5 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh


  • 5 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh
    Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh. (Foto:Dok. Daria Shevtsova/Pexels)

    Yoghurt sudah dikenal sejak lama memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini berkat kandungan probiotik dan beberapa nutrisi penting lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan usus, memperkuat tulang, menurunkan berat badan serta meningkatkan kekebalan pada tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh:


    1. Memperkuat Tulang




    Yoghurt mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Semua nutrisi ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis, yakni suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang, sehingga berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya tiga porsi produk olahan susu, seperti yogurt, setiap hari dapat membantu menjaga kekuatan tulang.  


    Selain itu, kandungan kalsium di dalam yoghurt juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Sementara vitamin D dalam yoghurt dapat membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik. 


    (Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Smoothies)


    2. Menjaga Berat Badan


    Kandungan protein, probiotik dan kalsium yang terkandung di dalam yoghurt dapat meningkatkan kadar hormon anti lapar seperti peptide YY dan GLP-1. Sehingga, nafsu makan menurun dan rasa kenyang terasa lebih lama. Dikutip dari laman Healthline, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi yoghurt memiliki berat badan yang lebih rendah, persentase lemak tubuh dan lingkar pinggang yang lebih kecil. 


    3. Meningkatkan Sistem Imun


    Kandungan probiotik dalam yoghurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit. Probiotik telah terbukti memiliki kemampuan untuk menangkal virus, mengurangi peradangan hingga mencegah gangguan pada usus. 


    Selain itu, kandungan lain yang terkandung di dalam yoghurt seperti magnesium, selenium dan seng, yang merupakan mineral yang dikenal bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yoghurt yang diperkaya vitamin D juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih dan mencegah penyakit flu. 


    (Baca Juga: 8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh)


    4. Kaya akan Nutrisi Penting


    Yoghurt mengandung hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Dikenal mengandung banyak kalsium dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Yoghurt juga tinggi vitamin B, khususnya vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat mencegah penyakit jantung. Dikutip dari laman Healthline, mengonsumsi satu gelas yoghurt dapat memenuhi 38% dari kebutuhan harian untuk fosfor, 12% untuk magnesium dan 18% untuk kalium. Mineral-mineral ini sangat penting untuk mengatur tekanan darah, metabolisme dan kesehatan tulang. 


    5. Melancarkan Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Usus


    Kandungan probiotik atau bakteri baik di dalam yoghurt seperti lactobacillus acidophilus memiliki peranan penting untuk menangkal bakteri penyebab infeksi pencernaan usus dan lambung. Oleh karena itu, yoghurt efektif meredakan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below