Lakukan Tips Ini Agar Produktif Bekerja Di Rumah


  • Lakukan Tips Ini Agar Produktif Bekerja Di Rumah
    Lakukan beberapa tips ini agar tetap produktif meski bekerja di rumah. (Foto: Dok. Andrew Neel/Unsplash)

    Di zaman modern seperti sekarang ini sebuah pekerjaan dapat dikerjakan dimana pun. Bahkan ada beberapa jenis pekerjaan yang dapat dikerjakan meski dari rumah seperti freelance atau pekerja lepas, pembuat konten, orang yang mencari penghasilan dari sosial media, serta ada juga kerja dengan sistem remote.


    Kerja dengan sistem remote yaitu mengerjakan pekerjaan di rumah, tanpa harus datang ke kantor. Mungkin terlihat mudah dan menyenangkan, padahal kenyataanya bekerja di rumah juga berpotensi menyebabkan stres. Berikut ini beberapa tips agar tetap produktif meski bekerja di rumah. 




    Membuat Jadwal


    Bekerja di rumah memang membuatmu lebih leluasa untuk mengerjakan pekerjaanmu kapan saja atau melakukan sesuatu di sela-sela bekerja. Namun, jika dilakukan terus menerus mungkin saja akan membuat pekerjaanmu menjadi tidak selesai tepat pada waktunya dan dapat mengganggu hasil dari pekerjaanmu. Oleh karena itu, agar tetap produktif meski bekerja di rumah, usahakan untuk membuat jadwal bekerja dari malam sebelumnya. Pikirkan tugas apa saja yang ingin kamu selesaikan esok hari, dan patuhi semua jadwal yang telah dibuat. 


    Menentukan Spot Bekerja


    Meskipun bekerja di rumah, tidak serta merta membuat kamu kerja di tempat yang tidak seharusnya, seperti di atas kasur. Ada baiknya kamu menentukan spot kerja yang nyaman. Mungkin saja kamu dapat menyisipkan meja kecil dan kursi di sudut kamar kamu. Dengan begini, kamu dapat bekerja lebih produktif meski dari rumah. 


    (Baca juga : 5 Tips Agar Bekerja Saat Liburan Lebih Mudah Dilakukan)


    Sempatkan untuk Berolahraga


    Tips produktif bekerja di rumah berikutnya yaitu dengan menyempatkan diri untuk berolahraga di pagi hari akan sangat berpengaruh besar pada produktivitas seseorang. Lakukan exercise ringan selama 15-45 menit per hari dapat membuat suasana hari menjadi lebih baik dan meningkatkan energi, sehingga lebih siap untuk bekerja. 


    Konsumsi Sarapan Bergizi


    Tidak hanya para pekerja kantoran saja yang memerlukan menu sarapan yang bergizi, tetapi juga kamu yang bekerja di rumah. Asupan makanan di pagi hari akan menentukan efektivitas tenaga yang dapat dikeluarkan seharian. Mengonsumsi makanan yang tidak bergizi berkemungkinan besar akan membuat fokus kamu terganggu dan lebih mudah terasa lapar. 


    (Baca juga : 7 Tips Nyaman Bekerja Berjam-jam di Depan Komputer)


    Siapkan Hal yang Dapat Menemani Pekerjaan


    Untuk meningkatkan produktivitas meski bekerja di rumah, kamu bisa menyiapkan hal-hal yang dapat menemani pekerjaan, semisal kopi atau makanan ringan. Ini dilakukan agar kamu memiliki suasana hati yang bagus, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan kamu pun tidak mudah merasa bosan ketika menjalaninya. 


    Itulah lima tips agar tetap produktif meski bekerja di rumah, pastikan untuk selalu mengerjakan pekerjaan sesuai dengan target dan lakukan semaksimal mungkin. Ingat untuk bekerja cerdas dengan menggunakan waktu dan tenaga secara efektif. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below