Apakah Pimple Patch Bisa Bekerja Efektif Untuk Jerawat?


  • Apakah Pimple Patch Bisa Bekerja Efektif Untuk Jerawat?
    Pimple patch diklaim mampu menyerap cairan atau isi jerawat, sehingga dapat membantu membuat jerawat kempis. (Foto: Dok. Maksim Goncharenok/Pexels)

    Menurut American Academy of Dermatology, jerawat tidak hanya dapat dialami oleh orang-orang pada masa pubertas saja, tetapi orang dewasa juga. Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan pimple patch. Pimple patch atau stiker jerawat adalah salah satu obat jerawat yang cukup populer belakangan ini. Stiker jerawat dibuat untuk ditempelkan langsung pada jerawat untuk membantu mengeringkannya lebih cepat.


    Bagaimana cara kerja pimple patch?




    Acne patch merupakan perban hidrokoloid, yang telah lama digunakan dokter untuk mengatasi bisul dan luka kronis. Stiker jerawat didesain dengan ukuran jerawat, sehingga mudah untuk digunakan.


    Stiker jerawat diklaim mampu menyerap cairan atau isi jerawat, sehingga dapat membantu membuat jerawat kempis. Bahkan, beberapa jenis stiker jerawat mengandung bahan aktif seperti salicylic acid yang dapat mengatasi pori-pori tersumbat penyebab jerawat. 


    Dengan menyerap racun yang terperangkap di bawah kulit sekaligus melindungi jerawat dari bakteri eksternal dan sinar matahari, membuat pimple patch dapat membantu mempercepat penyembuhan.


    (Baca Juga: 10 Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah)


    Hal baik lainnya dari stiker jerawat adalah dapat bertindak sebagai penutup, sehingga mencegah tangan untuk memegang atau memencet jerawat yang justru dapat memperparah kondisi dan menyebabkan munculnya bekas jerawat. Menariknya lagi, saat ini pimple patch tersedia dalam berbagai bentuk dan warna, mulai dari berbentuk bulat, hati, transparan, warna-warni, hingga berbentuk bintang. Meskipun begitu, kandungan di dalamnya tetap dapat bekerja secara efektif untuk mengatasi masalah jerawat. 


    Jenis jerawat apa yang dapat dihilangkan dengan pimple patch?


    Dikutip dari Healthline, Lavanya Krishnan, seorang dokter kulit bersertifikat, mengatakan bahwa penting untuk memahami jenis jerawat apa yang ampuh dan tidak untuk diobati dengan pimple patch


    Menurut Krishan, pada dasarnya pimple patch bertujuan untuk mengobati jenis jerawat yang dangkal, seperti benjolan yang dipenuhi nanah, komedo, dan whiteheads atau pustula. Namun, stiker jerawat tidak mampu untuk membantu mengobati jenis jerawat kistik (cystic acne), blackheads, dan pori-pori tersumbat. 


    (Baca Juga: 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat)


    Bahan terbaik dalam pimple patch


    Menurut Krishnan, salicylic acid, tea tree dan benzoil peroksida adalah beberapa bahan terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Dengan kata lain, pimple patch yang mengandung bahan-bahan tersebut dinilai mampu, mencegah inflamasi, menenangkan jerawat meradang, dan mengatasi masalah jerawat pada wajah. 


    Bagaimana cara menggunakan pimple patch?


    Sebagaimana yang sudah disampaikan sebelumnya, pimple patch atau sering juga disebut dengan acne patch merupakan stiker jerawat yang dapat membantu mengeringkan atau mengatasi masalah jerawat dengan cara menempelkan langsung pada jerawat. 


    Sebelum menggunakan pimple patch, pastikan kulit wajah benar-benar bersih. Kamu disarankan untuk melakukan double cleansing, pertama gunakan pembersih wajah berbasis minyak untuk menghapus makeup, kemudian gunakan pembersih wajah berbasis air untuk menghilangkan kotoran.


    (Baca Juga: Benarkah Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Jerawat?)


    Waktu penggunaan stiker jerawat yang tepat juga merupakan faktor penting yang memengaruhi efektivitas pimple patch. Ahli menyarankan untuk menggunakan pimple patch pada saat jerawat mulai matang. Pada dasarnya, kamu diperbolehkan untuk menggunakan pimple patch kapan saja, baik pagi atau malam hari. Namun, untuk penggunaan pagi atau siang hari, pilihlah pimple patch yang tipis untuk membuatnya terlihat lebih natural ketika ditempel pada wajah.


    Selain itu, pimple patch yang digunakan lebih dari delapan jam biasanya akan berubah warna menjadi putih. Perubahan tersebut menandakan bahwa pimple patch telah menyerap isi jerawat. Saat itu, segeralah buka pimple patch atau ganti dengan yang baru (jika isi jerawat belum terserap sepenuhnya). 


    Adakah risiko penggunaan pimple patch?


    Para ahli selalu menganjurkan agar memeriksa kandungan suatu produk yang akan diaplikasikan pada kulit untuk menghindari adanya kemungkinan alergi atau iritasi. Jadi, jika kamu memiliki alergi atau ketidakcocokan pada suatu kandungan skincare, pastikan untuk memeriksa daftar kandungan pada pimple patch sebelum menggunakannya, ya!


    (Baca Juga: 7 Produk Kecantikan Untuk Samarkan Bekas Jerawat)


    Selain itu, berlebihan dalam menggunakan pimple patch juga dapat menyebabkan kulit kering, terkelupas, atau bersisik di sekitar area berjerawat. Maka dari itu, pilihlah produk stiker jerawat yang juga memiliki kandungan melembapkan untuk mencegah kulit sekitar jerawat mengalami dehidrasi dan kering. 


    Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba menggunakan pimple patch untuk mengatasi masalah jerawat? 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below