5 Bahan Alami Paling Ampuh Untuk Cegah Penuaan Dini



  • Semua kaum Hawa pasti mendambakan kulit wajah yang tetap kencang dan berseri sampai tua. Oleh karenanya banyak brand kecantikan yang mengeluarkan lini produk anti-penuaan untuk membuat para wanita tetap tampak menarik meski sudah berusia senja. Nah, jika kamu merupakan tipe wanita yang tak rela mengeluarkan terlalu banyak uang hanya untuk perawatan, maka berikut Herworld rangkumkan lima bahan alami terbaik yang bisa membantumu atasi penuaan dini pada wajah. Lebih murah, mudah didapat, dan punya efek luar biasa baik bagi kulit.

    Eits, memang ada banyak bahan alami yang bisa digunakan. Tapi, percayalah bahwa cukup dengan lima bahan ini saja, kamu sudah bisa cantik alami dan terhindar dari ancaman penuaan dini. Let's check this out!

    1. Teh Hijau


    (Selain menyamankan perut, teh hijau juga bisa bikin awet muda! Foto: Dok. Pexels/Cup of Couple)




    Sering diasosiasikan sebagai minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan, teh hijau sesungguhnya punya khasiat lain yang jarang diketahui. Kaya antioksidan yang dikenal dengan nama EGCG, teh hijau terbukti secara klinis dapat meminimalisir kerutan pada wajah atau bagian tubuh lainnya dan membantu proses regenerasi sel sehingga kulit akan terus tampak segar hingga tua. Oleh karenanya, ia disinyalir dapat mencegah penuaan dini.

    Cara penggunaan: Rebus satu gelas teh hijau sampai mendidih di atas api sedang, lalu biarkan sebentar sampai hangat. Rendam handuk kecil sampai tenggelam, peras, lalu gunakan pada wajah seperti kamu mengenakan masker. Pastikan matamu ikut tertutup handuk. Suhu hangat yang ada pada handuk akan membuka pori-porimu dan menginfusi teh hijau masuk langsung ke dalam kulit. Oleh sebab itu, sesaat setelah menggunakannya, kulitmu akan langsung terasa lebih segar, kencang, dan bercahaya dalam sekejap. Pakailah rutin untuk hasil yang maksimal. 

    2. Pisang


    (Penyuka pisang pasti senang kalau tahu buah ini bisa menghindarkanmu dari penuaan dini. Foto: Dok. Pexels/Vanessa Loring)


    Tak cuma enak dimakan untuk sarapan atau bikin tekstur smoothie mu jadi makin menggiurkan, tapi pisang juga dikenal dapat mengoptimalkan produksi kolagen dalam kulit.

    Cara penggunaan: Untuk membuat masker anti-kerut, ambil pisang yang sangat matang, hancurkan, dan campur dengan madu. Setelah itu, ratakan pada wajah dan biarkan sampai kering dengan sendirinya. Bilas dengan air hangat dan rasakanlah betapa kencangnya kulitmu dalam empat minggu kemudian.

    (Baca juga: Selain Mengatasi Jerawat, Ini Manfaat Lain dari Tea Tree Oil)

    3. Lidah Buaya


    (Meski aromanya tajam, tapi tanaman ini sungguh banyak manfaatnya. Foto: Dok. Pexels.Himesh Mehta)


    Diperkaya oleh beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E, lidah buaya dapat membuat kulitmu tetap terlihat plumping meski bertambah usia. Tak heran jika bahan ini sering dipakai oleh brand kecantikan sebagai salah satu senjata terbaik dalam melawan penuaan dini.

    Cara penggunaan: Potong lidah buaya dan kupas kulitnya untuk dapatkan gel yang ada di dalamnya. Meski aromanya sangat kuat dan tak terlalu menyenangkan untuk sebagian orang, namun percayalah lidah buaya sangat banyak dan baik khasiatnya. Setelah gel didapat, oleskan pada kulit secara merata. Selain itu, minum juga segelas kecil jus lidah buaya setidaknya dua kali dalam seminggu, Rutinkan maka hasilnya akan maksimal.

    4. Mentimun


    (Biarpun sudah jadi rahasia umum, tapi mentimun memang terbukti dapat meminimalisir kerutan di sekitar mata. Foto: Dok. Pexels/Lo)


    Kaya akan kandungan air dan sejumlah nutrisi seperti magnesium, potassium, vitamin A dan vitamin E, mentimun nyatanya sangat baik untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Oleh sebab itu, bahan ini sangat direkomendasikan untuk meminimalisir kerutan di sekitar mata dan membuat wajahmu tampak bercahaya seketika.

    Cara penggunaan: Letakkan irisan mentimun pada mata untuk membantu mengempiskan kantung mata. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya jadi jus dan mencampurkannya dengan madu untuk dijadikan masker wajah yang menghidrasi. 

    (Baca juga: Kenali Manfaat Peppermint Oil Untuk Kecantikan)

    5. Minyak Zaitun


    (Kalau makan salad, sisakan sedikit minyak ini untuk wajahmu, ya. Hehehe! Foto: Dok. Pexels/Mareefe)


    Terakhir, ada minyak zaitun yang punya kandungan polyphenols, oleic acid, monounsaturated fats, vitamin B, dan vitamin D. Dengan mengaplikasikannya secara rutin pada wajah, maka kemunculan kerutan pada wajah bisa diatasi secara alami.

    Cara penggunaan: Campurkan 1 sendok minyak zaitun dan satu sendok jus lemon ke dalam mangkuk kecil, oles pada wajah, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dan lihat perubahannya pada kerutan di wajahmu 4 minggu kemudian.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below