'Fashion Show Virtual' Dan Fakta-fakta Menarik Seputarnya


  •  'Fashion Show Virtual' Dan Fakta-fakta Menarik Seputarnya
    Apakah peragaan busana virtual via online bakal jadi masa depan dunia mode dan 'the new normal'? (Foto: Dok/EdmondDantes/Pexels.com)

    Terkendala tak bisa melangsungkan peragaan busana seperti biasanya karena kondisi di tengah pandemi virus corona (covid19), sejumlah pekan mode, desainer dan rumah mode beralih ke 'fashion show virtual'. Peragaan busana yang digelar khusus dari rumah atau studio yang diset sedemikian rupa ini tayang di laman sosial media seperti Instagram, Facebook, atau YouTube untuk menjangkau publik.




    Tantangannya diklaim lebih banyak, karena semua persiapan dikerjakan dari rumah lewat video call dan bagaimana menyajikannya ke publik sehingga diterima dengan baik.  


    Baru-baru ini, London Fashion Week, Milan Fashion Week dan Paris Fashion Week mengumumkan bahwa tahun ini mereka beralih ke fashion show virtual. Tak hanya mereka, sejumlah desainer pun kemudian mulai menggarap sendiri peragaan busana virtual mereka, dari yang sederhana di studio, di rumah hingga yang serius dengan menggarap live-streaming dengan edit video sehingga menjadi lebih memanjakan mata untuk dinikmati publik.  


    Dalam beberapa pekan terakhir, fashion show virtual memberi warna terhadap dunia mode. Diantaranya, ada yang berhasil mencuri perhatian dan menginspirasi. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa fashion show virtual yang sudah berlangsung, dan termasuk yang dijadwalkan akan berlangsung dalam waktu dekat.


    (Baca Juga: London Fashion Week Akan Diadakan Secara Virtual)


    Senayan City Show at Home  






    Senayan City bersama koreografer Papah Edwan menggelar virtual fashion show koleksi Ria Miranda 'Nagari' dan Purana 'Resort 2020' pada pekan lalu. Berlangsung di rumah masing-masing, para model berjalan bak di runway. Peragaan ini juga turut diiringi musik yang ditangani Dardo Siregar.


    Vivi Zubedi show



    Desainer Vivi Zubedi punya cara unik dalam menamplkan koleksinya yang dikemas ala virtual fashion show dan di-post di akun instagramnya. Beberapa koleksi untuk Lebaran atau Hari Raya itu ia sajikan persis seperti dalam sebuah peragaan busana. Hanya saja kali ini berlangsung di rumah saja.  


    Raya Stream Fest 'Fashion From Home'



    Menjadi online platform yang diinisiasi Studio One, ASA Medier, dan Panenmaya Digital, Raya Stream Fest berlangsung dari 18-20 Mei 2020. Pada gelaran virtual ini, para desainer dan label lokal menyuguhkan live-streamed fashion show, di antara mereka yakni Ghea Panggabean, KAMI, Ria Miranda, Itang Yunasz, dan Instituto di Moda Burgo Indonesia. Salah satu event virtual yang sayang untuk dilewatkan. 


    CR Runway dan amfAR 



    CR Runway bekerjasama dengan amfAR menggelar fashion show virtual perdana yang tayang di YouTube dengan melibatkan banyak model dan desainer ternama. Digelar untuk amal dan upaya melawan Covid19, gelaran virtual show yang digagas Carine Roitfeld ini menampilkan para model yang berjalan bak model di rumah masing-masing. Bertindak sebagai host Derek Blasberg, dan disutradarai Fabien Constant. Para model yang berpartisipasi di antaranya Halima Aden, Lily Aldridge, Alessandra Ambrosio, Winnie Harlow, Karlie Kloss, Irina Shayk, Joan Smalls, Lara Stone, dan lainnya.


    Fashion Week San Diego




    Berkolaboasi dengan VaughnBerry, Fashion Week San Diego menghadirkan virtual runway show yang menarik dan kreatif lewat penampilan model yang mengenakan masker. Di beberapa shot, kamera bergerak slow motion untuk menampilkan detail dari busana yang diperagakan model. Berlangsung di ruang kosong seperti hall, setiap model berjalan seperti halnya di runway biasa.


    Dokuchaeva Fall 2020



    Berlangsung pada akhir April lalu, peragaan busana Dokuchaeva Fall 2020 tampil virtual dengan mengambil lokasi khusus seperti pemotretan. Model mengenakan busana rancangan desainer dan berjalan mengitari lokasi show serta beberapa spot yang sudah diplilih. 


    Angel Chen AW 20 Virtual Runway



    Di masa karantina di kediamannya di Shanghai, China, desainer Angel Chen menghadirkan peragaan busana karyanya Autumn/Winter 2020 Shanghai Fashion Week dengan kreativitas yang tinggi. Empat model, tiga wanita dan satu pria, berjalan memeragakan koleksinya dengan latar hijau yang kemudian diedit sedemikian rupa sehingga menjadi virtual show yang memanjakan mata. Berlangsung akhir Maret lalu, peragaan ini dikemas dengan iringan musik dan efek visual yang menarik sehingga menjadi salah satu fashion show virtual yang cukup meniginspirasi. 


    Apakah fashion show virtual akan jadi masa depan dunia mode dan 'the new normal' di masa mendatang?  Siapa tahu.