Resep Losion Anti Nyamuk Alami yang Praktis Dibuat di Rumah


  • Resep Losion Anti Nyamuk Alami yang Praktis Dibuat di Rumah
    Fleksibel untuk dijadikan minyak balur atau body spray. (Foto: Dok. Master1305/Freepik.com)

    Selain masih hidup berdampingan dengan virus Corona, saat ini kita juga perlu mewaspadai bahaya dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegepti. Tentunya untuk menghindari penyakit ini, kebersihan rumah perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah menguras bak mandi secara rutin, membersihkan wadah penampungan air lainnya, selalu membereskan tumpukan barang atau baju, memasang kawat nyamuk, fogging, sampai rajin menggunakan losion atau krim anti nyamuk di area kulit yang terbuka.  


    (Baca juga: 12 Makanan Kaya Antioksidan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh)




    Losion anti nyamuk memang sudah mudah didapatkan di toko atau pusat perbelanjaan terdekat. Selain yang beredar di pasaran, sebenarnya kamu juga punya pilihan untuk membuat formula anti nyamuk yang lebih alami di rumah. Keuntungannya, bebas dari bahan kimia, dan lebih aman digunakan oleh seluruh anggota keluarga (termasuk anak). Bahan-bahan apa saja sih yang bisa menghalau nyamuk menggigit tubuh kita? Kombinasi bahan-bahan berikut bisa jadi resep untuk meraciknya. 



    1. Minyak Lemon + Minyak Eucalyptus


    (Daun eucalyptus. Foto: Dok. Freepik.com)

    Campurkan 5 ml minyak esensial lemon dan 5 ml minyak esensial eucalyptus. Lalu larutkan dengan 90 ml carrier oil, seperti virgin coconut oil atau lainnya yang ramah di kulit. Jika tidak memiliki minyak esensial eucalyptus, kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih dalam jumlah yang lebih banyak.


    Perpaduan lemon dan eucalyptus mengandung komponen citronella dan p-methane 3,8 diol (PMD) yang keduanya tidak disukai oleh nyamuk dan serangga.


    2. Minyak Lavender + Vanili + Air Lemon


    (Minyak dan bunga lavender. Foto: Dok. Mareefe/Pexels.com)


    (Biji vanili juga bisa digunakan agar lebih natural. Larutkan dulu dengan sedikit air panas lalu campurkan. Foto: Dok. Timolina/Freepik.com)


    (Lemon segar. Foto: Dok. Lukas/Pexels.com)

    Kombinasi ini akan menghasilkan spray anti nyamuk yang beraroma harum menenangkan. Campurkan 10-12 tetes minyak esensial lavender dengan 3 sendok ekstrak vanili dan 4 sendok makan air lemon. Lalu larutkan campuran tadi ke dalam 1 cangkir air (sesuai takaran masak 1 cup). Gunakan wadah botol spray untuk memudahkan pemakaian.  


    3. Serai + Minyak Esensial Rosemary

    (Minyak esensial rosemary dari organic supply co, salah satu destinasi belanja essential oil lokal yang lengkap. Foto: Dok. @organicsupplyco/Instagram)

    Untuk minyak anti nyamuk ini, kamu akan membutuhkan 10 tetes minyak esensial rosemary, 10 tetes minyak esensial lemongrass (serai), dan 60 ml carrier oil. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan 60 ml air jika ingin menggunakannya sebagai spray


    Minyak esensial lemongrass juga mengandung komponen citronella dan limonene yang efektif menyingkirkan nyamuk. Sedangkan rosemary mirip dengan eucaplyptus yang tidak disukai nyamuk karena memiliki komponen eucalyptol, camphor, dan limonene.


    4. Minyak Tea Tree + Minyak Kelapa

    Tea tree memiliki manfaat antiseptik dan anti inflamasi yang mampu mencegah sekaligus menyembuhkan gigitan nyamuk. Aromanya juga cukup kuat sehingga nyamuk pun enggan mendekat. Campurkan 10 tetes minyak tea tree dengan 30 ml minyak kelapa dan gunakan kapan pun dibutuhkan.  


    (Baca juga: Daftar Vitamin Penting Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)


    5. Cuka + Baking Soda

    (perangkap nyamuk untuk ruangan)

    Mungkin deretan racikan anti nyamuk di atas mengharuskan kamu memiliki beberapa macam minyak esensial. Namun jika tidak memilikinya, kamu bisa memanfaatkan apa yang ada di dapur untuk mencegah nyamuk berkeliaran di rumah. 


    Caranya:

    - Ambil botol plastik kosong yang bersih lalu gunting menjadi dua bagian.

    - Taburkan ¼ cup baking soda di bagian bawah/dasar botol

    - Ambil potongan botol bagian atas, lalu letakkan dengan posisi terbalik (menyerupai corong) di dalam potongan botol berisi baking soda tadi

    - Tuangkan 1 cup cuka ke dalam corong tadi

    - Letakkan di sudut-sudut ruangan


    Ketika baking soda berinteraksi dengan cuka, akan menimbulkan reaksi yang melepas karbondioksida. Karbondioksida menarik nyamuk sehingga nyamuk akan terjebak di dalamnya. 


    Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below