Mola TV Bantu Anak Indonesia Makin Cinta Lokal


  • Mola TV Bantu Anak Indonesia Makin Cinta Lokal
    Tonjolkan edukasi dan kearifan lokal, Mola TV semakin terlihat berbeda dengan wadah streaming lainnya. (Foto: Dok. Mola TV)

    Saat harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, rasanya mungkin cukup membosankan. Namun, saat ini, itulah yang harus kita lakukan, apalagi di tengah pandemi yang semakin mengkhawatirkan. Demi mengatasi rasa bosan tersebut, streaming platform jadi salah satu andalan selama di rumah, khususnya bagi anak-anak dan keluarga muda.


    Mola TV punya ragam tayangan untuk seluruh keluarga, seperti Mola Movies, Mola Living, dan Mola Kids. Tak hanya ingin fokus pada hiburan, Mola TV juga ingin menampilkan ragam program yang edukatif sekaligus mampu memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia. Terlebih lagi di era global, di mana masyarakat lebih memilih tontonan dari luar negeri dibanding karya-karya anak bangsa sendiri. Inilah yang kemudian membedakan Mola TV dengan streaming platform lainnya.




    Meningkatkan Kearifan Lokal

    "Kita enggak ingin generasi setelah kita melupakan identitasnya. Kita orang Indonesia tapi saat ini banyak dipengaruhi oleh budaya luar. Kita seolah melihat bahwa budaya Indonesia adalah hal kuno. Di Mola TV, kami ingin mengubah itu, bahwa Indonesia juga bisa dikenal dunia. Namun, tentunya perlu waktu untuk memproduksi konten yang tidak sederhana," ujar perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso.





    Dalam upaya memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam dan tak kalah menarik, Mola TV menayangkan banyak program lokal yang dikemas sebagus mungkin. "Seperti program Masakan Rumah by Happy Salma, kita tidak mungkin memproduksi dengan gaya low budget demi menghasilkan kemasan yang menarik agar tidak disepelekan," lanjutnya.



    (Segmen "Dinner With" di Mola TV. Foto: Dok. Mola TV)


    Salah satu kelebihan Mola TV yang paling signifikan adalah banyaknya acara-acara lokal yang menampilkan banyak konten insightful dan menarik, serta bisa dinikmati oleh setiap umur. Sebut saja seperti Dinner With yang dibawakan oleh Dian Sastrowardoyo serta Cooking Impossible with Farah Quinn yang terasa seru dengan duet Farah Quinn dan sang anak.


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Agar Kamu Tidak Bosan Di Rumah)


    Selain program inspiratif, Mola TV juga menandatangani kerjasama dengan Lifelike Pictures untuk memproduksi beberapa serial TV. Kerjasama ini pun diawali dengan launching film Mudik karya Lifelike Pictures dan Relate Films yang tayang pada 28 Agustus 2020 di Mola TV. Mola TV berharap bisa terus menjadi wadah bagi para pembuat film untuk menampilkan karya-karyanya selama pandemi. "Kami hanya ingin menolong para produser dan sutradara yang tidak bisa menayangkan film mereka di bioskop," ujar Mirwan. 



    (Mirwan Suwarso. Foto: Dok. Mola TV)


    Mola TV memang ditujukan bukan hanya untuk siaran keluarga tapi juga bagi mereka yang ingin memiliki personal growth atau memperkaya diri sendiri. Inilah kenapa Mola TV berusaha untuk menayangkan film-film inspirasional dalam programnya, khususnya karya-karya anak bangsa.


    Hiburan Edukatif Anak Indonesia

    Tak hanya ingin meningkatkan kearifan lokal dan budaya Indonesia, Mola TV juga mengutamakan konten anak yang mendidik sambil meluangkan waktu bersama keluarga. Si Kecil bisa belajar banyak hal seperti science, seni, dan  bahasa. Ia bisa bereksperimen dengan hal-hal sederhana di sekitar rumah demi menambah kreativitas dan wawasannya.





    Salah satu program terbaru dari Mola TV adalah Sofa Kuning. Acara yang dibawakan oleh pasangan musisi Aqi Singgih dan Audrey Meirina ini membawakan lagu-lagu anak Indonesia dengan gaya modern dan seru. Ini bisa menjadi cara baru untuk mengenalkan budaya lokal pada anak-anak sedini mungkin. "Anak zaman sekarang lebih hafal lagu Babyshark dibanding lagu anak-anak Nusantara. Rasanya miris, bukan? Mola TV berusaha me-reboot lagu-lagu tersebut agar terdengar lebih segar karena kita ingin maju bersama semua masyarakat lewat budaya lokal," ujar Mirwan.


    Selain menggunakan lagu-lagu asli Indonesia, semua animasi dan visualisasi dalam program Sofa Kuning juga dibuat oleh murid-murid SMK di Kudus. Alasan Mola TV membuka kerja sama ini adalah agar para murid tak hanya mendapatkan materi semata, tapi juga pengalaman dan rasa percaya diri dalam sebuah produksi yang bisa dibanggakan.


    Harapan Bagi Anak-Anak 

    Dalam upaya mengedepankan edukasi bagi anak-anak Indonesia, Mola TV sadar masih banyak tantangan yang harus dilewati, terlebih karena saat ini semakin banyak saingan hiburan untuk anak-anak yang tidak mengedepankan edukasi. "Anak-anak masih memerlukan bekal edukasi yang lebih banyak. Kita harus bisa bikin produk yang mampu merebut perhatian mereka karena mereka sudah terbiasa dengan kualitas internasional," ungkap Mirwan soal tantangan yang ada. 


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Yang Wajib Kamu Tonton Di Akhir Pekan)


    Ingin membantu masyarakat dengan memberikan pra-sarana yang bermanfaat, Mola TV menawarkan biaya yang sangat murah, yaitu mulai dari Rp 12.500/bulan untuk Mola Kids, Mola Living, dan Mola Movies. Semua program acara menarik ini bisa dinikmati melalui aplikasi Mola TV yang bisa diunduh dari App Store dan Play Store atau situs www.mola.tv.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below