Sering Stres Selama WFH, Coba Konsumsi Makanan Ini


  • Sering Stres Selama WFH, Coba Konsumsi Makanan Ini
    Banyaknya tekanan dan tugas selama kerja dari rumah bikin kamu jadi stres. Kalau ini yang terjadi, coba konsumsi makanan ini. (Foto: Dok. Anna/Pexels)

    Pandemi mengubah banyak hal. Bukan hanya soal kesehatan, tapi juga pada budaya kerja. Kini, mayoritas dari kita sedang menerapkan sistem kerja dari rumah. Sayangnya, meski sistem ini terkesan "enak" karena bisa bekerja di rumah yang nyaman, kadang tugas dan tanggung jawab justru bisa bertambah. Inilah yang akhirnya membuat kita merasa stres.


    Lalu, bagaimana cara kita bisa melepas atau setidaknya mengurangi sedikit tekanan itu? Nyatanya, beberapa makanan ini bisa membantu kita untuk mengurangi rasa stres.




    (Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kelembapan Kulit Wajah Selama WFH)


    Salmon

    Salmon jadi salah satu jenis makanan yang mampu mengatasi rasa stres. Kandungan asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) serta vitamin D-nya berperan penting terhadap kesehatan mental kita.

    EPA dan DHA ini memiliki efek relaksasi dan menenangkan karena bisa mengatur neurotransmitter dopamin dan serotonin dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak bisa mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang memengaruhi perkembangan gangguan mental, seperti rasa cemas.


    Chamomile

    Beberapa studi menemukan bahwa gejala depresi berkurang drastis setelah pengidapnya rutin mengonsumsi ekstrak chamomile secara rutin. Ini terjadi karena chamomile mengandung antioksidan tinggi yang bisa mengurangi risiko terjadinya stres. Enggak perlu jauh-jauh, kita bisa mengonsumsi teh chamomile setiap kali merasa stres. Mudah, bukan?


    Kunyit

    Sebagai salah satu jenis rempah yang banyak digunakan dalam masak di Asia Tenggara, kunyit juga dikenal mampu meningkatkan imunitas tubuh. Rempah ini punya kandungan aktif yang biasa disebut curcumin. Zat ini mampu menurunkan kadar cemas dan stres, bahkan depresi.


    (Baca Juga: 10 Inspirasi Gaya Modis Yoona SNSD Untuk Dicontek Selama WFH)


    Cokelat Hitam

    Penelitian yang sempat dilakukan pada 2014 oleh para perempuan membuktikan bahwa cokelat hitam mampu mengurangi stres dan rasa cemas. Ini disebabkan karena cokelat mengandung molekul psikoaktif di mana bisa berfungsi untuk memberi rasa nyaman. 


    Yogurt

    Saat stres melanda, yogurt bisa jadi salah satu jenis makanan yang bisa dicoba. Selain menyehatkan pencernaan, kandungan probiotik di dalamnya bisa meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak. Probiotik bekerja untuk menghambat radikal bebas dan neurotoksin yang bisa merusak jaringan saraf di otak.


    Itulah 5 jenis makanan yang bisa membantu kita dalam mengurangi rasa stres saat kerja di rumah atau work from home (WFH). Kamu bisa mulai mencobanya, ya!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below