Cara Menghadapi Tahun Baru 2021 Dengan Lebih Positif


  • Cara Menghadapi Tahun Baru 2021 Dengan Lebih Positif
    Tahun baru, semangat baru. Inilah cara menghadapi tahun baru dengan lebih positif. (Foto: Dok. Julia/Pexels)

    Setelah melewati tahun 2020 dengan beragam cobaan, kita memasuki tahun 2021 yang penuh dengan harapan. Namun, bukan berarti kita bisa lengah dalam menghadapi ketidak-pastian yang masih mungkin terjadi. Melihat hal ini, Her World berbincang dengan Ucita Pohan, presenter sekaligus podcaster dari Listen UP tentang cara menghadapi tahun baru 2021 dengan lebih positif.


    Lakukan self-reflection




    (Belajar untuk refleksi diri. Foto: Dok. Felipe/Pexels)

    Menurut Uchiet, sapaan akrab Ucita Pohan, hal utama yang harus dilakukan saat memasuki tahun yang baru adalah self-reflection. Bukan hanya bisa meningkatkan kualitas diri jadi pribadi yang lebih baik, Uchiet melihat ada banyak ketidak-puasan dalam hidup yang disebabkan karena kita kurang “mengenal” diri kita sendiri, kurang bisa memahami kondisi saat ini, sehingga membuat kita mengambil keputusan yang justru menjauhkan diri dari apa yang ingin dicapai.


    (Baca Juga: Ngeri, Ini Resiko Kurang Tidur Yang Harus Dihindari)


    “Dengan melakukan self-reflection, kita jadi punya waktu untuk membuat garis awal dari well-being journey,” ujarnya. Caranya pun bisa dimulai dengan memerhatikan apa yang kita rasakan, menyadari semua tindakan yang kita lakukan, mengulik ulang alasan dari sikap kita, serta menyadari perbedaan dalam diri sejak dulu dan sekarang.


    Terapkan healthy mindset

    Pikiran yang sehat tentu dibutuhkan, khususnya saat kita masih menghadapi pandemi seperti sekarang ini. Umumnya, pikiran yang sehat bisa menciptakan tubuh yang sehat pula. Namun bagi Uchiet, healthy mindset di sini lebih mengacu pada growth mindset sehingga kita bisa lebih optimis namun tetap logis dalam menghadapi sesuatu. Cara yang bisa dilakukan pun terbagi dalam tiga hal, yaitu:





    1. Menerima keadaan. Ingatlah bahwa ada banyak hal dalam hidup yang tidak bisa kita kendalikan karena itu semua di luar kuasa kita.

    2. Ubah sudut pandang. Victim mentality adalah saat kita terlalu sering berpikir sebagai korban. Akhirnya, kita lebih merasakan efek negatif dari semua hal dibanding positifnya. Ubah pemikiran dari “Everything is happening TO me” jadi “Everything is happening FOR me”.

    3. Lakukan apa yang bisa dilakukan sekarang. Di masa pandemi, ada banyak rencana yang gagal. Namun, fokuskan diri untuk tetap melakukan hal-hal sederhana yang bisa dilakukan saat ini. Dengan begitu, semangat tetap terjaga dan kita tetap produktif.


    (Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Mengalami Stres)


    Hindari over-thinking


    (Kurangi pikiran negatif yang berlebihan. Foto: Dok. Juan Pablo/Pexels)


    Pahami bahwa memiliki pikiran negatif adalah hal wajar, apalagi manusia memang makhluk yang sering membandingkan. Namun, latih diri dengan memberikan perhatian lebih banyak pada sisi negatif.


    “Belajar dari pengalaman pribadi, saat sudah ada pikiran negatif, aku menerima pikiran tersebut namun tidak memperpanjang khayalan pada kemungkinan-kemungkinan yang lebih buruk atau menakutkan,” ujar Uchiet.


    (Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan)


    Ia mengaku akan berusaha mengingat kembali sisi positif dari hal tersebut sehingga bisa menghindarinya untuk tidak tenggelam dalam pikiran negatif dan tidak over-thinking. “Memang tidak mudah di awal, namun berkat Latihan rajin, kebisaan ini jadi membuat kita less-stress,” lanjutnya.


    Cari kegiatan baru yang bermanfaat



    Percayalah bahwa pola pikir kita akan terus berkembang dinamis akibat dipengaruhi dari apa yang kita baca, lihat, dan dengar. Cobalah untuk lebih selektif dalam memilih buku yang kita baca, menonton konten visual yang lebih bermanfaat dibanding binge-watching konten receh, dan mendengarkan podcast dengan obrolan informatif yang seru. Bisa dibilang ini adalah bentuk dari self-care dan usaha untuk meningkatkan well-being diri kita sendiri.


    (Baca Juga: Pandemi Berdampak Pada Kesehatan Mental, Ini Solusinya)


    Itulah cara menghadapi tahun baru 2021 dengan lebih positif. Nah, kalau kamu masih ingin tahu seputar victim mentality, growth mindset vs fix mindset, neutral positivity, dan masih banyak lagi? Kamu bisa mendengarkan podcast Listen UP dari Ucita Pohan yang akan membahas seputar mental shifting dan self-reflection yang dilaluinya. Listen UP bisa didengarkan di Spotify dan platform podcast lainnya.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below