20 Museum yang Kini Bisa Dikunjungi Lewat Tur Virtual


  • 20 Museum yang Kini Bisa Dikunjungi Lewat Tur Virtual
    Museum yang Kini Bisa Dikunjungi Lewat Tur Virtual. ( Foto: Dok/MuseumSeniRupadanKeramik))


    Selama masa karantina mandiri di tengah wabah virus corona (covid-19), beberapa museum bisa jadi tutup untuk sementara. Namun, kamu masih bisa menyusurinya lewat akses digital atau tur virtual.  



    Baru-baru ini, Google Arts & Culture bekerjasama dengan 2500 museum dan galeri di seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk memberi kesempatan pada publik melihat pameran/koleksi meski tetap berada di rumah. Google Arts & Culture sendiri merupakan virtual reality yang dapat diakses melalui ponsel dengan aplikasi. 

    Sejumlah museum tersebut juga termasuk yang populer dan terkenal di dunia, seperti British Museum di London, Van Gogh Museum di Amsterdam, dan atau Guggenheim di New York City.  

    Mengutip sejumlah sumber, berikut beberapa museum di Jakarta dan Dunia yang bisa kunjungi lewat tur virtual, baik di Indonesia maupun di luar negeri.  


    (Baca juga: 7 Deretan Museum Modern yang Wajid Dikunjungi) 




    1. Museum Nasional Indonesia

    Di sini terdapat beberapa artefak dari berbagai daerah di Indonesia. Museum Nasional menyimpan 160.000an benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi Prasejarah, Arkeologi masa Klasik atau Hindu – Budha; Numismatik dan Heraldik; Keramik; Etnografi, Geografi dan Sejarah. 

    Tur virtual di Museum Nasional Indonesia.




    2. Museum Sumpah Pemuda

    Museum yang berlokasi di Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta Pusat ini punya beberapa koleksi yang berkaitan dengan sejarah panjang kemerdekaan Indonesia, termasuk hari Sumpah Pemuda. Salah satu koleksinya yakni biola WR Supratman.  

    Tur virtual di Museum Sumpah Pemuda. 




    3. Museum Kebangkitan Nasional

    Museum ini memiliki beberapa koleksi yang menarik untuk ditelusuri, di antaranya diorama berdirinya Budi Oetomo, hingga patung pelajar STOVIA (School Tot Opleding Van Inlandsche Artsen) - Sekolah Kedokteran Bagi Bumi Putera,- sekaligus asrama. 

    Tur virtual di Museum Kebangkitan Nasional.  




    4. Galeri Nasional

    Di sini kamu dapat melihat beberapa koleksi seperti lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, fotografi, seni kriya dan seni instalasi dan patung, Galeri Nasional disebutkan memiliki sekitar 1785 koleksi karya seniman Indonesia dan juga luar negeri, antara lain; Raden Saleh, Hendra Gunawan, Affandi,S. Sudjojono, Basoeki Abdullah.  

    Tur virtual di Galeri Nasional.



    5. Museum Basuki Abdullah

    Koleksi Museum Basoeki Abdullah terdiri dari koleksi lukisan dan koleksi pribadi pelukis Basoeki Abdullah berupa patung, topeng, wayang, senjata dan sebagainya. Jumlah koleksi museum sebanyak 123 buah, sedangkan koleksi pribadi (barang dan benda seni) milik Basoeki Abdullah sebanyak 720 buah, dan buku-buku/majalah sekitar 3000-an.  

    Tur virtual di Museum Basuki Abdullah.



    6. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

    Museum yang berada di Jalan Imam Bonjol No 1 Menteng ini memiliki  sejumlah koleksi seperti scan teks proklamasi yang ditulis Soekarno, patung Sutan Sjahrir, dan beberapa ruang pameran seperti Ruang Pra-Proklamasi Naskah Proklamasi.  

    Tur virtual di Museum Perumusan Naskah Proklamasi.




    7. Monumen Nasional

    Monumen Nasional memiliki beberapa koleksi yang menarik juga untuk disusuri, seperti diorama yang mengungkap perjalanan Indonesia mulai dari zaman kerajaan hingga zaman modern.  

    Tur virtual di Monumen Nasional.




    8. Museum Seni Rupa dan Keramik

    Di sini kamu bisa melihat ratusan karya seni, di antaranya koleksi patung, totem kayu, grafis, dan batik lukis.  

    Tur virtual di Museum Seni Rupa dan Keramik.




    9. Museum Tekstil

    Museum tekstil memiliki lebih dari 2.300 koleksi batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga koleksi alat tenun.  

    Tur virtual di Museum Tekstil.




    10. Museum Benteng Vredeburg

    Museum yang berada di Yogyakara ini memiliki berabai koleksi yang menarik untuk dilihat dari koleksi regalia, koleksi foto, miniatur, replika, lukisan dan koleksi adegan peristiwa.  

    Tur virtual di Museum Benteng Vrederburg.


    Di samping museum tersebut di atas, masih terdapat beberapa museum lainnya di daerah Indonesia yang juga bisa dikunjungi virtual. 

    Dan tak hanya di Indonesia, traveling virtual museum juga bisa dilakukan di berbagai negara di dunia. Berikut beberapa di antaranya yang bisa jadi pilihan. 



    11. Musee d'Orsay, Paris

    Salah satu museum besar di Paris ini memiliki koleksi yang juga tak kalah banyaknya dari mulai impressionist hingga post impressionist. Dengan satu klik kamu bisa melihat beberapa koleksi interaktif dari karya Van Gogh, Cezanne, Degas dan lainnya,

    Tur virtual di Musee d'Orsay, Paris. 




    12. British Museum, London

    Museum yang berada di jantung kota London ini memiliki koleksi yang menarik untuk disusuri lebih jauh. Grafis yang disodorkan untuk tur virtual di museum ini sangat mengesankan, seperti masuk dalam intergalaksi di mana bisa memilih mau lihat koleksi dari setiap benua dengan rentang waktu berbeda, dari mulai Afrika, Amerika, Asia, Oseania dan Eropa.

    Tur virtual di British Museum. 



    13. Pergamon Museum, Berlin

    Sebagai salah satu museum terbesar di Jerman, Pergamon memiliki banyak koleksi yang bisa ditelusuri meski kamu secara fisik tak ada di sana. Museum bersejarah ini menjadi tempat berada beberapa artefak kuno termasuk Ishtar Gate of Babylion dan tentu saja Pergamon Altar.

    Tur virtual di Pergamon Museum. 




    14. Van Gogh Museum, Amsterdam

    Buat kamu yang sangat menyukai karya-karya Van Gogh kali ini bisa melihatnya secara virtual. Di sini terdapat koleksi terbesar karya Vincent Van Gogh termasuk 200 lukisan, 500 sektsa dan lebih dari 750 suratnya.

    Tur virtual di Van Gogh Museum. 




    15. Rijksmuseum, Amsterdam

    Eksplorasi beberapa karya dari masa keemasan dunia seni rupa Belanda termasuk di antaranya karya Vermeer dan Rembrandt.

    Tur virtual di Rijksmuseum. 




    16. Museum of Modern Art, New York

    Di sini kamu dapat melihat 129 karya seni dari koleksi MoMA, termasuk di antaranya 'The Starry Night' Van Gogh, 'Still Life with Apples' karya Paul Cezanne, dan 'The Sleeping Gypsy' karya Rousseau. Menelusurinya via virtual menjadi pengalaman menyenangkan sekaligus informatif.

    Tur virtual di Museum of Modern Art.



    17. National Gallery of Art, Washington, D.C

    The National Gallery memiliki 43.463 karya seni yang juga tak kalah menariknya, dari mulai Renaissance, Engravings dan lainnya. Kali ini, lewat tur virtual kamu juga bisa melihat slideshow dari pameran terkini seperti 'Degas at the Opera'.

    Tur virtual di National Gallery of Art




    18. National Gallery of Victoria, Melbourne

    Seperti museum di dunia, National Gallery of Victoria juga tertutup untuk sementara karena wabah virus corona. Namun, dengan virtual tur, kamu dapat melihat beberapa karya seni dari Jean-Michel Basquiat, dan pameran yang saat ini bisa ditelusuri.

    Tur virtual di National Galllery of Victoria.



    19. National Museum of Modern and Contemporary Art, Seoul

    Salah satu museum populer di korea dan dapat diakses dari manapun di dunia. Tur virtual akan membawa kamu menyusuri museum enam lantai yang diisi oleh seni kontemporer Korea dan karya seni dari berbagai negara di dunia.

    Tur virtual di National Museum of Modern and Contemporary Art. 




    20. MASP, Sao Paulo

    The Museu de Arte de Sao Paulo merupakan non-profit dan museum modern pertama Brazil. Di sini terdapat sejumlah karya seni yang ditempatkan dengan cara yang unik, seolah melayang di udara, sehingga tur .vritual menjadi lebih menyenangkan.

    Tur virtual di MASP.