Manfaat Mandi Malam Yang Harus Kamu Tahu


  • Manfaat Mandi Malam Yang Harus Kamu Tahu
    Mandi pada malam hari mungkin terkesan berbahaya. Padahal, ada beberapa manfaat yang bisa didapat asal dilakukan dengan benar. (Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa mandi pada malam hari punya dampak yang tidak bagus untuk kesehatan. Kenyataannya, ungkapan ini belum tentu benar, lho. Dilansir dari Lifehealth, mandi pada malam hari punya beberapa manfaat seperti menghilangkan migrain, hingga rasa pegal dan nyeri sendi. Namun, mandi saat malam memang tak disarankan bagi kamu yang punya penyakit tertentu, misalnya demam atau flu. 


    Kalau kamu ingin mandi malam, pastikan menggunakan air hangat agar terasa lebih nyaman, sekaligus bisa membersihkan semua kuman dan bakteri dari tubuh sebelum hendak tidur. Nah, simak dulu manfaat mandi malam berikut.




    (Baca Juga: Mengintip Gaya Hidup Sehat Dari Desainer Vera Wang)


    Mengatur tekanan darah

    Mandi pada malam hari dapat memperlancar proses peredaran darah dalam tubuh. Saat suhu tubuh naik, mandi saat malam bisa menjaga suhu tubuh agar kembali normal. Saat tekanan darah kembali rileks, tubuh pun akan terasa semakin bugar.


    Mengurangi stres

    Selain menyegarkan tubuh, air bisa memberikan manfaat baik pada mentalmu. Secara psikologis, dengan mandi seseorang bisa terbebas dari perasaan cemas, khawatir, dan mudah lupa. Agar pikiranmu terasa semakin segar, kamu bisa mencoba mencampurkan minyak esensial ke dalam air.


    (Baca Juga: Artis Cantik Ini Lepaskan Stres Dengan Mandi Air Hangat)


    Otot lebih rileks

    Mungkin tubuhmu sudah merasa lelah akibat seharian disibukkan dengan berbagai aktivitas sehingga otot pun jadi tegang. Dengan mandi pada malam hari, otot-otot akan menjadi lebih rileks dan menenangkan rasa sakit dalam tubuh. 


    Tidur jadi lebih nyenyak

    Banyak orang mengalami masalah susah tidur seperti insomnia. Padahal, kualitas tidur yang berkurang bisa membuat mood rusak hingga mengundang banyak penyakit. Demi mengembalikan kualitas tidur, kamu bisa rutin mandi malam menggunakan air hangat. Dijamin, tidur akan semakin nyaman dan nyenyak.


    (Baca Juga: Lakukan 10 Rutinitas Sehat Ini Sebelum Tidur)



    (Mandi malam, bahaya atau tidak. Foto: Dok. Andrea/Pexels)


    Mandi pada malam hari nyatanya memiliki banyak manfaat. Meski begitu, sebelum melakukannya, kamu perlu memerhatikan beberapa hal, seperti:


    1. Kondisi air yang hangat dan nyaman di tubuh. Pastikan air tidak terlalu panas atau dingin, khususnya kalau kamu harus mandi saat larut malam.

    2. Mandi sesaat usai olahraga. Saat itu, pori-pori kulit sedang terbuka karena tubuh sedang mengeluarkan keringat. Hindari langsung membasuh tubuh. Sebaiknya, coba untuk istirahat sejenak sekitar 30 menit hingga pori-pori kembali tertutup.

    3. Perhatikan kondisi tubuh. Jika kamu sedang sakit, sebaiknya hindari mandi pada malam hari.


    (Baca Juga: 6 Cara Mencuci Muka Yang Baik Dan Benar)


    Itulah beberapa manfaat mandi pada malam hari yang mungkin akan menambah wawasanmu. Jadi, kamu enggak perlu takut kalau memang harus mandi saat hari sudah gelap.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below