Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah


  • Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah
    Wajah mulus tentu jadi idaman tapi kalau tiba-tiba muncul bruntusan, wajar saja kalau panik. Simak cara menghilangkan bruntusan berikut ini. (Foto: Dok. Ekaterina/Pexels)

    Biasanya wajahmu baik-baik saja namun perubahan cuaca, kesibukan, dan gaya hidup, seperti penggunaan masker setiap hari, akhirnya membuat kulit wajahmu berubah. Tanpa diduga, mulai banyak bruntusan yang muncul di wajah. Panik? Wajar sekali. Tak hanya bikin gatal dan kemerahan, bruntusan juga bikin kulit wajah jadi tidak mulus. Nah, agar bruntusanmu tidak semakin parah, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan. Berikut cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat.


    1. Kurangi rasa gatal dengan es batu

    Sensasi dingin dari es batu bisa mengurangi rasa gatal yang muncul akibat bruntusan. Cara ini biasanya digunakan untuk mengempiskan dan mengurangi warna merah dari jerawat. Umumnya, bruntusan tidak separah masalah jerawat, jadi es batu dianggap bisa menyembuhkan bruntusan lebih cepat.




    (Baca Juga: Tips Lengkap Bersihkan Alat Makeup Di Masa Pandemi)


    2. Coba hilangkan dengan madu

    Madu memang dikenal punya manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, madu juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang kusam hingga jerawat. Bagi kamu yang lagi bruntusan, cukup oleskan madu murni secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan mengering sebelum membilasnya dengan air bersih.


    3. Menggunakan tomat

    Selain kandungan gizinya yang bisa mengatasi masalah mata minus, tomat juga bermanfaat untuk mengatasi bruntusan pada wajah. Haluskan tomat dengan cara diblender lalu jadikan masker wajah. Biarkan mengering lalu bilas wajah dengan air bersih. Mudah sekali, bukan? Kamu bisa lakukan ini dengan rutin untuk jadi perawatan mingguanmu.


    (Baca Juga: 9 Manfaat Masker Tomat Untuk Kulit Wajah)


    4. Campuran lemon dan putih telur

    Bukan untuk dikonsumsi langsung tapi kamu bisa mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Jika dilakukan, kemungkinan bruntusanmu bisa hilang dalam semalam. Caranya, cukup campurkan putih telur dan perasan lemon, lalu oleskan secara merata di wajah. Biarkan hingga kering lalu bersihkan wajah dengan air.


    5. Menyeduh teh hijau

    Mengonsumsi teh hijau identik dengan manfaat tubuh langsing dan sehat padahal teh hijau masih punya segudang manfaat lainnya. Salah satunya adalah dengan melawan bruntusan pada wajah. Kandungan anti-oksidan yang dimiliki teh hijau bisa membantumu menghilangkan bruntusan lebih cepat. Jadi, sudah tahu kamu mau menyeduh apa sore ini?


    6. Atasi gatal dengan lidah buaya

    Memiliki efek dingin dan soothing, lidah buaya mampu meminimalisir rasa gatal akibat bruntusan di wajah. Kandungan vitamin E dalam lidah buaya juga mampu mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi tersebut. Kamu hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya di area yang gatal lalu bilas dengan air dingin.


    (Baca Juga: Urutan Skincare Malam Hari Untuk Kulit Berjerawat)


    7. Minyak cengkeh

    Beberapa tempat perawatan spa biasanya memiliki minyak cengkeh. Minyak jenis ini mengandung bahan eugenol yang bisa mengatasi rasa gatal dan punya efek menenangkan kulit. Kamu juga bisa mengaplikasikannya pada area bruntusan, namun sebaiknya campurkan dengan sedikit air.


    Itulah cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga masalah bruntusanmu bisa cepat selesai.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below