Benarkah Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Jerawat?


  • Benarkah Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Jerawat?
    Timbulnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari hormon yang tidak seimbang hingga makanan yang dikonsumsi. (Foto: Dok. Kjerstin Michaela Haraldsen/Pixabay)

    Sebagian besar perempuan menilai jerawat dapat mengganggu penampilan. Timbulnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari tidak cocok terhadap produk skincare yang digunakan, hormon yang tidak seimbang, tidak rutin membersihkan wajah, atau karena minuman dan makanan yang dikonsumsi. Beberapa orang percaya, mengonsumsi makanan pedas dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Benarkah demikian? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!


    Benarkah mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan jerawat?




    Pernahkah kamu mengeluarkan keringat yang banyak sangat mengonsumsi makanan pedas? Nah, banyak orang percaya, keringat yang dihasilkan saat mengonsumsi makanan pedas itulah yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Keluarnya keringat ini sebagai akibat dari sensasi panas yang berasal dari suatu senyawa yang disebut capsaicin. Para peneliti dari University of Wyoming menemukan bahwa cabai mengandung capsaicin, yaitu suatu senyawa yang tersimpan dalam cabai atau lada sebagai sumber rasa pedas dan panas. Lantas, benarkah mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan jerawat?


    Saat kamu mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat sehingga mengeluarkan keringat. Berkeringat dapat menyebabkan breakout pada kulit, namun hal ini tidak bisa disebut sebagai penyebab utama munculnya jerawat. Karena, mungkin saja saat berkeringat, kondisi wajah sedang menggunakan riasan wajah atau adanya banyak polusi dan kotoran yang menempel, sehingga ada kemungkinan keringat bercampur dengan kotoran, makeup, debu dan polusi, lalu menyumbat pori-pori. Selain itu, membiarkan keringat menempel lama pada kulit juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri. Inilah yang mungkin saja dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. 


    Dikutip dari Thank Your Skin, mengonsumsi makanan pedas diketahui dapat memicu rosacea, namun belum bisa dipastikan pengaruhnya pada jerawat. Menurut Rachel Nazarian, MD, dokter kulit bersertifikat Schweiger Dermatology Group mengatakan bahwa mengosumsi makanan dapat memicu timbulnya rosacea pada kulit. Meskipun bukanlah pemicu bagi semua orang, namun beberapa orang yang memiliki kepekaan terhadap makanan pedas tentu dapat memicu peradangan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengonsumsi makanan pedas dapat menimbulkan sensasi panas. Hal ini bisa menyebabkan kemerahan atau peradangan akibat pembuluh darah pada kulit membesar. Kondisi kulit semacam ini disebut rosacea


    Berdasarkan sebuah penelitian yang melacak penyebab jerawat pada wanita, menemukan bahwa tidak ada cukup bukti untuk menyematkan makanan pedas sebagai penyebab utama jerawat. Namun, dalam penelitian yang sama, soda dan cokelat justru terbukti meningkatkan risiko timbulnya jerawat pada wanita.