6 Cara Mencuci Muka yang Baik dan Benar


  • 6 Cara Mencuci Muka yang Baik dan Benar
    Cara Mencuci Muka yang Baik dan Benar (Foto: freepk/Freepik)

    Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, mencuci muka jadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Jika tidak mencuci muka, kotoran, debu, hingga sisa makeup dapat tertumpuk di kulit dan bisa menimbulkan jerawat.

    Mencuci muka pun sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Melakukannya dua hari sekali, pagi dan malam, pun sudah cukup.

    Pada pagi hari setelah bangun tidur, mencuci muka akan membersihkan kotoran yang berpindah dari sarung bantal ke wajah. Sementara itu, mencuci muka pada malam hari akan membersihkan kotoran setelah melakukan aktivitas seharian.




    (Baca juga artikel: 'Face Oil', Manfaat dan Cara Pakai yang Tepat)


    Meskipun mudah untuk dilakukan, sayangnya tidak semua orang tahu cara mencuci muka yang baik dan benar. Akibatnya, hasil yang didapatkan jadi tidak maksimal.


    Berikut adalah cara untuk mencuci muka yang baik dan benar:


    1. Cuci tangan

    Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Meskipun akan terkena air dan sabun saat mencuci muka, namun kotoran yang menempel di tangan pun juga akan tercampur dengan sabun yang diusapkan ke wajah.

    2. Bersihkan makeup

    Tidak semua sabun cuci muka dapat mengangkat makeup. Pastikan untuk membersihkan makeup dahulu sebelum mencuci muka.


    (Baca juga artikel: 7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Blackhead)


    3. Gunakan air hangat

    Usahakan untuk menggunakan air hangat, karena air dingin tidak bisa membuka pori-pori. Jika pori-pori masih tertutup, maka sabun tidak bisa membersihkan hingga ke bagian dalam. Hindari penggunaan air terlalu panas agar tidak merusak kulit. 



    4. Sabun muka sesuai jenis kulit

    Sebelum membeli sabun cuci muka, pastikan untuk membaca seluruh tulisan yang tertera di kemasannya guna mengetahui seluruh fiturnya, sehingga bisa mengetahui apakah sabun tersebut sesuai dengan kondisi kulit. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari salah membeli sabun yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

    Usapkan sabun ke seluruh wajah (kecuali daerah mata), selama setidaknya 30 detik. Gunakan gerakan memutar dengan ujung jari agar tidak melukai kulit. 

    Jangan biarkan sabun cuci muka terlalu lama di wajah agar tidak mengurangi kemanjurannya dan membuat kulit menjadi kering.


    (Baca juga artikel: Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah yang Membandel)


    5. Bilas hingga bersih

    Pastikan sabun dibilas hingga bersih dengan air dingin, agar pori-pori tertutup kembali. 


    6. Keringkan dengan handuk bersih

    Keringkan wajah yang basah dengan handuk bersih. Hindari menggunakan handuk berkali-kali karena kotoran dan bakteri dapat tertumpuk di handuk yang sudah dipakai.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below