5 Cara Mudah Untuk 'Stay Positive' Saat Pandemi Corona


  • 5 Cara Mudah Untuk 'Stay Positive' Saat Pandemi Corona
    Pandemi corona membuat seluruh masyarakat harus melakukan social distancing dan self isolation atau self quarantine. Hal ini membuat jenuh, berikut caranya agar tetap positif menjalaninya. (Foto:Dok/Freepik)


    Sejak pandemi virus Corona mewabah, sejumlah cara untuk mencegahnya pun kian bermunculan, mulai dari social distancing saat beraktivitas di luar rumah, hingga self-isolation atau self-quarantine yang kini telah diterapkan oleh sejumlah masyarakat Indonesia.

    Berbagai aktivitas pun kini mulai dijalani di dalam rumah. Mulai dari belajar, berbelanja, berkomunikasi dan lainnya beralih pada penggunaan media sosial dan bergantung erat dengan internet. Sehingga hal ini kerap membuat kita banyak melihat serta membaca berita terkait isu ini. 



    Sekilas memang terlihat lebih memudahkan, namun jika terus menerus dilakukan justru membuat diri jadi jenuh, bahkan kewalahan. Segala informasinya muncul bergantian dengan topik yang sama kian membuat sebagian orang mungkin juga kamu merasa lelah untuk menghadapinya. Lalu apa yang bisa dilakukan?

    Meski di momen ini tak mudah untuk menjalaninya, tapi banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gangguan ini semakin menghantuimu. Dengan memberi jarak dengan sosial media, dan berbincang dengan teman bisa jadi upaya untuk menjaga diri agat tetap positif di tengah wabah virus corona yang meresahkan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut di antaranya yang bisa diterapkan.

    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Home Care Untuk Layanan Kesehatan Dari Rumah)


    1. Batasi penggunaan internet

    Tanpa disadari, internet menjadi asupan diri setiap hari bahkan setiap saat. Melihat berbagai konten mulai dari gambar, berita dan lainnya membahas tentang hal yang sama, terutama di masa seperti sekarang yang diresahkan oleh virus Corona.

    Berbagai berita yang merujuk pada negatif kian bertebaran dan menambah kegelisahan kala membacanya. Tak jarang rasa parno juga timbul di dalam diri hingga menimbulkan kecemasan berlebih. 

    Melansir laman CNN, Taha Yasseri seorang ilmuwan sosial komputasi di University of Oxford menjelaskan bahwa berita dengan unsur negatif kerap tersiar lebih cepat dibandingkan dengan berita positif. Sehingga diperlukan pembatasan waktu untuk mengonsumsinya.

    "Biasanya, berita negatif berjalan lebih cepat, lebih jauh, dan lebih dalam di jejaring sosial - sehingga kita jauh lebih terpapar dengan berita negatif daripada berita positif," ujarnya.

    "Untuk diriku sendiri, aku telah memutuskan untuk melihat berita hanya beberapa kali sehari. Beberapa orang suka melakukan ini di pagi, siang, atau malam hari," jelasnya.


    2. Jangan ragu untuk tekan tombol 'mute'

    Dengan banyak orang saat ini terjebak di rumah, penggunaan komputer dan media sosial jadi hal yang tidak dapat dihindari. Namun, bagaimana cara menggunakannya dengan bijak?

    Banyak cara mudah untuk memanfaatkan teknologi untuk membuat pengalaman yang nyaman dan lebih positif. Dengan hadirnya fitur mute atau unfollow pada platform media sosial bisa jadi solusi pengendalian sosial media dan konten yang dibagikan oleh teman atau keluarga melalui media daring.

    (Baca Juga: Selain Dokter, 5 Profesi Ini Jadi Garda Depan Lawan Corona)


    3. Buat kumpul online

    Sebagai makhluk sosial, menjalani self quarantine dan self isolation kerap membuat diri merasa terpenjara. Tapi bukan berarti komunikasi jadi terhambat dan membuatmu semakin jauh dari lingkunganmu.

    Masih melansir laman yang sama, Rosie Weatherley dari badan amal kesehatan mental Inggris mengatakan bahwa internet dan media sosial bisa saling menghubungkan sekaligus berperan untuk menjalin konektivitas.

    "Internet dan media sosial membuat kami sangat terhubung pada saat konektivitas akan menjadi sangat penting," kata Rosie Weatherley dari badan amal kesehatan mental Inggris, Mind.

    Cara lain yang ampuh untuk tidak terasa terkekang kala menjalani self-isolation adalah tetap terhubung dengan teman, keluarga dan lainnya lewat telfon atau video call

    "Sekitar 80% dari komunikasi kami dikodekan melalui ekspresi wajah - jika Anda membuat lelucon, Anda akan melihat wajah saya bereaksi sebelum saya tertawa yang merupakan penguatan positif," kata Yasseri.


    4. Cari sesuatu yang menghibur atau menambah ilmu

    Selain itu, berlangganan Netflix dan Amazon Prime Video jadi pilihan yang tepat di momen saat ini. Kamu bisa mengakses ribuan film dan serial tak hanya sebagai hiburan, tapi juga mengedukasi diri.

    "Ada berita negatif dan drama di dunia nyata saat ini, jadi saat kita menghibur diri kita sendiri, kita harus fokus pada bentuk hiburan yang lebih positif," kata Yasseri.


    5. Buat rutinitas baru

    Melansir laman The Guardian, psikolog dan penulis Lea Waters membagikan tips agak bisa tetap stay positive saat pandemi virus Corona. Salah satu adalah dengan melakukan hal yang produktif baik untuk diri sendiri atau orang terdekat.

    Cobalah untuk membuat rutinitas baru seperti bermain game bersama keluarga atau mencoba meracik makanan bersama.

    (Baca Juga: 8 Game Seru yang Bisa Dimainkan Bareng Keluarga di Rumah)


    Berita Menyenangkan Terkait Wabah Corona

    Virus Corona atau Covid-19 kian meresahkan masyarakat di berbagai negara saat ini. 198 negara telah terjangkit virus ini dan banyak dari penduduknya yang terserang. Sehingga beberapa kota memutuskan untuk mengambil langkah lock down dan melakukan self-isolation, self quarantine dan social distancing.

    Namun, di balik sejumlah berita dan informasi yang bisa menambah kepanikan dan keresahan, sebetulnya banyak informasi yang bisa diserap dan menenangkan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut di antaranya:

    1. Dari 182.000 pasien yang terserang virus Corona di dunia, 79.000 di antaranya berhasil sembuh dari virus ini.

    2. Para peneliti di China's Academy of Military Medical Sciences akan melakukan tes keamanan terhadap manusia mulai minggu ini terkait penemuan 20 vaksin virus Corona.

    3. Alat tes cepat atau rapid test covid-19 telah masuk ke Indonesia dan akan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

    4. Jack Ma, pendiri perusahaan Alibaba akan mendonasikan jutaan alat kesehatan yang diperlukan untuk melawan virus Corona ke-4 negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. 

    5. Sejumlah content creator nusantara membuat flashmob #INDONESIABERSAMAChallenge mengajak semua orang untuk #StayAtHome dan tetap semangat menghadapi situasi pandemi.

    6. Dr. Handoko Gunawan dinyatakan negatif dari virus dan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

    7. Angka penderita virus Corona di Italia menurun perlahan, ribuan orang telah sembuh, sementara angka kematian juga menurun.

    8. Misa minggu di gereja Katedral Jakarta, bisa diikuti melalui live streaming yang diselenggarakan pada tiga sesi yakni pada pukul 08.00, 10.30 dan 17.00 WIB. Kamu dapat mengaksesnya dengan mudah melalui Youtube.

    9. Kredit motor untuk pengemudi ojek online diberi keringanan. Pemerintah akan segera memberikan relaksasi dalam pembayaran leasing dan kredit motor dalam satu tahun untuk mereka.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below