Lakukan 5 Rutinitas Ini Untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak


  • Lakukan 5 Rutinitas Ini Untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak
    Rutinitas malam hari yang dapat membuat tidurmu lebih nyenyak (Foto: Dok. Unsplash)


    Rutinitas setiap hari bisa membuatmu ‘kehilangan diri’ hingga lupa menyediakan waktu untuk diri sendiri alias me time. Bahkan dampak lainnya, kamu bisa kelelahan hingga sulit untuk tidur dengan nyenyak. Lalu apa yang bisa dilakukan?

    Beberapa aktivitas ternyata bisa kamu lakukan sebagai cara mencintai diri sekaligus membuatmu tidur lebih nyenyak. Adalah perawatan kulit, menulis jurnal, dan berikut lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya. 




    Lakukan skincare routine

    Tidak hanya membuat kulit lebih sehat, melakukan skincare routine malam hari akan membuatmu lebih rileks dan seperti dimanjakan. Menggunakan krim malam yang menenangkan akan menutrisi kulitmu semalaman, sama seperti ultra-hydrating atau sheet mask yang melembabkan dan memberikan nutrisi terbaik untuk membantu revitalisasi kulit sepanjang malam.


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Krim Malam Untuk Merawat Kulit Wajah)


    Jauhkan dirimu dari gadget

    Umumnya, sesaat sebelum tidur kamu akan mengecek e-mail atau media sosial yang tak disadari menghabiskan waktu sampai berjam-jam. Tak hanya membuatmu terjaga, cahaya biru yang dipancarkan oleh layar memiliki dampak negatif pada produksi melatonin, hormon penginduksi tidur alami dalam tubuh yang dapat mengganggu tidurmu. Jika memang diperlukan, kamu bisa mengaktifkan night mode agar cahayanya lebih redup atau menggunakan kacamata yang dirancang untuk menangkal cahaya biru.


    Mandi air hangat

    Mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks sebelum tidur, terutama karena kegiatan ini dapat menurunkan suhu tubuh untuk membantu memfasilitasi aliran tubuh secara alami ke dalam tidur. Namun, menurut dr. Dianne Augelli dari Center for Sleep Medicine, sebaiknya mandi dilakukan 90 menit sebelum tidur karena jika sesaat sebelum tidur, suhu tubuh yang naik justru akan membuat tidur lebih sulit.


    Air hangat disarankan karena sesaat setelah mandi, suhu tubuh yang meningkat akan membuatmu aktif dan terjaga. Setelah tubuh melalui proses pendinginan, sistem tubuhmu akan lebih siap untuk beristirahat dibandingkan suhu tubuhmu dalam kondisi hangat.


    Menulis jurnal

    Setelah beraktivitas seharian penuh, tubuh dan pikiranmu tentu merasa lelah. Sebaiknya kamu tidak membawa tidur pikiran-pikiran dan perasaan yang membebanimu. Biasakan untuk refleksikan apapun yang terjadi dalam satu hari itu. Tak hanya hal-hal yang membebani, kamu juga dapat mengekspresikan kebahagiaan yang dirasakan dalam sebuah tulisan. Selain mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, kegiatan ini juga menjadikanmu sebagai pribadi yang lebih mensyukuri kehidupan, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan emosionalmu.


    Tulis to do list untuk hari berikutnya

    Selain menuliskan buah pemikiranmu setiap malam, kamu dapat menulis daftar kegiatan yang perlu dilakukan esok hari. Tidak hanya membuatmu lebih produktif dan bekerja sesuai dengan ‘guideline’ yang telah ditetapkan. Tidurmu juga akan lebih nyenyak karena tak khawatir akan adanya aktivitas yang terlewatkan untuk dilakukan keesokan harinya.


    Itulah beberapa aktivitas malam hari yang dapat kamu jadikan sebagai rutinitas untuk membuat tidurmu lebih nyenyak. Pastikan kamu memiliki waktu tidur selama 8 jam ya supaya tubuhmu fresh dan siap beraktivitas kembali esok harinya. Dari beberapa aktivitas di atas, mana yang menjadi pilihanmu?


    (Baca Juga: 6 Dampak Tidur Kurang dari 8 Jam)


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below