Bolehkah Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Sahur?


  • Bolehkah Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Sahur?
    Mengonsumsi makanan pedas saat sahur dapat memicu rasa haus dan sakit perut. (Foto: Dok. Nick Karvounis/Unsplash)

    Saat menjalankan puasa, kamu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka dan sahur. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi akan memberikan energi dan mencegah munculnya gangguan selama berpuasa. Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, bolehkah makan pedas saat sahur? Untuk tahu jawabannya, simak jawabannya di bawah ini!


    Bolehkah Makan Pedas Saat Sahur? 




    Sebagaimana diketahui, sahur sangat penting untuk memberikan energi dan mendukung kinerja organ di dalam tubuh agar tetap stabil selama menjalankan puasa. Lantas, bolehkah makan pedas saat sahur? Perlu diketahui, berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Wyoming menemukan bahwa cabai mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang tersimpan dalam cabai atau lada sebagai sumber rasa pedas dan panas. Namun, mengonsumsi makanan pedas saat sahur sebaiknya kamu hindari. Mengapa? Karena dikutip dari The National UAE, menurut dr. Wafa Ayesh, seorang direktur nutrisi klinis di Dubai Health Authority, mengatakan bahwa hindari makanan yang panas, pedas atau asin saat sahur. Ini karena, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan pedas dapat memicu rasa haus. 


    Selain itu, bagi beberapa orang mengonsumsi makanan pedas saat sahur dapat memicu sakit perut atau sensasi panas di dalam perut. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan peningkatan frekuensi buang air besar. Senyawa capsaicin yang terkandung di dalam cabai dan lada akan mengaktifkan reseptor tubuh sehingga menyebabkan makanan lebih cepat bergerak ke usus besar dan memicu perut mulas. Bagi penderita penyakit maag disarankan untuk menghindari makanan pedas saat sahur karena dapat memicu peningkatan asam lambung, sehingga berpotensi menimbulkan rasa sakit di perut bagian atas.


    Namun, efek buruk yang dapat ditimbulkan dari mengonsumi makanan pedas saat sahur dari satu orang ke orang lainnya mungkin tidak akan sama. Ini bergantung pada sensitivitas pencernaan seseorang dan seberapa pedas makanan yang dikonsumsi. Namun, alangkah baiknya hindari mengonsumsi makanan pedas saat sahur untuk meminimalisir efek buruk yang dapat ditimbulkan.