7 Cara Selamatkan Pernikahan Dari Perceraian


  • 7 Cara Selamatkan Pernikahan Dari Perceraian
    Cara menjaga hubungan pernikahan dari perceraian (Foto:Dok/Freepik)


    Perceraian tentu bukanlah hal yang diinginkan bagi pasangan yang telah menikah. Namun, berbagai ujian dalam bahtera rumah tangga bisa memicu keretakan dalam hubungan. Sehingga, bercerai kerap jadi jalan yang diambil oleh beberapa pasangan untuk menyelesaikan masalah.

    Namun sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan hubungan pernikahan dari perceraian. Dengan komunikasi yang baik dan memahami makna pernikahan hal ini bisa membantu agar hubungan kembali harmonis. Untuk mengetahui hal-hal lain, berikut Her World rangkum dari berbagai sumber cara menjaga hubungan pernikahan dari perceraian:


    (Baca Juga: 3 Penyebab Perceraian yang Wajib Diketahui)


    1. Makna pernikahan

    Saat keinginan bercerai tiba-tiba terlintas dipikiranmu, ada baiknya untuk mengingat makna pernikahan itu sendiri. Meski belum tentu bisa menyelamatkan, namun hal ini bisa kembali didiskusikan dengan pasanganmu.

    Melansir laman Vox, James J. Sexton seorang pengacara yang sering menangani kasus perceraian kerap mencoba cara ini agar kedua pasangan memikirkannya secara matang tentang perceraian. Dengan mengingatkan pernikahan adalah yang paling penting secara hukum dan komitmen yang harus dipatuhi oleh kedua pasangan, hal ini bisa jadi salah satu langkah untuk menyadarkan tentang dampak dari bercerai.

    "Kemudian, sebagai pengacara perceraian yang dengan tulus mencoba bersikap etis, saya berbicara dengan orang-orang tentang langkah-langkah yang mungkin mereka ambil untuk menghindari skenario terburuk," jelasnya.

    "Saya menyarankan konseling atau terapi dan saya akan menawarkan rujukan. Saya mencoba untuk memastikan bahwa mereka telah mencoba semua pilihan mereka sebelum membuat keputusan akhir ini," tambahnya.



    2. Membuat Peta

    Setelah menikah, banyak hal yang perlu diperhatikan agar hubungan berjalan sesuai harapanmu dan pasangan. Untuk mewujudkannya, membuat gambaran atau set goals salah satu cara yang patut dilakukan,

    Di dalam buku Dr. Bonnie Eaker Weil seorang terapis pasangan dan penulis buku Make Up, Don’t Break Up: Finding and Keeping Love for Singles and Couples, menjelaskan bahwa menuliskan atau memetakan apa yang diinginkan, cara menjadi pasangan dan tujuan pernikahan bisa mencegah perceraian terjadi di hubungan itu. 

    "Kamu tidak akan bisa memiliki hubungan pernikahan yang ingin kamu jalani pada awalnya, tetapi kamu bisa berusaha untuk mewujudkan pernikahan seperti baru kembali. Anggap saja seperti pernikahan 2.0," ujarnya sebagaimana dikutip dari Women's Health.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Ketakutan Menikah Akibat Perceraian)


    3. Berhenti berasumsi

    Saat kamu dan pasangan telah menjalin hubungan yang cukup lama, atau bahkan telah melewati banyak rintangan pernikahan selama bertahun-tahun lamanya, bukan berarti keduanya berhak untuk melemparkan asumsi dan buat kesimpulan sendiri. 

    Cobalah terus untuk memahami pasangan dengan cara menjaga komunikasi yang baik. Tak ada salahnya mengutarakan pertanyaan. Jawaban yang diutarakannya belum tentu sama dengan yang ada di dalam pikiran. Cara ini juga efektif melindungi keretakan hubungan.


    4. Aturan dalam hubungan

    Terkadang masalah datang silih berganti dalam hubungan tanpa dasar yang jelas. Sehingga kemarahan dan komentar yang diutarakan tak memiliki argumen kuat untuk didiskusikan.

    Oleh karenanya, membuat aturan di dalam hubungan menjadi penting agar akar masalah bisa teratasi. Hal ini juga bisa jadi cara kamu dan pasangan melewati garis atau batas yang bisa memicu pertengkaran. Bahkan, dengan melakukannya kalian akan saling merasa dihargai dan dihormati.


    5. Waktu kencan

    Sejumlah pakar cinta berkali-kali menganjurkan untuk membuat jadwal berkencan demi memiliki hubungan yang kuat. Tak hanya bernostalgia, ini juga cara agar kamu dan pasangan mengerti dan lebih mengenal satu sama lain di luar dari pernikahan itu sendiri.

    "Kembali ke dasar (hubungan). Apa yang kamu lakukan sebelum menikah yang tidak kamu lakukan sekarang? Apa yang kamu lakukan ketika pertama kali jatuh cinta? " kata Bonnie Eaker Weil.


    (Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Hubungan Terhindar Dari Perceraian)


    6. Bercinta

    Menggabungkan waktu bercinta dan berkencan bukanlah hal masalah, tapi waktu akan terasa lebih banyak diluangkan untuk berdua jika ini dipisahkan.

    Bahkan saat berbicara tentang bercinta, hal ini bukan selalu melulu soal seks, tapi bisa juga saling bersentuhan yang mungkin dilupakan. Seperti berpelukan dan berciuman bisa jadi hal kecil yang menghindarkan hubungan dari perceraian.

    “Berpegangan tangan saat kamu sedang berjalan di jalan. Saling berpelukan selama 20 detik. Ciuman halo satu sama lain. Bermain pipi ke pipi. Tatap mata satu sama lain selama 30 detik sebelum kamu pergi tidur, " saran Eaker Weil.

    Sementara menurut James J. Sexton meski banyak penyebab yang mungkin terjadi, mempertahankan keintiman fisik jadi salah satu hal terpenting dalam hubungan. "Saya pikir seks adalah perekatnya, tetapi ada banyak alasan mengapa orang memutuskan hubungan satu sama lain secara fisik," jelasnya.


    7. Apresiasi 

    Saling memberikan apresiasi adalah langkah agar perceraian tak menghampiri hubunganmu. Mengungkapkan rasa terima kasih, memberikan penghargaan hingga memujinya.

    Dengan cara-cara ini pernikahanmu bisa terselamatkan dari perceraian. Meski tidak mudah, namun dengan terus berusaha hubungan bisa dipertahankan.