Ketahui Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Di Musim Hujan


  • Ketahui Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Di Musim Hujan
    Selain berolahraga, ketahui tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. (Foto: Dok. Daria/Pexels)


    Musim hujan kini telah memasuki berbagai wilayah di Indonesia. Selain wajib membawa payung saat bepergian, menjaga kesehatan tubuh juga harus diperhatikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

    Oleh sebabnya penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin dan zat aktif yang bisa memaksimalkan fungsi sel di dalam tubuh. Bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan.




    (Baca Juga: Mengulik 7 Manfaat 'Infused Water' Untuk Kesehatan Tubuh)


    1. Perbanyak asupan vitamin C

    Sebetulnya, berbagai vitamin merupakan sumber utama untuk memperkuat sistem imun tubuh. Namun, vitamin C adalah salah satu peningkat fungsi fagosit, yaitu sel yang bisa melawan agen infeksius sebagaimana dikutip dari NDTV.

    Manfaat lain, vitamin C juga meningkatkan respons imun seluler seiring dengan peningkatan produksi limfosit. Ini ditemukan di semua buah jeruk, lemon, jeruk nipis, paprika hijau dan merah, kubis Brussel, brokoli, sayuran hijau, dan tomat.


    2. Berjemur 

    Berjemur juga dipercaya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bukan tanpa alasan, hal ini karena sinar matahari memiliki sumber vitamin D yang bisa mencegah infeksi umum, seperti pernapasan. Namun, bagaimana jika hujan datang di pagi hari?

    Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi vitamin D yang optimal dari berbagai sumber makanan. Di antaranya adalah ikan berlemak, produk susu, dan kuning telur. Selain itu, jamur, dan produk sayuran vegan juga jadi mengandung vitamin D yang cukup untuk tubuh.


    (Baca Juga: Daftar Vitamin Penting Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)


    3. Konsumsi Omega-3

    Asam lemak omega-3 yang penting tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan otak dan jantungmu, tapi juga berperan penting dalam memperkuat respons kekebalan tubuhmu. 

    Kandungan ini bekerja dengan meningkatkan aktivitas sel darah putih yang secara aktif melawan bakteri dan virus berbahaya. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi peradangan (sifat anti-inflamasi) sehingga mempercepat proses pemulihan setelah terkena infeksi.

    Biasanya Omega-3 bisa ditemukan pada makananmu sehari-hari. Di antaranya adalah ikan berlemak, kenari, biji rami, biji chia, dan minyak nabati.


    4. Maksimalkan sumber protein

    Selain itu, protein juga salah satu bagian dari antibodi yang bisa melawan berbagai macam penyakit yang ingin menyerang tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan protein di dalam tubuh, sejumlah sel imun penting seperti fagosit, limfosit, dan sitokin bisa bekerja secara maksimal.

    Untuk mendapatkan sumber protein pun tidak sulit, kamu bisa memperolehnya dari kedelai, produk susu, daging tanpa lemak, telur, polong-polongan, lentil, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


    (Baca Juga: Waspada 3 Penyakit Ini Saat Musim Hujan!)



    5. Makanan kaya antioksidan

    Fungsi utama antioksidan adalah menghancurkan radikal bebas yang diproduksi tubuh selama melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari makan, terpapar lingkungan, hingga stres. 

    Oksidatif antioksidan juga dapat menghancurkan jenis bakteri dan virus tertentu. Konsumsi antioksidan secara signifikan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama beta-karoten, vitamin C, vitamin E, karotenoid, likopen, selenium, dan mangan. Cara terbaik untuk mengonsumsi antioksidan adalah dengan memasukkan berbagai makanan berwarna ke dalam asupan sehari-hari, terutama buah-buahan dan sayuran.


    6. Olahraga

    Bagaimana pun olahraga juga hal penting untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Walau cuaca berubah dan musim berganti menjadi hujan.

    Meskipun tak bisa melakukannya di luar rumah, kamu bisa bergerak di dalam rumah. Cobalah olahraga ringan setelah bangun tidur. Seperti yoga, zumba dan lainnya.

    Berbagai kandungan ini bisa menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. Miliki gaya hidup sehat agar sistem imun tubuh bekerja dengan maksimal.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below