Perempuan Jenggala Buat Gerakan Donor Darah Demi Bantu PMI


  • Perempuan Jenggala Buat Gerakan Donor Darah Demi Bantu PMI
    Gerakan Donor Darah untuk membantu PMI Di tengah wabah COVID-19 (Foto:Dok.Luann/Unsplash)


    Bersamaan dengan virus corona yang mewabah, ada pula penyakit lain yang ikut muncul dan patut diwaspadai juga saat ini. Salah satunya adalah demam berdarah. 

    Sehingga, bagaimanapun pasokan darah menjadi hal penting untuk mendukung mereka yang mengalami kondisi kritis. Namun sayangnya di masa pandemi saat ini, stok darah di Palang Merah Indonesia mengalami penurunan. 




    (Baca Juga: Tips Tetap Aman Olahraga Dan Rekreasi Outdoor Saat Pandemi)


    Hal ini pula disampaikan oleh Ketua Palang Merah Indonesia, dr. Linda Lukitari Waseso, bahwa saat ini Unit Donor Darah PMI mengalami penurunan lebih dari 30 persen sejak pengumuman virus COVID-19 mewabah di Indonesia.

    “Setelah diumumkannya bahwa di Indonesia ditemukan kasus Covid 19, dan kemudian diberlakukannya berbagai upaya untuk pencegahan penyebarannya, seperti work from Home, social distancing, dan lainnya, kegiatan donor darah di hampir sebagian besar Unit Donor Darah PMI mengalami penurunan 30-50 persen,” Katanya.

    “Padahal kegiatan transfusi darah di rumah sakit tetap berlangsung dan dibutuhkan. Apalagi saat ini merebak penyakit Demam berdarah sehingga banyak dibutuhkan darah, begitu juga pasien yang rutin transfusi darah seperti Thalasemia dan lain-lain,” tambahnya.


    (Baca Juga: 12 Tips Aman Traveling Saat Pandemi)



    (Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia. Foto:Dok/Perempuan Jenggala)


    Berdasarkan kegelisahan ini, berbagai organisasi bersama-sama buat gerakan bertajuk Gerakan Donor Darah Indonesia (GDDPI) yang berfokus pada kegaiatan mengumpulkan kantung darah. Setelah terkumpulnya kantong darah yang dibutuhkan, nantinya akan diberikan kepada Palang Merah Indonesia. 

    Diketuai oleh Vicky yang juga Ketua Umum Perempuan Jenggala, salah satu organisasi mitra GDDPI, ia menjelaskan bahwa, “Hal ini bentuk kepedulian kami kepada instansi medis yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.” ungkap Vicky saat diwawancarai oleh awak media. 

    Meskipun begitu, kegiatan ini akan tetap mematuhi bahkan memperketat protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19. 


    (Baca Juga: 21 Tips Aman ke Kantor di Masa Pandemi)


    Bersama dengan berbagai organisasi lain di antaranya adalah Perempuan Untuk Negeri (PUN), Yayasan Batik Indonesia (YBI), Dharma Wanita Kemenko Perekonomian, Pertiwi, Pernik Nusantara, PP LIPI, Perempuan Jenggala, PSKD dan Geronimo, Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia, acara ini diselenggarakan pada, Minggu (5/9/2020) di Pondok Indah Golf Jakarta. Masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya bisa mendaftarkan diri melalui institusi-institusi yang bergabung dalam gerakan ini, atau datang langsung ke lokasi acara.

    Selain di Jakarta, berbagai kota lain juga ikut berpartisipasi untuk membantu PMI mengumpulkan kantong darah selama pandemi COVID-19. Di antaranya adalah Jogja, Palu, Bali dan beberapa daerah lain yang sedang dalam persiapan. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below