300 UMKM Akan Bergabung Dalam Nusantara Fashion Festival


  • 300 UMKM Akan Bergabung Dalam Nusantara Fashion Festival
    Nusantara Fashion Festival ajak 300 UMKM dan brand lokal untuk sambut Hari Kemerdekaan (Foto:Dok/NUFF 2020)


    Meski telah memasuki masa new normal, sejumlah sektor dan industri masih merasakan efek dari pandemi virus corona. Salah satunya yang terkena dampak adalah industri fesyen tanah air saat ini.

    Oleh karenanya, pemerintah meresmikan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengan atau UMKM.




    (Baca Juga: 'Fashion Show Virtual' Dan Fakta-fakta Menarik Seputarnya)


    Selaras dengan hal ini Kementrian BUMN melalui Bank BRI mempersembahkan perhelatan mode virtual bertajuk Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020. Gelaran ini jadi yang pertama sekaligus terbesar di Indonesia.

    Berkolaborasi bersama lebih dari 300 UMKM dan pegiat industri mode, NUFF 2020 menghadirkan 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam virtual fashion show. Sekaligus menghadirkan 50 pembicara, setiap orangnya nanti akan mengisi acara dan berbagi ilmu dalam program Fashion Talks. Yang tak kalah menarik ada pula Charitu Auction yang menawarkan produk spesial dari sejumlah desainer dan brand lokal lainnya.


    (Baca Juga: Jalan-Jalan Ke Butik Prada Dengan Virtual Reality)


    Gelaran NUFF 2020 bertujuan untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi dan mempresentasikan karya mode.

    "Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan,” jelas Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.


    (Baca Juga: Mamonde Rayakan Satu Tahunnya Lewat Pesta Virtual Meriah)


    Dengan memanfaatkan inovasi digital, acara ini akan berlangsung mulai dari live streaming hingga e-commerce yang juga bisa dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta mereka yang bergerak di dunia fesyen. Dengan begitu, acara ini bisa memberikan inspirasi sekaligus menyambut ide-ide kreatif yang bisa memajukan eonomi kreatif Indonesia.

    Bersamaan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, NUFF 2020 akan diadakan pada 1-30 Agustus 2020. Seluruh rangkaian Nusantara Fashion Festival 2020 ini dapat disaksikan secara live stream di nusantarafashionfestival.com.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below