Bikin Lapar, 11 Makanan Ini Sering Muncul Di Drama Korea!


  • Bikin Lapar, 11 Makanan Ini Sering Muncul Di Drama Korea!
    Bikin Lapar, 11 Makanan Ini Sering Muncul Di Drama Korea! (Foto: Dok. Amanda Lim/Pexels)

    Pesona dari drama Korea tak hanya jalan ceritanya yang menarik, aktor dan aktrisnya yang menawan, gaya fashion-nya yang menarik, stylish, dan memanjakan mata, ada juga makanan-makanan khas yang bisa membuat siapa saja tergiur. Terlepas dari apapun genrenya, adegan makan selalu terselip manis di dalam cerita. 


    Nah, berikut ini beberapa makanan yang sering muncul di drama Korea. 




    (Baca Juga: Diet Ketat, 8 Artis Korea Yang Berhasil Turunkan Berat Badan)

    1. Ramyeon


    Bisa dibilang, makanan yang satu ini tidak pernah absen dari berbagai drama Korea. Ramyeon atau Ramyun adalah mi instan asal Korea yang memiliki beragam rasa, mulai dari rasa pedas, rasa gurih, hingga rasa seafood. 


    Ramyeon seringkali di masak bersama dengan telur dan daun bawang. Uniknya, dalam drama korea ramyeon biasanya disajikan dan dimakan langsung dari panci aluminium. Jangan lupakan kimchi sebagai makanan pelengkap ramyeon!


    Ssstt… kamu bisa mengajak si dia untuk makan ramyeon bersama kamu, “Ramyeon meokgo gallae?,” ini bisa menjadi ajakan romantis, lho




    2. Kimchi

    Makanan korea yang sering muncul di drama korea

    (Makafood on Pexels)


    Selain ramyeon, kimchi juga jadi makanan khas lainnya yang sering muncul di drama Korea. Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran, seperti kubis, lobak, dan mentimun, yang difermentasi dengan berbagai bumbu. Semakin lama difermentasi, rasa kimchi akan semakin kuat dan lezat. Biasanya, kimchi tidak dimakan sendiri, melainkan menjadi makanan pelengkap (side dish) yang bisa meningkatkan selera makan. 


    3. Tteokbokki


    (@koreanbapsang / Instagram)


    Bila kamu penggemar berat drama Korea, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Tteokbokki adalah makanan ringan Korea yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan saus gochujang khas Korea, sehingga memiliki cita rasa pedas. Biasanya, tteokbokki disajikan dengan eomuk, atau fish cake, dan sosis.





    4. Samgyeopsal


    (topntp26 on Freepik)


    Jenis makanan Korea khas lainnya yang sering muncul adalah samgyeopsal, atau daging perut babi. Dalam drama Korea, samgyeopsal panggang biasanya dinikmati dalam bentuk ssam, membungkus sepotong samgyeopsal dan isian lainnya dengan menggunakan daun segar, seperti daun perilla, selada, atau selada merah. 




    5. Korean chicken


    (aopsan on Freepik)


    Boleh dikatakan, Korean chicken menjadi salah satu makanan yang bisa stealing the scene atau mencuri perhatian dalam drama Korea. Bagaimana tidak, kerenyahan ayam yang dibalut dengan tepung crispy bisa membuat siapa saja yang melihatnya ingin ikut mencicipi. Korean chicken memiliki berbagai rasa, termasuk manis, pedas, dan gurih. 




    6. Mandu


    (Holly / Beyond Kimchee / Pinterest)


    Mandu adalah pangsit Korea yang memiliki berbagai isian seperti daging atau kimchi, glass noodle, tahu, dan minyak wijen. Mandu juga tersedia dalam berbagai ukuran, dari yang kecil hingga jumbo. 


    7. Bibimbap


    (Bibimpap. Foto: recipetineats/Pinterest)


    Dalam berbagai drama Korea, kamu pasti pernah melihat aktor dan aktris yang menikmati semangkuk besar nasi dengan berbagai sayuran, telur, dan daging yang dicampur dengan saus gochujang -- seperti Song Hye Kyo dan Rain dalam drakor Full House. Makanan ini dikenal dengan nama Bibimbap, bibim artinya berarti mencampur dan bap berarti nasi. Jadi, bibimbap adalah nasi dengan berbagai sayuran, telur, dan daging yang dicampur dengan saus gochujang. 


    Benar-benar bisa membuat perut ikutan lapar, ya!




    8. Jjajangmyeon


    (Jjajangmyeon. Foto: Dok. Instagram @limjenjen)


    Selain beberapa makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat makanan Korea lainnya yang sering muncul dalam drama Korea yaitu Jjajangmyeon. Jjajangmyeon adalah hidangan Korea-Cina dengan saus kacang hitam yang gurih, dan biasa disajikan dengan danmuji atau acar lobak sebagai makanan pelengkap.


    Seperti yang bisa kamu lihat dalam drama Korea, makanan yang satu ini merupakan makanan paling populer untuk dipesan melalui layanan pesan antar makanan.




    9. Japchae


    (Japchae. Foto: Dok. Korean Bapsang / Pinterest)


    Japchae adalah hidangan klasik yang terbuat dari mie tepung ubi jalar (dangmyeon), atau dikenal juga sebagai glass noodle. Japchae adalah hidangan penting yang disajikan pada hari besar dan acara-acara khusus. Ada banyak variasi hidangan japchae, namun untuk hidangan japchae klasik, mie yang kenyal dipadukan dengan potongan daging sapi atau babi tipis dan berbagai sayuran yang dicampur dengan saus manis gurih. Beri hiasan irisan telur dan taburan biji wijen di atasnya. 


    10. Sup rumput laut


    (Sup rumput laut. Foto: Dok. Instagram @kimcmarket)


    Seperti yang kamu lihat dalam drama Korea, sup rumput laut, atau miyeokguk, adalah hidangan yang biasa disajikan saat hari ulang tahun. Ini karena, sudah sejak lama sup rumput laut dipercaya kaya nutrisi yang baik untuk membantu pemulihan dan produksi ASI wanita setelah melahirkan. Selain itu, berdasarkan kebiasaan tradisional, sup rumput laut juga didedikasikan untuk roh tiga dewa yang dikenal mengatur persalinan dan memberkati bayi yang baru lahir -- berdoa agar persalinan lancar dan si bayi lahir dengan sehat. Oleh karena itu, miyeokguk adalah masakan Korea yang melambangkan kelahiran.


    Sup rumput laut merupakan sup ringan, lezat, dan kaya nutrisi yang biasanya dibuat dengan daging sapi, kerang, atau jenis seafood lainnya.


    11. Gimbap

    Makanan korea yang sering muncul di drama korea

    (Kimbap. Foto: Dok.Jcomp/Freepik)


    Gimbap, atau kimbap, adalah makanan on-the-go paling populer di Korea. Pada dasarnya, gimbap adalah nasi gulung rumput laut Korea yang diisi dengan berbagai isian lezat. Gimbap biasanya dibuat dengan nasi putih berbutir pendek (white short grain rice), atau untuk pilihan yang lebih sehat, kamu bisa menggunakan brown rice atau multigrain rice. Saat memasak nasi untuk gimbap, sangat penting membuatnya sedikit kering dari biasanya dengan menggunakan sedikit air. Kemudian, bumbui dengan sedikit minyak wijen dan garam. Untuk isiannya bisa bervariasi tergantung selera, bisa berisi potongan wortel, bayam, daging sapi, tuna, dan irisan telur.


    Adegan epik dari drama Korea Do Do Sol Sol La La Sol ini bahkan memberitahu kita empat resep berbeda membuat gimbap yang lezat!




    Bonus: Soju 


    (Soju. Foto: Dok.Mizzu Cho/Pexels)


    Soju sudah seperti “cameo tetap” karena kemunculannya yang tidak pernah absen di berbagai drama Korea. Soju adalah minuman beralkohol yang mengandung sekitar 15% hingga lebih dari 50% kandungan alkohol di dalamnya. Minuman ini biasa diminum pada malam hari ketika sedang merayakan sesuatu atau sedang berpesta, ketika sedang stres, atau ketika sedang mengalami kesedihan.


    Dalam drama Korea, soju telah membantu banyak pengakuan cinta, memicu argumen, dan bahkan mendapat ciuman pertama seperti Kim Go Eun dan Gong Yoo dalam drama Goblin




    (Baca Juga: Diet Ketat, 8 Artis Korea Yang Berhasil Turunkan Berat Badan)

    Itulah 11 makanan Korea dan soju yang sering muncul di drama Korea. Makanan Korea apa saja yang sudah kamu cicipi?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below