Life & health

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

By : Her World Indonesia - 2020-12-08 18:00:02 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Setelah musim kemarau yang panjang, akhirnya musim hujan telah tiba. Musim hujan kerap dikenal sebagai musim yang membawa virus influenza. Jadi, penting sekali bagi kamu untuk menjaga kesehatan tubuh pada musim ini. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Yuk, kenali tips menjaga kesehatan saat musim hujan!


(Baca Juga: Pilkada Di Tengah Pandemi, Simak Tips Jaga Diri Di TPS)


1. Konsumsi makanan yang meningkatkan sistem imun

Makanan dengan serat yang tinggi sangatlah baik tubuhmu, selain menjaga kesehatan pencernaan, serat juga bisa meningkatkan imun. Kamu bisa mendapatkan serat dari sayur, buah, dan makanan yang memiliki karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Selain itu, menurut penelitian, bawang putih dan jahe merupakan dua makanan yang efektif dalam meningkatkan imun tubuh.


2. Makanan dan minuman hangat

Bukanlah mitos bahwa makanan dan minuman hangat dapat mencegahmu terkena flu. Menurut penelitian, menyantap makanan dan minuman hangat dapat mencegah perubahan tempratur pada tubuh secara drastis yang terjadi karena udara dingin saat musim hujan.


3. Menjaga kebersihan diri dan rumah

Meskipun musim hujan membuatmu lebih sering berada di rumah, ini bukan berarti kuman atau virus tidak ada di sekitarmu. Kamu harus tetap membersihkan rumah secara berskala dan rajin cuci tangan dengan sabun antiseptik.


4. Minum air putih yang banyak

Ketika tubuh terus terhidrasi, ia akan membuang toksin dari dalam melalui urine. Untuk itu, air putih sangatlah penting saat musim hujan. Biasanya, udara sejuk saat musim hujan membuat kamu merasa tidak ingin minum. Jadi, di saat kamu sudah merasa haus, itu artinya tubuhmu sudah kekurangan cairan. Hindari hal ini karena tubuh yang dehidrasi sangat mudah terkena virus.


5. Tingkatkan asupan vitamin C

Vitamin C sangatlah penting untuk mencegah sakit flu. Kamu dapat mengkonsumsi vitamin ini melalui suplemen atau secara natural. Jika kamu lebih memilih untuk mendapatkan vitamin C secara natural, kamu bisa mengkonsumsi jeruk, nanas, pepaya, paprika hijau dan merah.


6. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu tubuh menjaga kestabilan suhunya. Hal ini sangat penting karena fluktuasi suhu tubuh dapat menurunkan imun. Selain itu, mandi juga dapat menjaga kebersihan diri sehingga kamu juga lebih terlindungi dari kuman dan virus yang jahat.


(Baca Juga: Selain untuk Diet, Ini Manfaat Lain Skipping untuk Tubuh)


Itu dia tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. Selamat mencoba!


(Penulis: Regina Yohana)


Life & health