Kenali 5 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kecantikan Penampilanmu


  • Kenali 5 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kecantikan Penampilanmu
    Manfaat tamanu oil bagi kecantikan. (Fioto: Dok. Monstera/Pexels)

    Mungkin kamu familier dengan minyak yang terbuat dari bahan alami seperti buah zaitun, kelapa, atau biji pohon argan untuk dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, berbagai minyak alami menjadi produk alternatif untuk menjaga kondisi kulit dan rambut dalam keadaan prima.


    Namun pernahkah kamu mendengar tamanu oil sebelumnya? Tamanu oil atau minyak tamanu adalah salah satu minyak alami yang diekstrak dari biji pohon kacang tamanu, salah satu tanaman tropis yang khas di kawasan Asia Tenggara. Meski, tergolong baru, minyak tamanu semakin banyak dikenal bermanfaat bagi kecantikan.




    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Jojoba Oil Untuk Kecantikan)


    Mulai dari mengatasi jerawat hingga menyamarkan kerutan di wajah, mari mengenal beberapa manfaat tamanu oil untuk kecantikan di bawah ini.

    1. Mengatasi jerawat

    Minyak tamanu menyimpan kandungan antibakteri yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengaplikasikan minyak tamanu, tidak hanya di wajah, tetapi juga mengatasi jerawat yang ada di area punggung. Selain itu, tamanu oil juga dapat membantu atasi jerawat yang meradang dengan kandungan anti inflamasi yang tersimpan di dalamnya.


    manfaat tamanu oil

    (Tamanu oil samarkan bekas jerawat. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    2. Menyamarkan bekas jerawat dan stretch marks

    Kandungan minyak tamanu juga bermanfaat untuk proses regenerasi kulit. Sebuah studi mengungkapkan bahwa minyak tamanu dapat membantu tingkatkan produksi kolagen dan glycomsaminoglycans yang menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kondisi kolagen yang sehat serta kekenyalan kulit.


    (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambutmu, Penasaran Apa Saja?)

    3. Melembapkan kulit

    Manfaat tamanu oil juga kerap dijadikan bahan dalam produk perawatan kulit, termasuk krim anti-aging. Minyak ini kaya akan asam lemak yang dapat membantu jaga kelembapan kulit. Selain melembapkan, tamanu oil juga dapat menghindari kulit dari kerutan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini terbukti melalui penelitian yang menemukan bahwa minyak tamanu dapat menyerap sinar UV.


    4. Mengatasi gejala dan efek eksim

    Eczema atau eksim merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan kulit memerah dan gatal. Kondisi kulit ini dapat dialami oleh bayi hingga dewasa segala usia dan sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi gejala dan mengontrol efek yang dirasakan.


    Tamanu oil menjadi salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk atasi eksim. Kekayaan antioksidan dalam minyak ini membantu atasi rasa sakit dan tidak nyaman. Namun, pastikan kamu memahami risiko-risiko minyak tamanu untuk kulit sensitif.


    manfaat tamanu oil

    (Tamanu oil bermanfaat untuk sehatkan rambut. Foto: Dok. Dev Asangbam/Unsplash)


    5. Membuat rambut sehat dan berkilau

    Tidak hanya kulit, kamu juga dapat merasakan manfaat tamanu oil ketika diaplikasikan pada rambut. Minyak tamanu dapat membantu pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan juga sehat. Kamu dapat mengaplikasikannya dalam kondisi rambut basah, setengah kering atau kering sekalipun.


    Minyak tamanu bisa kamu campurkan dengan sampo atau kondisioner, lalu didiamkan selama satu jam sebelum dibilas hingga bersih. Kamu juga dapat mengaplikasikannya pada bagian ujung rambut untuk menghindari kerusakan dan rambut yang kering. Minyak ini juga sangat bagus kamu guanakan untuk memijat kulit kepala.


    (Baca Juga: Kenali Manfaat Gliserin Untuk Melembapkan Kulit Wajah)


    Meski memiliki berbagai manfaat yang dapat kamu gunakan untuk atasi masalah kulit wajah maupun rambut, tamanu oil juga memiliki beberapa efek samping yang harus kamu ketahui. Minyak tamanu sangat tidak disarankan untuk kamu yang memiliki alergi terhadap kacang. Selain itu, pastikan kamu hindari area mata dan juga luka terbuka ketika mengaplikasikan minyak tersebut.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below