7 Film Hollywood Yang Mengajarkan Kehidupan Pernikahan


  • 7 Film Hollywood Yang Mengajarkan Kehidupan Pernikahan
    Berikut film hollywood yang bisa disaksikan dan mengajarkan tentang pernikahan(Foto:Dok/Netflix/imdb)


    Film Marriage Story yang dibintangi Adam Driver dan Scarlett Johansson baru-baru ini mencuri perhatian berkat kedalaman karakter dan persoalan kehidupan pernikahan yang diangkatnya. Setiap pasangan ternyata dihadapkan pada banyak rahasia terdalam dari masing-masing, dan sudut pandang, serta ekspektasi yang berbeda. 

    Film tersebut kemudian tak hanya jadi tontonan yang menghibur semata tapi juga cerminan dan refleksi, khususnya bagi pasangan yang dalam masa awal-awal tahun usia pernikahan, atau dalam masa krisis. 

    Tak hanya Marriage Story, beberapa sutradara film kerap mengangkat persoalan kehidupan pernikahan ini dengan sudut pandang berbeda. Dari mulai pertengkaran kecil karena beda pendapat, ekspektasi yang tak berhasil diwujudkan, risiko dari perceraian, dan atau pernikahan yang langgeng berkat saling dukung satu sama lain. 

    Diantara film-film tersebut, simak beberapa diantaranya yang mengupas tentang kehidupan pernikahan berikut ini: 

    (Baca Juga: Hari Puisi Dunia: Penyair Dan Kata-Kata Dalam Film)


    1. Marriage Story (2019) 

    Pasangan Charlie Barber (Adam Driver) dan Nicole (Scarlett Johansson) memutuskan untuk bercerai. Namun sebelumnya, sutradara dan aktris teater ini mencoba melihat lagi ke awal-awal masa mereka saling kenal dan jatuh cinta. Apa yang mereka kagumi dari masing-masing hingga memutuskan menikah, hidup bersama dan punya anak? Sepanjang film, sutradara Noah Baumbach memperlihatkan betapa cinta saja tidak cukup untuk pasangan tetap bersama, tapi lebih dari itu keduanya mesti saling memahami dan menerima satu sama lain. Akting matang Adam Driver dan Scarlett Johansson di film ini membuat Marriage Story menjadi salah satu film tentang kehidupan pernikahan yang menarik untuk ditonton. 


    2. Revolutionary Road (2008) 

    Di film ini, Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet adalah pasangan kelas menengah ke bawah dengan permasalahan rumah tangga yang banyak terjadi di sekitar kita. Frank (DiCaprio) bekerja sebagai buruh di pelabuhan, sedangkan April (Winslet) ibu rumah tangga yang mengurus dua anak. Dari luar kehidupan pernikahan mereka baik-baik saja, tapi sebenarnya penuh dengan perdebatan dan pertengkaran. Frank mulai jenuh dengan kariernya, sementara April punya keinginan terpendam menjadi seorang artis. Konflik terus terjadi hingga keduanya berselingkuh. Film Revolutionary Road menunjukkan bagaimana menerima keputusan bersama, mengalah, dan tidak bersikap egois bisa jadi kunci yang tampak sederhana, tapi susah dilakukan untuk melanggengkan pernikahan.

    (Baca Juga: 6 Seleb Wanita Dengan Peran Antagonis Di Film & Serial)


    3. Crazy, Stupid, Love (2011) 

    Ber-genre drama komedi, film Crazy, Stupid, Love mengangkat peliknya kehidupan pernikahan dari keluarga Weaver. Cal Weaver (Steve Carell) di ambang kehancuran ketika istrinya Emily Weaver (Julianne Moore) ketahuan selingkuh dengan rekan kerjanya. Apa benar Cal kurang romantis dan menarik? Ketika di masa krisis ini, Cal mendapat bantuan Jacob (Ryan Gosling) untuk menjadi pribadi lebih baik, mengubah penampilannya dan mengencani beberapa wanita dengan tujuan hanya untuk membuktikan dirinya juga masih 'laku' di pasaran. Siapa mengira jika Jacob yang playboy dan menjadi tutornya menjalin hubungan dengan putrinya. Kisah Cal menunjukkan betapa menikah, punya anak, dan membuat hubungan tetap langgeng bukan perkara mudah, tapi tidak juga mustahil. 


    4. Before Midnight (2013) 

    Bagian terakhir dari trilogi Before Sunrise (1995) dan Before Sunset (2004), film yang dibintangi Ethan Hawke dan Julie Delpy ini juga menyuguhkan seluk beluk dunia pernikahan. Ditulis bersama Richard Linklater, di film ini, plot maju ke sembilan tahun setelah pertemuan Jesse (Hawke) dan Celine (Delpy) di Before Sunset. Keduanya kini telah menjadi orangtua untuk anak kembar. Sementara, Jesse juga berjuang mempertahankan hubungan baik dengan putranya Hank, yang tinggal di Chicago bersama ibunya, mantan Jesse. Persoalan muncul kala Jesse dan Celine dihadapkan pada pilihan dan kenyataan bahwa Hank lebih dekat dengan Celine daripada Jesse. Keduanya menyadari satu hal, akan masa depan pernikahan mereka jika Jesse inginkan untuk lebih dekat dengan Hank. Apakah mereka bisa hidup langgeng bersama? Before Midnight menutup trilogi kisah Jesse dan Celine dengan romantisme yang menarik untuk disimak.


    5. Blue Valentine (2010)

    Diperankan Ryan Gosling dan Michelle Williams, film Blue Valentine bukan kisah romantis biasa dan pernikahan yang baik-baik saja. Ditulis Derek Cianfrance, film ini mengisahkan pasangan Dean Pereira (Gosling) dan Cynthia 'Cindy' Heller (Williams) dengan alur maju mundur antara hubungan mereka di awal kenal dan beberapa tahun setelah pernikahan dan punya anak bernama Frankie. Sebelum kenal Dean, Cindy menjalin hubungan dekat dengan Bobby, dan pertemuan kembali keduanya membuat hubungan Dean dan Cindy menjadi berbeda. Keduanya lalu jadi saling menyakiti. Cindy menginginkan perceraian, tapi Dean ingin bertahan. Blue Valentine memberikan gambaran lain akan hubungan yang romantis dan keterbukaan dalam pernikahan. 

    (Baca Juga: Hari Film Nasional: Rekomendasi Film Indonesia Wajib Tonton)


    6. The Story of Us (1999) 

    Dapatkah pernikahan bertahan meski telah berjalan 15 tahun? Dibintangi Bruce Willis dan Michelle Pfeiffer, film ini menghadirkan dinamika hidup dalam pernikahan, dari mulai awal hingga beberapa tahun setelahnya. Hubungan Ben Jordan (Willis) dan Katie (Pfeiffer) bisa jadi baik-baik saja dan nyaman, dengan kedua anak mereka Erin dan Josh. Namun, semuanya menjadi berbalik ketika pada satu kali mereka merasa ada yang tak lagi sama, dan inginkan mencoba terpisah untuk sementara. Film ini mengingatkan akan satu masa sulit dalam kehidupan pernikahan. 


    7. The Squid and the Whale (2005) 

    Ditulis dan disutradarai Noah Baumbach, film ini juga merupakan semi-autobigorafi dari kisah dua anak yang mesti menghadapi perceraian kedua orangtua mereka di tahun 1986. Mengisahkan pasangan Bernard Berkman (Jeff Daniels) dan Joan Berkman (Laura Linney) yang pada satu hari menyampaikan pada dua anak mereka Walt (Jesse Eisenberg) dan Frank (Owen Kline) bahwa mereka akan bercerai. Perceraian ini membuat mereka terpisah. Bernard kemudian tinggal bersama Lili, salah satu siswanya, sementara Joan mengencani Ivan, instruktur tenisnya Frank. Perceraian juga membuat kehidupan Walt dan Frank tak lagi sama. Keduanya mesti memilih tinggal dengan ibu atau ayah. Judul film ini diambil dari pameran berjudul sama yang dihadiri Walt di salah satu museum, di mana ia takut untuk menghadapinya hingga melihatnya di sela-sela jari yang menutupi mata. Ini seperti halnya menghadapi perceraian orangtua yang ia alami. 

    Itulah tujuh dari beberapa film Hollywood yang mencoba mengangkat kehidupan pernikahan dari berbagai sudut pandang, dan juga dalam genre yang berbeda-beda. Meski tampak pelik, pernikahan juga menghadirkan kebahagiaan asalkan tahu bagaimana menghadapinya. Dan film-film ini bisa jadi inspirasi kala menghadapi situasi yang kurang lebih sama.