Ketahui Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Dari Peselingkuhan


  • Ketahui Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Dari Peselingkuhan
    Ketahui cara menjaga pasangan dari perselingkuhan saat hubungan LDR (Foto:Dok/Pexels/J)


    Bagi sebagian orang, hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) adalah hal yang menakutkan. Berbagai perasaaan mulai dari takut dibohongi, pasangan yang selingkuh, dikhianati dan lainnya tak jarang menghantui keduanya. Akhirnya, hubungan pun terpaksa diakhiri, meski belum coba untuk dijalani.

    Sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan agar hubungan LDR berhasil dijalani, bahkan sampai ke pernikahan. Jika kamu dan pasanganmu saling berkomitmen, berbagai masalah seperti selingkuh, pengkhianatan dan lainnya tak akan terjadi di dalamnya. Dengan saling menjaga dengan berbagai cara berikut ini, hubungan bisa bertahan lama:

    (Baca Juga: Alasan Kenapa Pria Selingkuh Dan Tanda-tandanya)


    1. Jaga kedekatan

    Meski dipisahkan puluhan kilometer, bukan berarti kamu tak bisa menjaga kedekatan dengan pasanganmu. Apalagi di zaman yang penuh dengan teknologi canggih seperti saat ini. 

    Melansir laman TIME, Lori Gottlieb seorang psikiater spesialis hubungan mengatakan bahwa LDR akan mudah dijalani di masa saat ini dengan berbagi momen bersama secara langsung. "Banyak hal-hal kecil yang ada dalam ikatan hubungan. Dan dengan teknologi kamu bisa membagikan foto, teks dan faceTime, saat itu juga, instan."

    "Juga orang-orang yang menjalani hubungan jarak jauh lebih bergantung pada teknologi agar tetap terhubung, dalam beberapa hal teknologi memungkinkan mereka berkomunikasi secara verbal bahkan lebih dari pasangan yang sering bertemu, duduk bersama tapi tidak berinteraksi sama sekali," tambahnya.

    Dengan begitu, menjaga intensitas hubunganmu dengan komunikasi bisa jadi cara agar mencegah salah satu di antara kalian melakukan perselingkuhan. 


    2. Buat tanggal khusus

    Meski tak bisa bertemu, cinta jarak jauh biasanya lebih memaksimalkan waktu yang ada untuk bermesra-mesraan dengan pasangan. Sehingga kamu dan pasangan bisa saling dekat, mesti tak di satu tempat yang sama.

    Buatlah tanggal atau waktu khusus untuk bertemu secara langsung ataupun lewat virtual. Cara ini juga bisa digunakan seberapa besar komitmen pasanganmu untuk mempertahankanmu. Jika dia tidak mau luangkan waktu untukmu, mungkin kamu perlu curiga padanya.

    (Baca Juga: Gaya Orang Selingkuh Berdasarkan Zodiaknya)


    3. Lakukan kegiatan bersama

    Walaupun tak bisa bertatap muka dengannya, kamu bisa merencanakan untuk melakukan kegiatan bersama. Seperti menonton film bersama, skype dan lainnya. Selain bisa memperkuat hubungan, cara ini juga bisa mencegah pasanganmu untuk selingkuh.

    "Rencanakan malam untuk berkencan melalui skype di mana kamu dan pasanganmu bisa menonton film yang sama bahkan saat kamu berada di tempat yang berbeda," ujar Gandhi.


    4. Malam minggu

    Sama halnya dengan pasangan yang lain, kamu dan pasanganmu tetap bisa menikmati malam minggu bersama. Kamu bisa mengunjungi suatu restoran dan melakukan facetime dengannya. Kalian berdua bisa saling berbagi cerita tentang menu makanan, hingga dekorasi restoran yang kalian kunjungi masing-masing di waktu yang sama di tempat yang berbeda.

    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    5. Percaya diri

    Bagaimanapun kepercayaan diri harus dimiliki untuk hubungan berjalan dengan baik. Terlalu banyak ketakutan akan membuat pasangan menjadi tidak nyaman dan justru melakukan hal yang tidak kamu inginkan.

    Masih melansir laman yang sama oleh sebabnya komunikasi yang baik bisa membuat hubungan jarak jauh terasa lebih mudah dijalani. Ketahui apa yang pasanganmu tidak suka, dan utarakan apa yang mengganggu pikiran bisa jadi hal sederhana tapi sangat berguna untuk LDR.


    6. Manfaatkan waktu

    Jangan sia-siakan waktu yang ada saat pasanganmu datang mengunjungi atau bahkan berusaha untuk menghubungimu kala sibuk. Kamu pastinya tak ingin melewatkan waktu yang jarang kamu temukan, bukan?

    (Baca Juga: Apakah Flirting Bagian dari Selingkuh?)


    7. Buat aturan

    Membuat aturan di dalam hubungan bukan berarti kamu sedang berada di dalam hubungan yang mengekang. Cara ini adalah langkah untuk melatih komitmenmu bahkan dirinya dalam hubungan ini. Bahkan, hal ini juga bisa menunjukkan kesetiaan keduanya.

    Buatlah daftar do and donts dengan pasanganmu. Kesepakatanmu berdua bisa buat hubungan dan mengurangi masalah perselingkuhan terjadi.


    8. Komitmen

    Hal yang paling utama dimiliki oleh pasangan yang menjalani hubungan LDR adalah komitmen. Jika salah satu tidak memilikinya, ikatanmu akan berujung sia-sia bahkan berpeluang untuk selingkuh. Oleh sebabnya, tanyakan kembali seberapa kuat komitmenmu untuk masuk ke dalam hubungan yang kamu inginkan.


    Itu dia tips dan cara menjaga hubungan LDR agar pasangan tidak selingkuh.