8 Tips Agar Hubungan Pernikahan Tidak Mudah Retak


  • 8 Tips Agar Hubungan Pernikahan Tidak Mudah Retak
    Hal yang harus pengantin baru pahami agar hubungan pernikahat tidak mudah retak (Foto:Dok.Lee/Pexels)


    Sebagai pengantin baru, kamu dan pasangan mungkin masih sama-sama mempelajari satu sama lain. Baik tentang apa yang ia suka dan tidak suka hingga masa depan pernikahan yang diimpikan.

    Hal ini adalah wajar untuk dilakukan oleh setiap pengantin baru walaupun kalian telah mengenal satu sama lain sejak dulu. Meskipun telah menikah, pendekatan harus tetap dilakukan agar hubungan pernikahan semakin kuat dan tidak mudah retak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips jalani hubungan pernikahan untuk pengantin baru.


    (Baca Juga: 5 Perasaan Yang Bisa Muncul Sebelum Hari Pernikahan Tiba)


    1. Buat rumah terasa nyaman

    Sebagai pengantin baru, hal utama yang harus dilakukan adalah buat tempat tinggalmu dan pasangan terasa nyaman. Karena, inilah tempat satu-satunya kalian untuk pulang.

    Cobalah diskusikan soal tata ruang rumah bersama pasanganmu. Jangan lupa juga untuk memasang aroma terapi agar suasana menjadi lebih nyaman dan rileks.


    2. Tetap lakukan hal romantis

    Sebagai pengantin baru, biasanya keduanya masih sama-sama malu untuk melakukan hal romantis. Alhasil masa pertama pernikahan hanya dihiasi dengan canggung dan rasa malu. 

    Jika kamu bingung memulainya, cobalah berbincang dengan dia tentang apa yang ia anggap romantis. Pahami apa yang tidak ia sukai dan bisa merusak moodnya. Setelahnya, kamu dan dia bisa sama-sama berusaha untuk mewujudkan impian masing-masing


    (Baca Juga: 7 Cara Selamatkan Pernikahan Dari Perceraian)


    3. Santai

    Bagaimanapun untuk mewujudkan pernikahan yang diinginkan butuh usaha satu sama lain. Namun bukan berarti kamu berlari terus hingga lupa bahwa semua ini butuh proses.

    Terobsesi akan pernikahan yang kuat adalah cara yang bagus untuk mengatur diri sendiri dan pasangan, namun belajar menjadi pasangan suami istri yang ideal tidak bisa dilakukan dalam sehari. Teruslah berjuang, tapi jangan lupa beristirahat, ya.


    4. Saling merawat

    Meskipun tidak mustahil untuk menjaga diri sendiri, tapi setelah menikah hal menyenangkan yang bisa kamu dan pasangan rasakan adalah tidak memikul hidup sendirian. Kamu dan dia bisa saling merawat dan menemani saat kondisi berubah-ubah.

    Hal ini juga jadi yang terpenting saat menjadi pengantin baru. Tak ada salahnya berinsiatif untuk bertanya, "ada yang bisa aku bantu?" atau "kamu ingin aku temani?" dan lainnya.


    (Baca Juga: 7 Film Hollywood Yang Mengajarkan Kehidupan Pernikahan)


    5. Mencoba hal baru

    Melansir laman TIME, Antropolog dan pakar hubungan Helen Fisher mengatakan bahwa “penelitian menunjukkan bahwa hal baru dan bisa mengambil risiko atau mencoba sesuatu yang baru, bisa memicu pelepasan dopamin di otak. Saya tidak hanya berbicara tentang hal baru di kamar tidur (meskipun itu bisa menjadi awal yang baik). Kamu bisa mendapatkan efek yang sama dengan mencicipi jenis masakan baru bersama-sama atau menaiki roller coaster di taman hiburan.” 

    Teruslah belajar, tumbuh dan mencoba hal baru bersama.


    6. Ucapkan terima kasih

    Mengucapkan terima kasih pada hal-hal kecil yang pasangan lakukan bisa membuatnya merasa dihargai dan dicintai seutuhnya. Terutama bagi pengantin baru, cara ini bisa membuatnya merasa dibutuhkan dalam hubungan pernikahan. Meskipun mengeluh itu hal yang wajar, tapi usahakan memberikan kritik dibarengi dengan pujian agar ia pun bisa mengerti pesan yang kamu sampaikan. 


    Itulah tips untuk pengantin baru agar memiliki hubungan yang kuat dan bertahan lama. Lakukanlah cara ini agar hubungan pernikahan tidak mudah retak yang berujung pada perceraian.