Sex & relationship

6 Hal Yang Patut Ketahui Tentang Rasa Cemburu Dalam Hubungan

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-07-18 20:00:00 6 Hal Yang Patut Ketahui Tentang Rasa Cemburu Dalam Hubungan


Saat jatuh cinta dan memiliki pasangan, rasa ingin menjadi satu-satunya jadi hal yang wajar untuk dirasakan. Sehingga, saat melihatnya lebih banyak meluangkan waktu dengan yang lain, hingga pertemanan yang erat dengan lain, perasaan cemburu kerap menyelimuti dirimu.

Meskipun hal ini kerap di alami bagi sebagian pasangan, Namun, apakah rasa cemburu itu baik atau justru bisa merusak hubungan cintamu dengan si dia? Melansir dari Her World Singapore, Jean Chen dari Relationship matters, menjelaskannya.

(Baca Juga: Zodiak Yang Paling Gampang Cemburu)


1. Apakah cemburu baik untuk hubungan?

Di antara sehat dan tidak sehat, perasaan cemburu kerap jadi reaksi yang natural ketika kamu menyukai seseorang dan kamu takut dia berpaling ke orang lain.


2. Apa ada tolak ukur untuk cemburu?

Sebetulnya tidak ada definisi jelas mengenai cemberu yang berlebihan. Tapi kamu bisa mencegah pasanganmu agar tidak melakukannya sampai over dengan cara mengajaknya berkomunkasi.

(Baca Juga: Tak Hanya Cemburu, Perilaku Ini Buat Dia Berpaling Darimu)


3. Bagaimana caranya memberitahu pasangan bahwa aku menyimpang kecemburuan pada seseorang?

Kamu bisa menanyakan padanya apa alasannya memilihmu menjadi pasangan dalam hidupnya. Dengan begitu, setidaknya kamu mengetahui apa yang kamu miliki dan disukai olehnya.

Sebagai cara lain kamu mungkin bisa menyarankannya untuk mengurangi kedekatan dan jarak agar perasaanmu nyaman. 


4. Bagaimana cara mengendalikan rasa cemburu?

Kecemburuan bisa diatasi dengan pola komunikasi yang baik. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang bisa mengungkapkan rasa emosimu secara responsif, namun tidak menjatuhkan siapapun di dalamnya. 

(Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Pria Cemburu)


5. Haruskan menjaga jarak dengan pasangan?

Kecemburuan bisa jadi datang karena adanya hambatan komunikasi yang ada dalam hubungan. Dengan memberi jarak, hal ini mungkin bisa membantu, namun tidak untuk situasi jangka panjang.


6. Jika dia ingin saya jaga jarak dengan teman, tapi saya tidak menginginkannya, apakah ada jalan tengah?

Tentu bisa. Kamu dan pasangan bisa saling menyakinkan meski harus melakukannya berulang kali. 

Hal ini sama saja ketika kamu memutuskan untuk menyukainya. Ada banyak alasan yang jadi landasan kamu bisa menghargainya. Jika cara ini tak juga berhasil, mungkin kamu dan pasangan bisa menemui penasihat profesional.

Sex & relationship