5 Makanan Yang Bisa Diolah Untuk Menu Sahur Penderita GERD


  • 5 Makanan Yang Bisa Diolah Untuk Menu Sahur Penderita GERD
    Rekomendasi menu sahur sehat untuk penderita GERD. (Foto: Dok. Pexels/Ella Olsson)


    Bagi penderita Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD penting untuk menjaga asupan makanan saat sahur. Jika tidak, ibadah puasa yang dijalani bisa terganggu dan tak maksimal. 




    Mengutip laman Medical News Today, GERD adalah suatu penyakit di mana asam lambung meningkat dan bahkan dapat naik hingga kerongkongan. Dampaknya, bisa buat perut terasa mulas, nyeri dan perih di bagian dada. Oleh sebabnya, menjaga pola makan dan memilih asupan yang penuh nutrisi jadi hal utama untuk mencegahnya kambuh saat puasa. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ragam makanan yang bisa diolah jadi menu sahur sehat bagi penderita GERD.


    (Baca Juga: 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung)


    1. Ikan

    Ikan jadi salah satu yang bisa diolah untuk asupan kala sahur bagi penderita GERD. Selain bernutrisi, ia juga rendah asam sehingga meminimalisir asam lambung naik saat berpuasa.


    Salah satunya yang bisa jadi pilihan adalah salmon. Melansir laman Everyday Health, makanan laut yang satu ini diperkaya dengan omega-3 yang tak hanya baik untuk lambung, tapi juga menjaga kesehatan jantung, sendi dan juga mata. Kamu bisa mengolahnya dengan cara steam atau apapun yang tidak banyak menggunakan bumbu berat yang juga memicu rasa perih di perut.


    2. Oatmeal

    Memilih oatmeal sebagai makanan kala sahur adalah langkah tepat terutama bagi penderita GERD atau asam lambung akut. Selain mudah dibuat, makanan yang satu ini juga bergizi dan juga memberikan efek kenyang tahan lama. Tinggi akan serat, oatmeal tak jarang juga jadi asupan bagi mereka yang sedang menjalani diet. Terbuat dari olahan gandum, khasiatnya juga bisa dirasakan oleh jantung dan menstabilkan gula darah. 


    Jika kamu memilihnya sebagai olahan makanan untuk sahur, buatlah semangkuk oatmeal yang lezat dengan aneka buah-buahan sebagai topping di atasnya. Pilihlah buah-buah yang rendah asam, seperti pisang, melon, pepaya, semangka, dan apel.


    3. Buah

    Melengkapi penjelasan di atas, buah-buahan kaya akan serat, magnesium dan kalium. Sebagai keunggulan lain, asupan ini mudah untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga mengonsumsinya saat sahur, akan mencegah asam lambung naik saat puasa seharian.


    Hindarilah buah-buahan yang kaya akan asam seperti stroberi dan blueberry. karena keduanya memliki kandungan asam yang tinggi. 


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan Sahur Bagi Penderita Maag)


    4. Sayuran hijau

    Tak bisa dipungkiri lagi bahwa sayuran hijau memang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara maksimal. Bahkan sebuah studi tahun 2013 yang dikutip oleh Medical News Today menemukan bahwa sayuran juga berkhasiat untuk meminimalisir kambuhnya penyakit GERD.


    Pilihlah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, asparagus dan kubis untuk diolah. Kamu bisa meraciknya dengan cara direbus atau ditumis dengan berbagai bumbu dapur. 


    5. Nasi merah

    Nasi merah bisa jadi pilihan yang tepat untuk mencegah asam lambung naik. Makanan yang satu ini bisa jadi pengganti nasi putih terutama saat sahur. 


    Selain rendah asam, nasi merah juga kaya akan serat yang bisa membantu mengatur saluran pencernaan. Ditambah dengan vitamin B yang dimilikinya, ia juga menyehatkan jantung dan menambah energi saat berpuasa.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below