5 Jenis Perselingkuhan Dari Para Ahli Yang Patut Diketahui


  • 5 Jenis Perselingkuhan Dari Para Ahli Yang Patut Diketahui
    Ketahui berbagai jenis perselingkuhan yang patut diketahui dari para ahli (Foto:Dok/Freepik/Wavebreak)


    Bagaimana pun perselingkuhan kerap jadi masalah yang paling dihindari dalam suatu hubungan. Jika hal ini terjadi, bukan hanya menyakiti, namun pasangan pun akan sulit memaafkan. Parahnya, salah satu diantaranya akan meminta untuk berpisah.

    Setiap pasangan memiiki aturan dalam hubungannya. Seperti tidak menggoda mantan, tidak bermain media sosial terlalu banyak dan lainnya. Sehingga saat perjanjian dilanggar, seorang pasangan bisa menganggap hal ini sebagai perselingkuhan yang tak bisa ditoleransi.

    (Baca Juga: Alasan Kenapa Pria Selingkuh Dan Tanda-tandanya)


    "Karena setiap orang memiliki batasan yang berbeda. Seseorang mungkin saja berpikir bahwa menggoda itu baik-baik saja, sedangkan bagi orang lain bisa dianggap perselingkuhan," jelas seorang pelatih kencan Madeleine Mason kepada The Independent. Lalu bagaimana cara mengukur seseorang telah berselingkuh atau tidak?

    Menurut beberapa ahli percintaan, sebetulnya terdapat lima jenis perselingkuhan. Bahkan dua diantaranya bisa tidak melibatkan pasangan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut deretannya yang patut diketahui. 

    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    1. Perselingkuhan Fisik

    Mungkin bagi sebagian orang perselingkuhan jenis ini salah satu yang tidak bisa dimaafkan. Di mana salah satu dari pasangan memiliki hubungan fisik yang intens dengan orang lain di luar dari ikatan yang sedang dijalani. 

    Seorang ahli asmara Jo Barnett menjelaskan kepada The Independent mengenak perselingkuhan secara fisik. Biasanya hal ini meliputi hubungan intim seperti bergandengan tangan, berciuman, hingga berhubungan seksual. 


    2. Fantasi seksual dengan orang lain

    Seorang ahli terapi hubungan Max Lundquist mengatakan kepada Women's Health bahwa memiliki fantasi tentang orang yang dianggap menarik, terutama saat diri tak lagi sendiri, bisa jadi kamu telah berselingkuh. Ditambah jika kamu tidak jujur saat ditanya "Apa yang sedang kamu pikirkan?"

    Banyak dari pasangan mungkin melakukan perselingkuhan jenis ini, dan tidak mengatakan hal yang sebenarnya. Untuk mencegahnya kamu harus melatih pikiranmu sendiri agar pikiran tak hanyut dengan bayangan hidup bersama orang lain. 


    3. Menyimpan perasaan kepada orang lain

    Secara diam-diam memiliki rasa berbeda atau romantis kepada seseorang di saat kamu telah mempunya pasangan, itu juga termasuk dari peselingkuhan. Bahkan, hal ini bisa memicumu untuk melakukan berbagai jenis perselingkuhan lainnya.

    Meski jatuh cinta di luar dari kendali manusia, namun hal ini akan berpengaruh kepada kesetiaanmu kepada kekasihmu saat ini. "Ada nada ketidaksetiaan di sini," jelas Barnett.

    Oleh sebabnya, jika memang merasakan suatu yang berbeda antara kamu dan orang lain, tanpa sepengatuhan pasanganmu, ada baiknya untuk memberi jarak sementara hingga perasaan itu usai. Hal ini sebagai cara mencegah perasaan yang lebih dalam dan melakukan banyak kegiatan lain di belakang orang yang mencintaimu.

    (Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Kamu Bermimpi Pasangan Selingkuh!)


    4. Pengeluaran rahasia

    Saat berkomitmen untuk menjalin ikatan bersama orang lain, berarti kamu siap untuk tidak lagi memiliki rahasia sendiri. Termasuk soal keuangan dan pengeluaranmu.

    Jika kamu masih sering menyembunyikan kebiasaan belanja dan lainnya, hal ini bisa masuk ke dalam jenis perselingkuhan menurut Lundquist. Hal ini akan lebih parah jika salah satu di antara kamu dan pasangan menjadikan alasan pribadi sebagai prioritas. 

    "Ini bisa menyebabkan masalah dan saya akan bilang ini tidak adil untuk tidak mengungkapkan kegiatan ini, karena kamu pasti akan ketahuan," kata Barnett.


    5. Aktivitas di media sosial

    Dana Weiser seorang Human development professor di Texas Tech University menjelaskan bahwa perselingkuhan media sosial jadi jenis yang biasa dilakukan. Namun seperti apa?

    Saat kamu secara tidak sadar telah menghabiskan waktu untuk menyukai postingan mantan atau rekan kerja bahkan seseorang yang menarik perhatianmu hal ini bisa disebut sebagai perselingkuhan. Begitu juga saat kamu banyak melakukan aktiitas melalui media sosial dan mengabaikan pasangan yang secara realita ada di depan atau sampingmu. 

    Namun menurut beberapa pakar lain hal ini baru bisa dikatakan selingkuh apabila ada motif tersembunyi di dalamnya. Seperti sexting, melakukan percakapan panjang, hingga menggoda. Jika hal ini dilakukan, tak hanya cap 'tukang selingkuh' yang mungkin didapatkan tapi juga membuat kamu merasa tidak aman saat menjalani suatu hubungan. 

    "Terobsesi dengan orang yang kamu ikuti Instagram bisa sangat menjengkelkan dan bisa membuat pasanganmu merasa kurang aman," jelas Mason.