Ini 5 Cara Mencuci Masker Kain Yang Baik Dan Benar


  • Ini 5 Cara Mencuci Masker Kain Yang Baik Dan Benar
    Ini 5 Cara Mencuci Masker Kain Yang Baik Dan Benar. (Foto: Pexels.com)

    Tahukah kamu bagaimana cara mencuci dan membersihkan masker kain yang baik dan benar? Tentu ada cara sendiri dalam membersihkan penutup wajah yang kini dianjurkan untuk melindungi diri dari bahaya persebaran virus Corona ini. Sebab, jika tidak dikerjakan sesuai ketentuan, maka bakteri dan virus nanti bukannya malah mati melainkan akan menempel di bidang-bidang lainnya yang tentu tak kamu inginkan.


    Daripada berpanjang lebar, yuk kita perhatikan langkah-langkah mencuci masker kain berikut ini:




    1. Pakai sabun yang mengandung pemutih


    (Foto: Pexels.com)


    "Soaking your face masks for five minutes in a solution of one teaspoon of bleach for every quart of hot water. Temperature doesn’t really matter—the bleach is doing the sanitation work—but it’s an extra layer of security." - Popsci.com

    Dilansir dari popsci.com, ada baiknya masker kain direndam terlebih dahulu dengan satu sendok teh sabun yang mengandung pemutih. Jika tidak ada, pakai pemutih (bleach) pun tidak apa-apa. Namun pastikan masker tersebut berwarna putih. Jika bewarna, gunakanlah cairan antiseptik yang banyak dijual di pasaran sesaat sebelum dicuci. Setelahnya, supaya tak meninggalkan bercak-bercak putih yang sering diakibatkan oleh pemutih, bilas masker dengan air bersih di bawah kran selama 10 - 15 detik (boleh air hangat atau dingin). Barulah kemudian rendam lagi di dalam air bersih selama 5 menit. Jemur di bawah sinar matahari atau dengan hair dryer bersuhu tinggi untuk menambah kualitas sanitasi.

    "It is important to note that detergents with bleach-like compounds or other active ingredients should be used when washing masks. Those kill microbes more effectively than standard detergents" - Popsci.com.


    (Baca Juga: Cara Hilangkan Noda Pakaian Secara Instan)


    2. Gunakan air panas atau mendidih


    (Foto: Pexels.com)


    Untuk merendam masker, gunakanlah air panas (bukan hangat) untuk mematikan virus dan bakteri. Jika kamu ingin lebih yakin, rebuslah masker setelah dan sebelum digunakan agar kesterilannya betul-betul bisa dipercaya. Berdasarkan arahan WHO, sebanyak 10000 unit virus COVID-19 dinyatakan bisa mati dalam suhu 56°C pert 15 menit. Oleh sebab itu, biarkan ia di dalam rebusan air selama jangka waktu tersebut.


    3. Cuci setiap hari


    (Foto: Pexels.com)


    Karena kamu harus mencucinya setiap kali habis pakai, maka disarankan punya lebih satu dari masker. Saat yang telah dicuci belum kering, maka kamu bisa menggunakan yang telah kering sebagai pengganti. Cara menyimpannya pun harus dibedakan yaitu dengan cara measukkannya ke dalam kantung ziploc yang rapat agar tidak terpapar bakteri lain dari luar sehabis disterilkan. "Ideally, you should toss your mask into your washing machine or laundry after each use", ungkap Deirdre Jones, seorang designer di balik Rendall Co. yang dikutip dari Glamour. Selain itu, jika kamu menyelipkan filter di dalam masker kainmu, maka keluarkanlah dulu lalu filter tersebut lalu cuci secara terpisah.


    (Baca juga: 4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membuat Masker Kain)


    4. Setrika dengan suhu panas


    (Foto: Pexels.com)


    Jika sudah dicuci bersih dan disimpan rapat di dalam kantung, setrikalah masker kain dengan suhu tinggi sebelum digunakan kembali. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan sebab jika ternyata virus belum berhasil mati dari proses pencucian, maka kamu bisa meyakinkannya dengan menyetrikanya di suhu tinggi dan menekannya dalam waktu sekitar 15 detik di tiap sisi.


    (Baca Juga: Gaya 14 Selebriti Indonesia Saat Pakai Masker Kain)


    5. Jangan disemprot alkohol atau disinfektan


    (Foto: Pexels.com)


    Jika kamu rasa malas untuk mencuci, jangan sekali-kali menyemprotkan alkohol atau cairan disinfektan ke masker kainmu! Bukan begitu cara untuk mensterilkan masker kain. Sebab jika partikel dari alkohol atau cairan disinfektan terhisap oleh hidung atau mulutmu, malah akan menimbulkan masalah kesehatan serius yang bisa berakibat fatal seperti diare, keracunan, atau bahkan muntah-muntah. Cara SATU-SATUNYA adalah MENCUCINYA dengan air panas, pemutih/larutan antiseptik, dan sabun. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below