9 Fashion Podcast Rumah Mode Ternama Yang Wajib Didengar


  • 9 Fashion Podcast Rumah Mode Ternama Yang Wajib Didengar
    Podcast fashion yang wajib untuk didengakan. (Foto: Dok. Berbagai sumber)


    Dalam beberapa terakhir, popularitas podcast sukses naik dengan pesat. Meskipun sebenarnya bukanlah sebuah hal yang baru, namun minat masyarakat menjadi sangat tinggi.

    Berbeda dengan radio yang biasanya disiarkan secara langsung, podcast merupakan hasil rekaman yang telah disunting terlebih dahulu dan kemudian diunggah ke Spotify atau Apple Podcast.



    Biasanya saluran podcast fokus dalam satu kategori. Contohnya seperti berita, komedi, olahraga, hiburan, musik, seni, permainan, teknologi, dan gaya hidup. 

    (Baca juga: London Fashion Week SS 21 Akan Diadakan Secara Virtual)

    Membuat podcast tentu lebih mudah daripada membuat sebuah video, karena peralatan yang dibutuhkan jauh lebih sedikit. Oleh karena itu, podcast dapat dibuat oleh para individu biasa maupun kalangan profesional.

    Sejumlah rumah mode pun turut memiliki saluran podcast sendiri. Topik yang dibicarakan pun tidak terpaku tentang label mereka saja, sehingga tidak membosankan.

    Berikut adalah 9 rumah mode yang memiliki saluran podcast dan layak untuk didengar.


    Dior

    Bernama 'Dior Talks', saluran podcast Dior membicarakan tentang beragam topik, seperti seni feminis, lingkungan, dan styling. Setiap episode dibawakan oleh para tokoh yang memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing dengan konsep informal namun tetap informatif, sehingga tidak membosankan untuk didengarkan.

    Apple Podcast

    Spotify


    Gucci

    Rumah mode Gucci telah memiliki podcast sejak tahun 2018 dengan nama 'Gucci Podcast' dan sudah memiliki 30 episode hingga saat ini. Setiap episode menghadirkan mereka yang pernah bekerja sama dengan sang Direktur Kreatif Alessandro Michele, baik bintang kampanye, kolaborator proyek 'Gucci Gig', model yang berjalan di runway, hingga juru masak di restoran Gucci Osteria.

    Apple Podcast

    Spotify

    (Baca juga: Inspirasi Gaya OOTD Ramadan Tahun Ini Dari 7 Desainer)


    Coach

    Coach merancang podcast 'Dream It Real' untuk menginspirasi, mendukung, dan melengkapi. Podcast ini menjadi tempat untuk membicarakan tentang impian para bintang tamu, mulai dari impian untuk mereka sendiri, komunitas, maupun dunia. Bintang tamu yang dihadirkan merupakan artis, pemimpin, serta generasi muda. Contohnya adalah Selena Gomez dan Michael B. Jordan.

    Apple Podcast

    Spotify


    Maison Margiela

    Direktur kreatif Maison Margiela, John Galliano, menjadi pembicara langsung di podcast rumah mode tersebut. 'The Memory Of... With John Galliano' menjadi tempat untuk berbagi cerita yang biasanya hanya diketahui oleh para orang dalam industri mode.

    Apple Podcast

    Spotify


    Chanel

    Chanel menjadi rumah mode dengan unggahan podcast paling banyak saat ini, yaitu 114 episode. Setiap episode yang ditayangkan di '3.55' memiliki durasi yang cukup singkat, sehingga tidak akan membuat bosan. Melalui podcast ini, Chanel menghadirkan pembicaraan intim yang direkam di berbagai tempat, misalnya apartemen Gabrielle Chanel, Métiers d’art ateliers, hingga berbagai acara yang diadakan oleh label ini, seperti ekshibisi 'Mademoiselle Privé' dan peragaan busana. Tak hanya tersedia dalam bahasa Inggris, beberapa episode juga hadir dalam bahasa lain seperti Prancis dan Korea.

    Apple Podcast

    Spotify


    Chloé

    'Chloé Radio' menjadi nama yang dipilih rumah mode Chloé untuk saluran podcast-nya. Dipimpin oleh jurnalis Augustin Trapenard sebagai host, serial podcast ini menghadirkan bintang tamu para wanita yang menginspirasi Chloé. Setiap episode diunggah dalam dua versi bahasa, yaitu Inggris dan Prancis.

    Apple Podcast

    (Baca juga: Mengintip Koleksi 'Reburberry Edit' Yang Ramah Lingkungan)


    Hermes

    Rumah mode Hermès telah memiliki lebih dari satu serial podcast. Serial terbarunya yang bertajuk 'About A Dream' menceritakan mimpi terliar yang menjadi bagian dari visi pekerjaan sejumlah tokoh penting di label tersebut. Serial ini baru memiliki tiga episode yang disiarkan secara eksklusif di situs Hermès. Jika ingin mendengarkan lebih banyak dari rumah mode ini, serial sebelumnya yang berjudul 'Faubourg of dreams' juga masih bisa didengarkan di situs mereka.

    Hermes.com


    Miu Miu

    Setiap episode podcast Miu Miu 'Miu Miu Musings' menghadirkan beberapa bintang tamu sekaligus, sehingga durasi setiap episode pun lebih panjang dibandingkan podcast rumah mode lain. Setiap episode direkam di kota di negara yang berbeda-beda sembari makan siang. Sudah ada tiga kota yang menjadi lokasi perbincangan seru antara para wanita, yaitu Beijing, New York, dan London.

    Apple Podcast


    Marks and Spencer

    Melalui 'The M&S Podcast', Marks and Spencer mendiskusikan tentang bisnis mode dan usaha sustainability yang dilakukan. Meskipun baru memiliki enam episode, namun setiap episode dibuat dengan informatif dan tetap menarik untuk didengar. Beberapa topik yang diangkat adalah proses pembuatan katun, modern day slavery, dan produk yang vegan-friendly.

    Apple Podcast