7 Cara Merawat Tanaman Monstera


  • 7 Cara Merawat Tanaman Monstera
    Monstera tengah jadi tanaman populer untuk ditanam. Perhatikan 7 cara merawat tanaman monstera berikut ini untuk hasil akhir yang segar. (Foto: Dok. Pexels)

    Akhir-akhir ini bertanam tengah jadi kesibukan baru yang digemari banyak orang. Salah satu tanaman yang populer adalah Monstera Deliciosa. Daunnya yang lebar dan berlubang jadi highlight bagi pencinta tanaman. Tapi sebenarnya perlu usaha khusus agar daun monstera bisa tumbuh cantik dan sehat. Simak cara merawatan tanaman monstera berikut ini.


    1. Perhatikan media tanamnya

    Sebelum menanam monstera di pot, pastikan media tanamnya sudah memiliki nutrisi yang cukup. Media tanam yang digunakan sebenarnya tak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya. Komposisi yang digunakan biasanya berupa campuran tanah dengan pasir serta kompos dengan perbandingan 1:1.




    2. Tetap gunakan pupuk

    Jika kamu sudah mencampurkan tanah dan kompos seperti di atas, kamu tetap harus menggunakan pupuk. Tapi pengaplikasian pupuk ini cukup dilakukan sebanyak 5 kali saja dalam setahun. Tak perlu menggunakan pupuk khusus, cukup pilih yang sudah dijual di pasaran, namun tetap ikuti saran penyajian sesuai kemasan.


    (Baca Juga: 12 Akun Instagram Seru Untuk Ide Dekor Rumah Dengan Tanaman)


    3. Letakkan pada area dengan pencahayaan cukup

    Monstera tak terlalu suka sinar matahari langsung namun ia tetap memerlukan pencahayaan cukup untuk tumbuh subur. Sebaiknya, letakkan monstera di samping jendela atau sudut dalam rumah dengan cahaya yang cukup terang.



    (Cara merawat tanaman monstera. Foto: Dok. Pexels)

    4. Awasi kadar air saat proses penyiraman

    Untungnya, kamu enggak perlu terlalu sering menyiram monstera, cukup seminggu sekali, namun lakukan secara rutin. Pastikan juga kadar air yang disemprotkan tidak menggenang di bawah pot karena bisa bikin akarnya membusuk. Sore adalah waktu terbaik untuk menyiram monstera karena pada waktu inilah monstera menyerap airnya.


    5. Cari struktur penyangga yang kuat

    Agar daunnya tumbuh lebat, kamu bisa membuat ruang di pinggir tembok untuk ditanami monstera. Sebenarnya penggunaan pot tetap disarankan, tapi trik ini lebih ditujukan bagi mereka yang ingin daun yang lebih lebat. Kalau kamu ingin menghias ruangan menggunakan daun monstera, sebaiknya tunggu sampai ia gugur dengan sendirinya. Hal ini menghindari daun yang layu jika sengaja dipotong dengan cara yang salah.


    (Baca Juga: Ketahui Jenis Tanaman Yang Baik Diletakkan Di Dalam Rumah)


    6. Ganti pot secara berkala

    Jika akar sudah mulai memenuhi pot, segera ganti dengan yang baru. Gunakan pot baru yang memiliki lebar hingga 50cm dari pot sebelumnya. Sebelum dipindahkan, pastikan juga kamu menggunakan tanah berkualitas tinggi. Ulangi poin nomor 1.


    7. Bersihkan daun yang mulai tumbuh besar

    Luangkan waktu setidaknya dua minggu sekali untuk membersihkan daun. Umumnya, daun monstera yang lebar cenderung dipenuhi debu. Jika daun sudah bersih, tentunya tanamanmu akan terlihat lebih segar dan cantik.


    (Baca Juga: Jenis Tanaman Ini Bikin Udara Di Rumah Bebas Polusi)


    Itulah cara merawat tanaman monstera yang perlu kamu tahu. Melihat poin-poin di atas, tak susah juga kan untuk melakukannya? 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below