6 Cara Seru Merayakan Idul Fitri 2020 Di Rumah


  • 6 Cara Seru Merayakan Idul Fitri 2020 Di Rumah
    (Merayakan Idul Fitri di rumah bisa dengan ragam aktivitas seru dan menyenangkan.Foto:Dok.Pexels/Mentatdgt)


    Bersamaan dengan peraturan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus corona (COVID-19), hari raya Lebaran akan berbeda dari tahun sebelumnya. Selain adanya pelarangan untuk pulang kampung atau mudik, berbagai kegiatannya pun diimbau agar dilakukan dari rumah.

    Hal ini pun termasuk dalam kegiatan beribadah sholat Idul Fitri yang harus dijalani di rumah. Bepergian ke tempat saudara dan sahabat juga diharapkan untuk tidak dilakukan di tahun ini. Meskipun begitu, momen ini tetap bisa dirayakan dengan meriah. Dengan cara-cara berikut ini, Idul Fitri tahun 2020 ini akan terasa menyenangkan.



    (Baca Juga: 10 Inspirasi Gaya Baju Lebaran 2020 Dari Label/Desainer)


    1. Sholat Idul Fitri dengan berjamaah


    (Melakukan sholat idul fitri bersama keluarga di rumah.Foto:Dok.Pexels/Ali)

    Meski tak bisa sholat Idul Fitri di masjid, namun bukan berarti jadi alasanmu untuk tidak menjalaninya. Ada cara yang bisa dilakukan yaitu melaksanakannya di rumah.

    Kamu pun bisa mengajak ayah, ibu, kakak serta adikmu untuk melakukannya secara berjamaah atau bersama-sama. Setelahnya, kamu pun bisa mendengarkan khutbah dari youtube atau streaming.


    2. Mencicipi makanan bersama

    Hari raya Lebaran tak pelak dengan aneka makanan khas Indonesia yang menggiurkan. Semuanya pun cocok untuk disantap bersama lontong atau pun ketupat yang juga jadi menu ikonik di hari ini. Saat mencicipinya bersama keluarga, perayaan ini akan jadi momentum yang tak terlupakan.

    (Baca Juga: Tradisi Lebaran Unik di Sejumlah Negara di Dunia)


     

    3. Berbagi makanan ke tetangga

    Selepas sholat Idul Fitri biasanya sejumlah orang akan bersalam-salaman dengan tetangga atau pun rekan-rekan di sekitar rumah. Saling bermaaf-maafan dan berkunjung ke rumah masing-masing.

    Namun, di tahun ini tradisi yang satu ini ada baiknya untuk dihindari terlebih dahulu sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Sebagai gantinya, berbagi makanan jadi cara mudah untuk dilakukan agar hari itu terasa istimewa meski dari rumah masing-masing.


    4. Video call dengan keluarga


    (Video call dengan keluarga di kampung halaman.Foto:Dok.Pexels/Jack Sparrow)

    PSBB yang saat ini masih diterapkan oleh pemerintah buat sebagian orang tak bisa menjalani mudik atau pun berkunjung ke rumah saudara. Tapi, hal ini bukanlah alasan untuk tidak menjalin silaturahmi.

    Kemajuan teknologi saat ini bisa memudahkan untuk berkomunikasi dengan gambar atau dikenal sebagai video call. Ragam aplikasi seperti zoom, whatsapp, Google Hangouts bisa jadi pilihan sesuai kenyamananmu. Dengan begitu kedekatan keluarga bisa tetap terjalani meski tak bertatap muka secara langsung. 

    (Baca Juga: Berikut 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Lebaran Di Rumah)


    5. Baju Sarimbit

    Mengenakan busana senada bisa membuat suasana lebaran menjadi lebih seru dan meriah di rumah. Cara ini juga buat keluarga lebih kompak dengan warna atau pun motif dari baju lebaran tahun ini. Agar menambah kemeriahannya, kamu bisa mengabadikan momenmu di hari itu.


    6. Menonton tayangan bertema keluarga


    (Menonton tayangan bertema keluarga di hari raya Idul Fitri.Foto:Dok.Pexels/Fox)

    Merayakan lebaran di rumah bisa dibuat menyenangkan dengan menyaksikan ragam tayangan seru di televisi atau pun platform film online bersama keluarga. Pilihlah tontonan yang bertema keluarga agar hari raya idul fitri terasa hangat dan menyenangkan.