Reuni Nicholas Saputra dan Lukman Sardi di Film PARANOIA


  • Reuni Nicholas Saputra dan Lukman Sardi di Film PARANOIA
    Penampilan Nicholas Saputra sebagai Raka dalam film PARANOIA. (Foto: Dok. Miles Films)

    Mungkin kamu sudah nyaman dengan menikmati ragam film dan serial yang menghiasi layar laptopmu, tetapi rasa rindu untuk pengalaman menonton di bioskop. Perlahan-lahan rasa rindu itu terbayarkan sejak pintu-pintu bioskop telah terbuka bagi kamu yang melepas rindu akan layar lebar.


    Untuk menyambutmu kembali ke bioskop, beberapa sineas Indonesia pun telah mempersiapkan film-film yang wajib kamu tonton, termasuk film drama thriller pertama dari Miles Films bertajuk PARANOIA. Membawa ketegangan dan paranoia yang dialami masyarakat dunia, termasuk Indonesia di tengah pandemi pun menjadi inspirasi Mira Lesmana untuk karya ini.




    (Baca Juga: Ini 7 Film Indonesia Yang Dapatkan Apresiasi di Luar Negeri)


    Film ini mengisahkan Dina (Nirina Zubir) dan Laura (Caitlin North Lewis), sepasang ibu-anak yang berusaha bertahan hidup sekaligus berlari dari sang suami, Gion (Lukman Sardi). Ketika “bersembunyi”, Laura pun bertemu dengan sosok Raka (Nicholas Saputra), pria misterius yang mengundang rasa penasarannya untuk mengenali pria tersebut. Kisah hubungan keluarga yang dikemas dalam genre thriller suspense ini juga menjadi eksplorasi baru bagi sutradara, Riri Riza yang dipercaya untuk menggarap film ini.



    Tiga nama besar aktor Indonesia yaitu Lukman Sardi, Nirina Zubir, dan Nicholas Saputra pun menjadi sosok yang terbayang oleh Mira dan Riri untuk memerankan tokoh Gion, Dina, serta Raka dalam film ini. Sedangkan, nama model dan aktris asal Bali, Caitlin North Lewis pun dipercaya untuk memerankan sosok Laura.


    (Baca Juga: Bersama Penyalin Cahaya, 2 Film Ini Kuasai Nominasi FFI 2021)


    Selain mengundang rasa penasaran para aktor dengan teritori baru yang dipegang Riri, PARANOIA menjadi panggung reuni Nicholas dan Lukman setelah 16 tahun lalu dipertemukan dalam film Gie. Lukman pun mengungkapkan bahwa kembali terlibat dalam film karya Miles Films seperti kembali ke rumah, mengingat dirinya kembali berakting setelah vakum dari industri film melalui perannya sebagai Herman Lantang dalam film Gie tersebut.


    film PARANOIA yang diperankan oleh Nicholas Saputra, Lukman Sardi, Nirina Zubir, dan Caitlin North Lewis

    (Konferensi pers virtual film PARANOIA. Foto: Dok. Miles Films)


    Meski sudah lama saling mengenal, film ini menjadi panggung pertama yang mempertemukan Lukman, Nicholas, dan Nirina setelah ketiganya sudah menjelajahi industri film dalam berbagai peran masing-masing. Nirina yang dipercaya memerankan sosok Dina pun mengaku bisa merasakan euforia berada dalam satu bubble dengan sebuah genre film yang berbeda dari biasanya.


    Proses syuting pun dilakukan pada masa yang cukup menegangkan, di tengah masa pandemi pada 2020 silam. Namun, menariknya, keempat pemain beserta kru melakukan karantina selama satu bulan di lokasi syuting sebelum proses produksi dilakukan. Riri Riza pun mengaku bahwa proses syuting ini memberi kesempatan bagi tiap-tiap orang untuk melibatkan diri dalam pengembangan karakter dan cerita melalui kesempatan komunikasi yang lebih intensif.


    Meski menggarap film bergenre drama thriller, suasana kerja di lokasi syuting pun diakui para pemain sebagai salah satu suasana kerja terbaik, melalui kedekatan yang terbangun antara pemain dan kru selama berada dalam satu lokasi, mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Sebuah bubble yang berhasil hadirkan ensambel aktor yang kuat untuk menghidupkan cerita ini.





    PARANOIA menjadi panggung ketiga model sekaligus aktris, Caitlin North Lewis yang memerankan sosok Laura. Karakternya ini menjadi satu-satunya tokoh yang harus melalui proses casting dan Riri Riza merasakan antusiasme Caitlin dalam berakting, ditambah unsur keterasingan (proses pra produksi dilakukan secara virtual dengan Caitlin berada di Bali) yang menambahkan elemen baru dalam karakter Laura.


    (Baca Juga: Inilah 7 Film Ana de Armas Yang Wajib Kamu Tonton)


    Film PARANOIA akan menjadi film Indonesia kedua yang akan tayang di bioskop pada 11 November mendatang, salah satu karya sineas dalam negeri yang mengawali pulihnya industri film Indonesia dan juga kembalinya bioskop di Tanah Air. Sebelumnya, film ini telah ditayangkan dalam Bucheon Film Festival yang berlangsung di Korea Selatan pada Juli 2021 kemarin. Selain itu film ini juga mendapatkan nominasi Festival Film Indonesia 2021 dalam kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Riri Riza, serta Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Nirina Zubir.


    Buat kamu yang ingin melepas kerinduan akan bioskop dan juga film-film karya anak bangsa, teritori baru Riri Riza serta Mira Lesmana ini bisa menjadi salah satu tontonan wajib. Masih belum yakin? Mungkin trailer di atas bisa meyakinkanmu.






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below