Lelah Kerja Dari Rumah? Atasi Dengan 5 Latihan Mudah Ini


  • Lelah Kerja Dari Rumah? Atasi Dengan 5 Latihan Mudah Ini
    Ketahui alasan tubuh lelah saat kerja dari rumah (Foto:Dok/Riana Bismarak)


    Setelah empat bulan bekerja dari rumah, banyak yang merasa lebih lelah dan stres. Padahal, kita tidak perlu menembus macet, meeting di luar, juga tidak perlu pergi mencari makan siang seperti biasanya. Lalu dengan pergerakan fisik yang lebih irit ini, kenapa kita justru sering merasa lebih lelah?

    Pertama, bekerja pada dasarnya adalah berinteraksi, membangun koneksi, tukar pikiran dan bertemu relasi. Saat kegiatan ini terhenti dan digantikan dengan pertemuan virtual, mental dan emosi terpengaruh sehingga bisa menguras sebagian energi. Mereka yang introvert maupun extrovert akan merasakan dampak ini. 




    (Baca Juga: 5 Dress Rumahan Yang Modis Dan Nyaman Untuk Kerja Di Rumah)


    Kedua, tidak semua dari kita mempunyai pojok yang terdiri dari meja dan kursi ergonomis untuk bekerja dalam waktu lama. Banyak yang buka laptop sambil rebahan di sofa, atau meeting di ruang tidur dengan penerangan seadanya. Kursi atau meja yang kurang ergonomis dapat menyebabkan posisi duduk tidak sempurna sehingga beberapa bagian tubuh tanpa disadari menanggung beban yang tidak seimbang. Otot-otot akan terasa kaku dan pegal setelahnya.

    Mobilitas terbatas. Hitungan langkah saat bekerja di kantor pasti akan jauh lebih banyak ketimbang di rumah. Naik kendaraan menuju tempat kerja, jalan dari parkitan atau halte menuju loby dan lift, jalan ke ruangan lain untuk meeting, cari makan siang ke luar, kembali ke kantor, dll. Sementara saat di rumah, mobilitas kita hanya terbatas di ruang makan, dapur, ruang keluarga. Yang di jaraknya di situ-situ saja.


    (Baca Juga: Pilihan Sheet Masks Baru Untuk Menemani Kerja Di Rumah)


    Kamu yang mempunyai anak yang sekolah dari rumah, otomatis akan lebih banyak distraksi. Keberadaan kita di rumah seolah dituntut untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah yang ada di depan mata. Ini membuat waktu kerja (work hour) menjadi lebih panjang, dan hormon stres meningkat. 

    Latihan fisik dan peregangan otot dapat mengatasi kelelahan bekerja dari rumah dan memberi sedikit suntikan energi. Tak hanya itu, olah tubuh yang rutin bisa membakar ekstra kalori, meningkatkan metabolisme dan kesehatan jantung, membuat otot lebih fleksibel dan kabar baiknya, bisa menjaga agar bobot tidak bertambah selama banyak di rumah. 


    (Baca Juga: 7 Keuntungan Kerja dari Rumah)


    Riana Bismarak, pelatih kebugaran dan pemilik program #GobyosBarengRiana memberikan tips olahraga dengan gerakan mudah selama 15 menit setiap hari. Tanpa atau dengan matras, ganti baju olahraga atau tetap dengan lounge wear nyaman, ok saja. Work out should be fun! begitu ungkapnya. Yang penting enjoy, happy, dan bergerak! Latihan ini bahkan dapat dilakukan di jeda antara satu meeting dengan meeting lainnya. Berikut 5 gerakan mudah dari Riana yang bisa kamu praktekkan.




    1. Cardio Dance (pemanasan)

    Cari lagu favorit lalu bergerak bebas mengikuti irama dapat melenturkan otot sekaligus memancing keluarnya hormon endorfin yang membuat happy. Atau kamu bisa klik video di bawah ini, seru!



    2. Cardio Toning

    Gerakan yang dilengkapi dengan beban ini berfungsi tidak saja membakar kalori, tetapi juga mengencangkan otot. Isi dua kemasan kosong air minum 600ml dengan pasir aquarium atau kerikil sebagai pengganti dumbbell untuk melatih otot lengan. Klik video ini untuk melihat gerakannya.



    (Dumbbell buatan sendiri.Foto:Dok/Riana Bismarak)


    Kamu bisa juga memanfaatkan panci di dapur untuk melengkapi latihan sit up low impact demi mengencangkan otot perut. Tinggal pilih, hari ini otot mana yang ingin kamu prioritaskan. Atau keduanya? Tidak masalah.


    (Cardio dengan menggunakan alat dapur.Foto:Dok/Riana Bismarak)


    3. Squat


    (Squat di rumah.Foto:Dok/Riana Bismarak)

    Cari tembok untuk menyangga punggung, lalu tekuk kedua lutut seperti posisi duduk. Gerakan ini berfungsi memperbaiki postur yang tanpa kita sadari semakin membungkuk akibat terlalu sering duduk di hadapan komputer. Jika menghitung terasa bosan, ambil buku dan lakukan gerakan ini sambil membaca 1-2 halaman novel favorit kamu.


    4. Karaoke Plank


    (Karoke plank.Foto:Dok/Riana Bismarak)

    Kenapa disebut karaoke? Karena plank memang lebih nikmat dilakukan sambil menyanyikan lagu favorit kamu. Lakukan sampai lagu berakhir, maka kamu berhasil melewati 3 menit latihan yang dapat memperkuat punggung, dada, bahu, leher, perut dan pinggang bawah. Plank membantu kita membentuk postur tubuh yang ideal.


    5. Stretching


    (Stretching.Foto:Dok/Riana Bismarak)

    Setelah lelah bekerja dan duduk seharian, otot perlu diregangkan. Segera keluar dari bangku kerja, pegang ujung nya dan perlahan turunkan badan. Ulangi hingga terasa cukup.

    Cukup mudah kan? Jika ingin lebih jauh mengikuti latihan versi lengkap bisa bergabung dalam program #GobyosBarengRiana, melalui IGlive tiga kali seminggu. Gratis lho! Segera cek jadwalnya di akun @rianaree.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below