Ini 5 Ramen Yang Wajib Kamu Coba di Jakarta


  • Ini 5 Ramen Yang Wajib Kamu Coba di Jakarta
    Rekomendasi ramen di Jakarta. (Foto: Dok. Bon Vivant/Unsplash)

    Weekend is coming. Mari rehatkan pikiran dengan mengeksplorasi sudut ibu kota yang hampir tidak pernah bisa kita lakukan ketika Senin menjelang. Kuliner, apapun jenisnya, akan selalu menjadi hiburan sederhana bagi kita semua dan hampir tidak pernah berhenti untuk dijelajahi. Mulai dari makanan pembuka hingga camilan penutup, kudapan khas Taiwan hingga gelato khas Italia, kamu tidak akan kehabisan menu untuk dicicip.


    Eksplorasi kuliner juga berlaku untuk ramen. Kuah mie khas Jepang yang memadukan ragam tipe mie dengan kaldu kaya rasa, serta dilengkapi berbagai macam daging, sayuran, dan telur ini berhasil menjadi salah satu makanan yang dinikmati banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia.




    (Baca Juga: 3 Resep Bihun Goreng Jawa Yang Bisa Kamu Coba)


    Ibu kota Jakarta menjadi salah satu hotspot bagi kamu yang merindukan kehangatan dan cita rasa ramen khas Jepang ini. Mungkin restoran-restoran ramen di bawah ini bisa jadi tempat yang kamu kunjungi akhir pekan ini.


    1. Ramen 38 Sanpachi




    Selama 18 tahun, restoran ramen satu ini menawarkan kehangatan di sudut kawasan Melawai. Ramen 38 Sanpachi sudah menjadi salah satu destinasi kuliner ikonis sejak dibuka pada 2003 dengan ragam menu ramennya. Dengan cita rasa klasik, Shio Ramen menjadi salah satu menu andalan restoran ini.


    Selain menawarkan cita rasa otentik Jepang, kamu juga bisa menguji adrenalin dan ketahananmu akan rasa pedas dengan menu Jigoku Ramen yang menawarkan tingkat kepedasan dalam 10 level. So, if you feel like testing your strength, menu satu ini bisa jadi tantangan akhir pekan.


    2. Yoisho




    Restoran yang hadirkan kuliner khas Asia dengan sentuhan khasnya. Berlokasi di kawasan Gunawarman ini menghadirkan berbagai varian ramen dengan Spicy Miso Ramen menjadi menu jagoannya. Dengan kuah kaldu miso pedas, potongan ayam charsiu, ajitama, gobo yang digoreng, dan chiwis namul.


    Tidak hanya berkreasi dengan makanan-makanan khas Jepang, Yoisho juga melakukan berbagai inovasi pada kuliner khas Korea Selatan dan juga Indonesia.


    (Baca Juga: Bikin Lapar, 11 Makanan Ini Sering Muncul Di Drama Korea!)


    3. RARA Ramen Bar



    Ramen yang wajib kamu coba di Jakarta tidak selalu harus berkuah. Jika kamu lebih menyukai dry ramen, sebuah restoran di Jalan Wijaya bisa menjadi pilihan. Menyambut para pecinta ramen dan petualang kuliner pada 2019 silam, RARA Ramen Bar hadirkan jenis ramen yang berbeda.


    Meski kamu tidak melihat kuah yang berlimpah pada mangkuknya, tetapi cita rasa dari dry ramen ini tidak kalah kaya. Mie yang dicampur dengan shoyu-xo sauce, lengkap dengan bawang bombay goreng, telur, shiso, dan nori ini bisa kamu nikmati dalam tiga topping berbeda yaitu Shoyu Butter Corn, Teriyaki Chicken & Crispy Skin, serta Sukiyaki Beef.


    4. Susuru



    Kamu bisa temukan Susuru di pusat kota Jakarta, tepatnya Ashta District 8. Namun, restoran ramen ini pertama kali membukakan pintunya di daerah Gading Serpong dan menjadi salah satu restoran yang banyak dikunjungi. Ramen disajikan dengan dua tipe kuah berbeda, yaitu chintan (kuah bening) dan paitan (kuah kental), yang bisa kamu pilih sesuai selera.


    Susuru juga menawarkan ramen dengan kuah miso khasnya, dibuat menggunakan 20 jenis bahan dan membutuhkan waktu hingga empat minggu untuk menghasilkan kuah kaldu yang sempurna. Selain ramen, Susuru juga menawarkan Ochazuke, sebuah makanan khas Jepang yang dibuat dengan menuangkan teh hijau, dashi, atau air panas ke nasi matang. Ochazuke juga dikenal dapat meredakan gangguan pencernaan atau peradangan lainnya.


    5. Sai Ramen




    Meski ramen Jepang memiliki komponen yang sama, satu kota dengan kota lainnya pun menghadirkan cita rasa khas dan berbeda ketika kamu berkunjung. Mulai dari Osaka hingga Tokyo, semua memiliki keunikan yang juga tergambar dari ramennya, termasuk Kyoto.


    Rasa otentik Kyotolah yang dihadirkan dalam menu-menu ramen dari Sai Ramen. Semua menu ramennya disajikan menggunakan kuah ramen spesial yang dibuat selama 14 jam sebelum kamu bisa menikmatinya. Restoran sederhana yang kental dengan nuansa Jepang ini memiliki beberapa menu andalan seperti Original, Miso, Curry, dan Black Garlic.


    (Baca Juga: Shangri-La Jakarta Kembali Hadirkan Menu Dim Sum Istimewa)


    Kelihatannya akhir pekanmu akan disibukkan dengan eksplorasi cita rasa Jepang bersama ramen-ramen di atas. Inilah rekomendasi ramen yang wajib kamu coba di Jakarta. Selamat menikmati!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Cara Terbaik Makan Ramen

Cara Terbaik Makan Ramen

oleh Karina Hikmayudi

The New Foodie Frenzy: Ramen Burger

The New Foodie Frenzy: Ramen Burger

oleh Andhini Puteri Lestari

Advertisement - Continue Reading Below