Mengenal Manfaat Sunscreen Pills, Teman Berjemur Baru


  • Mengenal Manfaat Sunscreen Pills, Teman Berjemur Baru
    Alternatif di saat kamu tidak ingin mengenakan krim tabir surya untuk berjemur sebentar. (Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels.com)

    Vitamin D merupakan elemen esensial dalam menjaga imunitas tubuh, terutama di tengah pandemi saat ini. Salah satu cara termudah untuk mendukung pembentukannya adalah dengan berjemur. Jika kamu takut penggunaan krim tabir surya (sunscreen) akan menghambat penyerapan vitamin D ke tubuh, inovasi yang satu ini patut dicoba.


    Sunscreen pills, atau sunscreen yang dikonsumsi secara oral, membuat kamu lebih leluasa melakukan ritual berjemur dengan aman, tanpa menuai efek buruk dari sinar matahari. Sebelumnya, mari kita ulas terlebih dulu tentang sinar matahari serta manfaat berjemur.




    (Baca juga: 5 Rekomendasi Sunscreen Lokal yang Berkualitas)


    Mengenal Pancaran Matahari

    Seperti yang sudah diketahui, sinar ultraviolet terdiri dari dua jenis, UVA dan UVB. Spektrum UVA memiliki kemampuan untuk menembus kaca. Pancaran UVA-lah yang dapat memberi efek photo-aging pada kulit, seperti garis halus, kerutan, dan flek hitam. Ini juga menjadi alasan mengapa banyak ahli kesehatan kulit menyarankan untuk menggunakan tabir surya walaupun berada di dalam ruangan. Sedangkan UVB merupakan sinar yang bisa menyebabkan kulit teriritasi dan terbakar. Kamu hanya bisa terpapar oleh UVB ketika berada di luar ruangan. Nah, sinar UVB ini yang juga memiliki manfaat menguntungkan untuk kesehatan tubuh. 


    Manfaat Berjemur untuk Imunitas

    Menurut World Health Organzation (WHO), ketika terekspos oleh matahari, radiasi UVB yang terserap oleh kulit akan memberikan energi untuk memproduksi vitamin D. Selain menguatkan tulang, vitamin D juga dapat memperbaiki respon sistem imun alami tubuh dalam menangkal organisme asing yang menyerang, seperti virus.


    Demi mendapatakan manfaat UVB dengan optimal, dr. Tan Shot Yen, seorang ahli gizi sekaligus magister filsafat terkemuka, menyarankan agar kita berjemur mulai jam 10 pagi ke atas. Karena sebelum waktu tersebut, sinar UVB masih terhalang oleh lapisan ozon, dan yang kita rasakan hanyalah UVA saja.


    Durasi yang direkomendasikan untuk berjemur cukup sekitar 10 sampai 15 menit saja. Saat berjemur, disaranakan agar tidak menggunakan tabir surya di area tubuh seperti tengkuk, punggung, dan lengan, karena bisa mengurangi penyerapan vitamin D. Sebaiknya gunakan juga pakaian yang terbuka di area tubuh tadi. Kamu tetap bisa menggunakan sunscreen pada area wajah untuk menghindari kulit terbakar dan photo-aging


    (Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Sunburn Pada Kulit)


    Manfaat Sunscreen Pills

    Agar tetap dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari karena tidak menggunakan krim sunscreen di badan saat berjemur, kamu bisa coba inovasi yang relatif baru, yaitu sunscreen pills. Umumnya, kandungan utama sunscreen pills adalah tanaman asal Amerika Selatan bernama Polypodium leucotomos.


    Bahan aktif alami ini memiliki kadar antioksidan tinggi, sehingga dapat membantu meminimalisir kerusakan kulit akibat inflamasi dan radikal bebas. Suplemen ini akan memperlambat reaksi kulit terbakar di bawah paparan matahari. Namun apabila di kemudian hari kamu akan berada di bawah sinar matahari lebih lama, misalnya saat liburan musim panas, sunscreen topikal tetap wajib diaplikasikan. Berikut beberapa pilihan suplemen sun protection pills yang bisa kamu coba. 


    Heliocare Oral Capsules


    Brand ini merupakan yang paling populer. Ia memiliki kandungan eksklusif Fernblock® sebagai properti antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas sampai 50 persen. Pil suplemen ini juga meningkatkan kekuatan permukaan kulit dalam menghadapi sunburn



    Murad Pomphenol® Sunguard Dietary Supplement

     

    Mengandung ekstrak buah delima yang juga tinggi antioksidan untuk memberi perlindungan tambahan bagi kulit. 



    Life Extension Shade Factor Vegetarian Capsules




    Di samping Polypodium leucotomos, ia juga dilengkapi nicotinamide dan red orange untuk memperkuat skin barrier sekaligus sistem imun alami tubuh.



    *DISCLAIMER: Artikel sudah terbit di majalah Her World Indonesia edisi Mei 2020 dengan judul "Sun Defense from Within".



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below