5 Perasaan Yang Bisa Muncul Sebelum Hari Pernikahan Tiba


  • 5 Perasaan Yang Bisa Muncul Sebelum Hari Pernikahan Tiba
    Ketahui perasaan dan pikiran apa saja yang bisa muncul menjelang hari pernikahan (Foto:Dok/Pexels/Hoang)


    Pernikahan kerap jadi impian bagi setiap pasangan yang telah menjalin hubungan bersama-sama. Bahkan, kamu pun menjadi tidak sabar menanti hari itu tiba. 

    Namun semakin mendekati tanggal pernikahan, tak jarang perasaan mulai dihantui oleh rasa deg-degan, cemas hingga ketakutan. Puncaknya bisa juga membuatmu stres dan gelisah.

    Perasaan-perasaan semacam ini sebetulnya wajar dirasakan bagi beberapa pasangan yang akan memasuki fase pernikahan. Bahkan setiap calon pengantin memiliki kegelisahan pranikah versinya masing-masing. Namun diantara banyaknya perasaan yang bisa muncul, dirangkum dari Your Tango, berikut beberapanya yang umum terjadi.


    (Baca Juga: 7 Cara Selamatkan Pernikahan Dari Perceraian)


    1. Bermimpi tentang mantan

    Sebelum menikah, kejadian yang biasanya terjadi setiap malam adalah kamu memimpikan mantan pacar hingga mengingat kejadian-kejadian yang telah dilewati dengannya. Bahkan tak jarang perasaan rindu kepadanya kian menghantuimu semalaman.

    Melansir laman Your Tango, Amanda Chatel menemukan sebuah penelitian mengenai hal ini. Dari hasil yang ia temui, hal ini rupanya sangat wajar dialami oleh calon pengantin, terutama saat waktu mendekati tanggal pernikahan. 

    Beberapa dampaknya bisa berpengaruh pada pasanganmu bahkan diri sendiri. Salah satunya adalah gairah seksual yang meningkat.


    2. Keinginan menghubungi mantan

    Beberapa orang cenderung merasa ada sesuatu yang belum selesai dari masa lalunya. Perasaan inilah yang membuatnya ingin menghubungi kembali orang yang sudah berada jauh di masa lalunya. Bukan tanpa alasan, melainkan untuk menanyakan apa yang salah dari dirinya di masa lalu, yang mungkin bisa berdampak pada masa depannya saat ini.

    Positifnya, cara ini bisa menjadi bahan intropeksi agar kamu bisa memulai hubungan baru yang lebih baik. 


    (Baca Juga: 8 Pertanyaan yang Harus Diajukan Sebelum Menikah)


    3. Stres

    Hal lain yang mungkin akan dialami bagi sebagian pengantin adalah rasa stres karena membayangkan hari pernikahan nanti. Beribu pertanyaan pun kian muncul dipikiran seperti "apakah nanti akan lancar?", "Apakah souvenir akan cukup untuk tamu?", "Apakah makanan nanti akan disukai semua orang?" dan lainnya.

    Ketakutan seperti memang wajar dirasakan, namun jika dibiarkan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit. Dampak buruknya, jerawat bisa muncul hingga sakit saat mendekati waktu pernikahan. 

    Oleh sebabnya, cobalah alihkan pikiran-pikiranmu dengan bercerita kepada teman, membaca buku pernikahan dan lainnya. Jika cara ini tak berhasil, ada baiknya kamu mengunjungi dokter.


    4. Menangis

    Menangis tak hanya mengungkapkan perasaan sedih, tapi juga bisa mendeskripsikan bahwa diri sedang bahagia. Namun, menjelang pernikahan, kamu bisa saja bingung, apa sebenarnya penyebab kamu menangis.

    Melampiaskan perasaanmu lewat tangis bukanlah suatu kesalahan, tapi perlu diperhatikan juga dampaknya untuk kecantikanmu. Jangan sampai di hari H pernikahan, mata terlihat bengkak karena kamu menangis semalaman, ya!


    5. Menebak-nebak masa depan hubungan

    Meskipun kamu sudah cukup merasa aman menjalin hubungan calon pasanganmu, tapi perasaan takut pada ketidakseimbangan hubungan kerap kali muncul saat menjelang pernikahan. 

    Untuk mengatasinya, sebelum perasaan semacam ini menghantui, kamu bisa berdiskusi dengan pasangan mengenai hubunganmu setelah menikah nanti. Bagaimana cara menghadapi satu sama lain saat marah, aturan yang tidak boleh dilanggar dan lainnya. Cara ini bisa membantumu untu mengontrol perasaan dan pikiranmu menjelang pernikahan.

    Menjelang pernikahan, perasaan dan pikiran mengenai hubungan ke depannya merupakan hal yang wajar untuk dialami setiap pengantin. Namun, dengan berdiskusi dengan calon pasanganmu, kamu akan jauh lebih tenang.