Ketahui Waktu Terbaik Untuk Olahraga Saat Puasa


  • Ketahui Waktu Terbaik Untuk Olahraga Saat Puasa
    Saat puasa, bukan berarti bisa bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Namun, kapan waktu terbaik untuk olahraga? Berikut deretannya. (Foto: Dok. Pexels/Elly)


    Saat berpuasa, bermalas-malasan tadi jadi cara agar lebih kuat menjalaninya. Berbagai aktivitas tetap harus diselesaikan. Salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah berolahraga.

    Bukanlah tanpa alasan, saat tubuh bergerak, lemak di dalam tubuh tak hanya terbakar tapi juga bisa buat tubuh menjadi lebih bugar. Ketika tubuh lebih sehat, berbagai penyakit dapat tercegah penularannya. Imun tubuh pun ikut terjaga. 



    Oleh sebabnya, penting untuk meluangkan waktu untuk berolahraga saat puasa. Namun, kapan waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa? Dirangkum dari berbagai sumber berikut pilihannya.

    (Baca Juga: Lakukan 7 Cara Ini Agar Terhindar Dari Dehidrasi Saat Puasa)


    1. Sebelum adzan Magrib


    (Sebelum waktu berbuka puasa bisa berolahraga. Foto: Dok. Pexels/Anderson)

    Menjelang waktu berbuka merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Meski tubuh tak mendapatkan cairan, namun hal ini bisa cepat tergantikan saat berbuka puasa.

    Melansir laman The National, 90 menit sebelum berbuka jadi waktu yang pas untuk berolahraga ringan. Pilihlah jenis olahraga seperti jalan cepat, jogging, dan bersepeda untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.


    2. Setelah berbuka puasa


    (Setelah berbuka puasa waktu yang tepat untuk berolahraga. Foto: Dok. Pexels/Ahmed)

    Jika mungkin tidak sempat untuk berolahraga sebelum berbuka, setelahnya bisa juga jadi pilihan untuk bergerak dan membakar lemak. Apalagi saat itu, tubuh sudah mendapatkan asupan energi.

    Waktu ini juga tepat apabila ingin melakukan gerakan yang lebih berat, seperti cardio, angkat beban dan lainnya. Sehingga, kamu tidak perlu takut untuk dehidrasi dan lemas karena kamu sudah bebas untuk mengonsumsi air dan makanan yang cukup.

    (Baca Juga: Mengapa Puasa Bisa Bikin Tubuh Jadi Lebih Sehat?)


    3. Malam hari


    (Olahraga malam baik untuk kesehatan. Foto: Dok. Pexels/Pedro Figueras)

    Bulan Ramadan kerap jadi bulan untuk meningkatkan amal ibadah. Biasanya setelah berbuka puasa, sejumlah orang yang menjalaninya bersiap untuk sholat Tarawih.

    Meskipun begitu, ini bukanlah alasan untuk melewatkan olahraga. Jika menjelang berbuka banyak kegiatan yang harus dijalani, sementara setelahnya diri juga mempersiapkan ibadah, usai menyelesaikan itu semua, kamu bisa memulainya. 

    Melansir laman Time, sebuah penelitian dari jurnal Experimental Physiology menemukan bahwa berolahraga di malam hari tidak berdampak pada gangguan tidur. Bahkan waktu ini bisa meminimalisir hormon ghrelin yang kerap merangsang rasa lapar, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

    Namun, patut diperhatikan jenis olahraga yang dilakukan. Hindari olahraga berat yang memacu jantung dan mengeluarkan banyak energi. Selain itu, jaga jarak antara waktu tidur dengan olahraga. Sejumlah dokter dan ahli kesehatan menyarankan untuk berhenti berolahraga 2-4 jam sebelum tidur. Hal ini berguna untuk menstabilkan hormon adrenalin yang terpacu saat berolahraga. 


    4. Menjelang sahur


    (Menjelang sahur jadi waktu yang pas untuk berolahraga. Foto: Dok. Pexels/Jack Sparrow)

    Olahraga sebelum sahur bisa jadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Mengapa demikian?

    Saat tubuh bergerak, energi terpacu untuk membakar lemak dalam tubuh. Setelahnya, tubuh akan terasa lelah dan membutuhkan asupan cairan dan energi kembali dalam beberapa jam.

    Oleh sebabnya, kamu bisa bangun lebih awal sebelum akhirnya menjalani sahur untuk berpuasa seharian. Hal ini tak lain cara untuk mengembalikan energimu yang hilang. Tapi, usahakan untuk tidak memilih olahraga berat.

    Itulah waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa. Pilihlah salah satu waktu di atas agar tubuh tetap bugar dan sehat selama bulan Ramadan. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below