5 Tips Mudah Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Sahur


  • 5 Tips Mudah Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Sahur
    Lakukan cara mudah ini agar tidak mudah kantuk setelah makan sahur.(Foto:Dok.Pexels/mentatdgt)


    Rasa kantuk setelah sahur adalah hal yang kerap dialami oleh sebagian orang saat puasa. Namun, jika menuruti keinginan untuk tidur, dampaknya akan buruk bagi kesehatan.




    Sistem pencernaan butuh waktu untuk mencerna berbagai asupan yang masuk ke dalamnya. Sehingga jika tidak diberikan jeda waktu, tubuh akan sulit memilah nutrisi dan buatnya tidak bekerja secara maksimal. Lalu, bagaimana menyiasati rasa kantuk ini?


    Berbagai cara bisa kamu lakukan agar tidak mengantuk setelah sahur. Di antaranya adalah dengan memberikan porsi secukupnya saat makan dan mencoba mengalihkannya dengan kegiatan yang bermanfaat saat pagi hari. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut yang bisa kamu coba.


    (Baca Juga: Bolehkah Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Sahur?)


    1. Atur porsi makan

    Bagaimanapun mengonsumsi makanan secara berlebihan, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya rasa kantuk berlebih usai makan sahur. 


    Melansir laman NDTV Food, makanan berlebih akan membuat tubuh terasa lesu dan lemas. Hal ini dikarenakan sistem percernaan yang melambat saat mencerna makananmu. Bahkan, perut bisa terasa kembung seharian.


    Oleh sebabnya, penting untuk mengatur porsi makan saat sahur agar energi yang dibutuhkan cukup untuk tubuh. Selain itu yang terpenting adalah mata tidak kantuk setelahnya.


    2. Cukupi Mineral

    Tanpa disadari, rasa kantuk berlebih yang timbul setelah perut kenyang dikarenakan tubuh tidak menerima cairan secara maksimal. Hal ini juga berdampak para suasana hati, rasa lelah dan sulit berkonsentrasi.


    Pastikan tubuhmu telah mengonsumsi air secara maksimal saat sahur. Sehingga setelahnya, kamu bisa beraktivitas dengan fokus.


    3. Jalan-jalan

    Setelah sahur, yang jarang dilakukan oleh sebagian orang adalah menikmati waktu pagi yang segar dan sejuk. Padahal waktu itu sangat pas jika dirasakan sambil berjalan-jalan kecil di sekitar rumah.


    Jalan-jalan setelah sahur juga termasuk bagian dari olahraga kecil yang bisa buatmu tetap bugar. Luangkanlah 10-15 menit untuk melakukannya. Mengutip laman Times of India, cara ini juga bisa meningkatkan oksigen di dalam tubuh yang juga menambah semangat kerja pada hari itu.


    (Baca Juga: 5 Makanan Yang Bisa Diolah Untuk Menu Sahur Penderita GERD)


    4. Mandi

    Mandi di pagi hari tak hanya buat hilangkan rasa kantuk, tapi juga memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk kulit dan mencegah hormon kortisol meningkat.


    Melansir laman The Independent, Mona Gohara seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine menjelaskan bahwa mandi di pagi hari adalah bagian dari meditasi yang bisa dilakukan sebelum melalui hari yang panjang.


    "Mandi pagi memungkinkan untuk bermeditasi dan mengumpulkan energi kembali sebelum memulai hari yang panjang atau sibuk. Cara ini dapat mengurangi peradangan pada kulit dengan menjaga hormon kortisol agar tetap tertutup," tambahnya.


    5. Mencicil pekerjaan kantor

    Cara lain yang bisa dilakukan agar mencegah kantuk tiba setelah sahur adalah mencoba untuk mencicil pekerjaanmu hari itu. Hal ini bisa jadi salah satu cara untuk mengalihkan pikiran dari keinginan untuk tidur kembali. 


    Namun, ada baiknya untuk melakukan cara yang satu ini setelah mandi. Hal ini akan membuatmu mudah berkonsentrasi lebih dari biasanya.


    Itulah cara mudah agar tidak mengantuk setelah sahur. Mana yang akan kamu coba besok?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below