanmu akan tertata rapi dalam jar-jar manis dan estetik (sudah pasti menggodamu untuk mengambil gambar), tetapi untuk membeli apa yang kamu perlukan, kemasan belanja menjadi esensial di toko ini.


    Tidak hanya kantung guna ulang (reusable) yang biasa kamu bawa ke supermarket, tetapi toples atau kemasan lainnya bisa kamu bawa ketika ingin berbelanja. Namun jangan khawatir bila kamu tidak membawa kemasan sendiri, beberapa bulk store menyediakan kemasan untuk dipinjam dan bisa kamu kembalikan ketika kamu berbelanja lagi atau bisa kamu beli dengan harga terpisah dari belanjaanmu.


    hal yang perlu kamu ketahui ketika berbelanja di bulk store

    (Tas belanja adalah salah satu kemasan yang bisa kamu bawa ke bulk store. Foto: Dok. Sarah Chai/Pexels)


    2. Sistem pembayaran tidak berdasarkan jumlah

    Hal yang perlu kamu ketahui ketika berbelanja di bulk store adalah sistem pembayaran. Jika, kamu bisa membayar belanjaan di supermarket berdasarkan jumlah barang yang dibeli, penjaga gerai curah ini akan menghitung biaya belanjaanmu berdasarkan berat (gram) atau volume (liter).

    Itulah sebabnya kamu akan melihat tulisan harga disertai setiap gramnya pada tiap-tiap kemasan yang tertata di rak toko. Untuk itu, penting bagimu untuk mengetahui berat kemasan yang akan kamu gunakan saat kosong karena akan memengaruhi berat keseluruhan belanjaanmu ketika ditimbang.


    (Baca Juga: 5 Bahan Alami Paling Ampuh Untuk Cegah Penuaan Dini)


    3. Tidak hanya menjual bahan makanan kering

    Mungkin kamu pernah melihat beberapa bulk store yang menjual berbagai bahan makanan kering, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, hingga buah kering. Ini yang mungkin membuatmu mengurungkan niat untuk berbelanja di bulk store, karena tidak banyak pilihan makanan yang bisa kamu dapatkan.


    Namun, beberapa bulk store juga menjual berbagai bahan makanan, seperti tepung, keju, daging, bahkan pastries dalam jumlah besar. Kamu cukup menanyakan kemasan yang cocok untuk membawa bahan makanan tersebut kepada penjaga toko. Tidak hanya bahan makanan, bulk store juga menjual produk perawatan tubuh dan keperluan rumah tangga.

    hal yang perlu kamu ketahui ketika berbelanja di bulk store

    (Kemasan jar yang tertata rapi menjadi pemandangan setiap kali ke bulk store. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    4. Pilihan produk yang ramah lingkungan

    Ketika kamu berbelanja di bulk store, kamu tidak hanya ramah pada lingkungan tetapi juga dirimu sendiri. Rangkaian produk yang ditawarkan di bulk store, mulai dari bahan makanan hingga produk perawatan tubuh, terbuat dari bahan-bahan organik dan alami yang ramah bagi tubuh, serta dikemas dengan kemasan yang eco-friendly.


    Untuk peralatan rumah tangga maupun produk perawatan tubuh biasanya dikemas dengan kemasan berbahan kertas atau kain, tetap meminimalisir pengemasan produk agar tidak meninggalkan sampah.


    (Baca Juga: 8 Sumber Antioksidan Alami Untuk Bikin Kulit Makin Glowing)


    Inilah beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum berbelanja ke bulk store agar kamu bisa lebih ramah pada Bumi sekaligus lebih bijak dalam mengonsumsi kebutuhan sehari-hari.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below