Deretan Olahraga yang Efektif Cegah Stroke Sejak Dini


  • Deretan Olahraga yang Efektif Cegah Stroke Sejak Dini
    Cegah stroke sejak dini dengan olahraga ini (Foto:Dok/Pexels/Gustavo)


    Olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah, juga ikut berperan mengendalikan tiga pemicu stroke yang paling utama yaitu kegemukan (obesitas), kadar kolesterol tinggi serta penyakit diabetes.

    Olahraga jenis aerobik paling tepat buat kamu yang ingin mencegah terjadinya stroke. Olahraga aerobik adalah jenis latihan yang menggunakan banyak oksigen serta menggerakkan banyak bagian otot besar dalam gerakannya. Latihan ini akan meningkatkan heart rate (detak jantung per menit) secara bertahap.



    Ada dua jenis latihan aerobik yang bisa kamu pilih, yaitu yang ringan atau sedang (moderate) dan yang berat (vigorous). Apa sajakah itu?


    (Baca Juga: 10 Cara Cegah Stroke Sejak Dini Tanpa Obat)


    Latihan Aerobik Intensitas Ringan & Sedang

    Latihan aerobik disebut ringan/sedang jika saat dilakukan latihan selama 1 jam dapat mencapai 60-70% dari heart rate maksimal. Heart rate maksimal seseorang adalah 220 – usia. Jadi misalnya usia kamu 30 tahun, maka heart rate maksimal adalah 220-30 =190 detak/menit. 

    Agar manfaat olahraga optimal, latihan ini dianjurkan dilakukan sebanyak 2.5 jam per minggu. Artinya, 30 menit setiap hari, 5 kali dalam seminggu.

    Olahraga yang termasuk aerobik ringan/sedang adalah:

        1. Jalan kaki

        2. Bersepeda santai (16-19 km/jam)

        3. Berkebun: memotong rumput dan mengurus tanaman.

        4. Melakukan pekerjaan rumah tangga: meyapu, mengepel, menyedot debu.

        5. Menari


    (Baca Juga: 5 Langkah Efektif Mencegah Stroke)


    Latihan Aerobik Intensitas Berat

    Latihan aerobik disebut intensitas berat jika saat dilakukan latihan selama 1 jam dapat mencapai 70-80% dari heart rate maksimal. Dianjutkan untuk dilakukan sebanyak 75 menit per minggu agar manfaat nya optimal.

    Olahraga yang termasuk aerobik intensitas berat adalah:

        1. Lari/ jogging

        2. Bersepeda cepat (di atas 19km/jam)

        3. Mendaki

        4. Main bola

        5. Renang

        6. Main Basket/Voli

        7. Membawa barang berat


    Penggunaan heart rate seperti yang disebut di atas hanyalah sebagian petunjuk tentang ukuran olahraga yang cukup. Kamu tetap harus lebih mendengarkan tubuh saat melakukan olahraga. Jika baru akan memulai olahraga rutin, mulailah dari yang ringan dulu lalu tingkatkan intensitasnya secara bertahap. Hentikan jika sudah terlalu kelelahan. Dan itulah berbagai olahraga yang efektif untuk mencegah stroke sejak dini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below