Ketahui Baik Dan Buruk Olahraga Malam Sebelum Tidur


  • Ketahui Baik Dan Buruk Olahraga Malam Sebelum Tidur
    Inilah baik dan buruk olahraga malam sebelum tidur (Foto:Dok.Karolina/Pexels)


    Olahraga sudah menjadi kebutuhan pokok supaya tubuh selalu sehat. Saat sudah beraktivitas hampir normal seperti sekarang olahraga malam sebelum tidur banyak jadi pilihan. Waktu yang lebih luang, tidak terburu-buru ditunggu pekerjaan atau kegiatan lain, jadi alasan utama. Apa plus minus olahraga malam hari? Apakah akan mengganggu ritme tidur kita? Yuk simak fakta di bawah ini.




    (Baca Juga: Olahraga yang Baik Dilakukan Pada Malam Hari)


    1. Gangguan tidur

    Olahraga akan meningkatkan heartrate dan menstimulasi sistem syaraf. Sebagian orang akan mengalami sulit tidur (interupted sleep) jika olahraga dilakukan mendekati waktu tidur, namun sebagian lagi olahraga yang dilakukan minimal 2 jam sebelum tidur tidak berpengaruh pada kualitas tidurnya.


    2. Hindari olahraga berat

    Jurnal dari Sports Medicine yang terbit tahun 2018 menyarankan jika ingin berolahraga malam dan tidur tetap optimal, lakukan setidaknya satu jam sebelum tidur dan tidak yang berat. Jadi, jangan sesekali membuat janji latihan CrossFit pada jam 9 malam, ya.


    3. Melepas stres

    Olahraga yang dilakukan pada malam hari menjadi saluran yang baik untuk melepas stres dari ketegangan pikiran atau pekerjaan yang dilakukan siang hari. Dengan berolahraga, pikiran akan lebih jernih. Karena sudah tidak ada kegiatan yang menunggu, olahraga yang dilakukan malam sebelum tidur juga bisa dilakukan dengan lebih fokus dan relaks.


    (Baca Juga: Manfaat Mandi Malam Yang Harus Kamu Tahu)


    4. Bedtime Exercise

    Tidak semua jenis olahraga akan menghasilkan efek baik jika dilakukan pada malam hari. Lakukan 5 jenis gerakan ini sebelum tidur agar kualitas tidur kamu bisa lebih baik. Plank, Glute Bridge, Bird Dog, Child Pose dan Figure-4 Stretch. Jadikanlah lima gerakan ini sebagai bedtime exercise rutin kamu.


    5. Lebih fleksibel

    Tahukah kamu kalau di sore atau malam hari, otot dan sendi kita 20% lebih fleksibel daripada pagi hari? Hal ini disebabkan temperatur tubuh meningkat, juga fungsi paru dan metabolisme. Dengan begitu, olahraga di malam hari menurunkan risiko cedera, di samping juga strength & endurance lebih baik.


    (Baca Juga: Ketahui Waktu Terbaik Untuk Olahraga Saat Puasa)


    6. Meditasi

    Kegiatan ini bisa dibilang sebagai bagian dari olahraga juga, yang sifatnya lebih ke latihan pernafasan, relaksasi pikiran serta tubuh. Dengan berlatih meditasi sedikitnya 25 menit setiap malam, maka kita akan mendapatkan inner peace, mengurangi insomnia/kesulitan tidur dan meningkatkan ketenangan diri secara menyeluruh.


    7. Lebih sulit disiplin

    Di samping plus minus yang sudah diungkap di poin sebelumnya, rupanya kita lebih sulit untuk mendisiplinkan diri untuk mematuhi jadwal olahraga malam ketimbang pagi hari. Kelelahan setelah berkegiatan, mengantuk, dan terjebak film series sering jadi alasan utama terlewatnya olahraga di malam hari.


    Itulah plus minus olahraga malam sebelum tidur. Pada akhirnya, bisa dikembalikan ke diri masing-masing, mana yang lebih efektif untuk dipraktekkan. Yang terpenting, jangan lewatkan olahraga jika ingin tubuh tetap bugar. Perlakukan jadwal olahraga layaknya sebuah janji penting dengan klien atau orang-orang tersayang. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below