#SupportLocalBrandsID: Dukung Brand Lokal Saat Wabah Corona


  • #SupportLocalBrandsID: Dukung Brand Lokal Saat Wabah Corona
    TADA, Gojek dan Moka berkolaborasi meluncurkan gerakan #SupportLocalBrandsID untuk dukungan brand lokal ditengah pandemi COVID-19.(Foto:Dok.Pexels/Andrea)


    Dampak yang terasa dari pandemi virus corona di Indonesia adalah sejumlah usaha yang mengalami penurunan pendapatan secara drastis atau pun bertahap. Beberapanya pula terpaksa menutup gerai karena pemberlakuan PSBB dan physical distancing.




    Imbas lain, ada pekerja industrial juga yang dirumahkan hingga mengalami pemotongan gaji. Sementara yang masih bisa bertahan, berusaha beradaptasi menjalani new normal seperti bekerja dari rumah, berjualan dari rumah dan lainnya.


    (Baca Juga: Daftar Usaha Dan Bisnis yang Kena Dampak Wabah Corona)


    Melihat efek dari wabah COVID-19, sejumlah platform retensi dan pelayanan konsumen digital meluncurkan gerakan dukungan label lokal agar tetap bertahan di situasi saat ini. Bertajuk #SupportLocalBrandsID, tagar ini hasil kolaborasi TADA, Gojek dan Moka.


    Selain itu, lewatan gerakan ini juga diharapkan sejumlah masyarakat bisa men-support karya anak bangsa dari rumah. Sehingga setelah pandemi usai, sejumlah brand bisa kembali mengembangkan industrinya kembali.


    Bentuk dukungan ini hadir dengan menyediakan akses bagi masyarakat untuk membeli kupon untuk kebutuhan sehari-hari. Di antaranya adalah makanan, minuman, produk fesyen, layanan kecantikan, kesehatan pribadi, gaya hidup, dan hotel. 


    (Baca Juga: Cerita Garda Depan: Kisah Inspiratif Di Balik Wabah Corona)


    Salah satunya yang ikut berpartisipasi adalah puyo dessert yang terkena imbas dari pandemi virus corona. Demi menjaga kesehatan para karyawan dan konsumen, label lokal ini pun menutup aktivitas dan sejumlah gerainya.


    “Menyusul kebijakan pemerintah untuk menjaga jaga jarak fisik, kami menutup gerai kami di sejumlah lokasi di Indonesia untuk memastikan kesehatan karyawan maupun konsumen," jelas Eugenie Patricia, pemilik gerai makanan Puyo Desserts.


    "Namun hal ini tentu berdampak pada lesunya penjualan dan menimbulkan kekhawatiran karyawan. Oleh karena itu, setiap pembelian sangat berarti bagi kami."


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk 'Stay Positive' Saat Pandemi Corona)


    Melalui gerakan ini, baik konsumen dan pemilik bisnis sama-sama memperoleh manfaat. Konsumen dapat membeli lebih awal kupon dari ratusan merek lokal dan bisa digunakan saat layanan tersedia atau bisnis buka kembali. 


    Dengan harga spesial, ragam kupon untuk kebutuhan hidup ini bisa didapatkan lewat aplikasi Gojek dan juga situs resmi #SupportLocalBrandsID. Seluruh hasil penjualan pun akan diberikan kepada pelaku usaha yang tergabung dalam gerakan ini.