8 Tips Sukses Negosiasi Online Saat 'Work From Home'


  •  8 Tips Sukses Negosiasi Online Saat 'Work From Home'
    Tips bernegosiasi online saat Work From Home(Foto:Dok.Pexels/Christina Morilo)


    Tidak terasa sudah tiga minggu menjalani ritme kerja baru saat semua harus di rumah saja. Rapat dengan tim atau negosiasi tentang proyek yang sedang berjalan dengan klien harus ditempuh tanpa bertemu langsung. Butuh kemampuan khusus agar sukses memenangkan negosiasi, tambah lagi kali ini mau tidak mau dilakukan melalui online. Tantangannya tentu lebih banyak karena kita tidak bisa duduk dan ngobrol bareng dalam satu meja seperti biasanya. 

    Jangan nyerah. Berikut 8 tips sukses bernegosiasi online yang bisa dipraktekan saat kamu WFH. 



    (Baca Juga: Cara Negosiasi dengan Atasan)


    1. Impresif

    Tampil impresif di layar komputer sedikit berbeda dengan ketika kita bertemu langsung. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar lawan bicara menaruh perhatian sepenuhnya pada proses negosiasi. Pastikan koneksi internet bagus dan mulailah negosiasi dengan kalimat hangat dan ramah, seperti menanyakan kabar, bertukar info aktual (bukan gosip!) atau sekadar melempar pujian pada lawan bicara. Hindari pembicaraan bisnis di awal agar suasana terbangun lebih relaks.


    2. Jaga penampilan 

    Tampil rapi dengan pakaian yang pantas adalah salah satu etika penting dalam bernegosiasi online. Orang akan lebih menghargai usaha ini sehingga diskusi dipandang serius dan penting. Tak hanya itu, dengan berpenampilan rapi, kamu otomatis akan lebih percaya diri dalam mengemukakan topik. Minimalkan gerakan yang tidak perlu, karena bahasa tubuh kamu di layar komputer akan terekam baik oleh semua peserta rapat. 

    (Baca Juga: Rekomendasi Busana Modis Untuk Panggilan Interview Kerja)


    3. Stay focus

    Selalu arahkan pandangan mata ke layar, jangan terdistraksi oleh lingkungan. Oleh karenanya, penting untuk menemukan spot yang tidak dilalui anggota keluarga lain. Catat poin penting yang akan dinegosiasikan sebelum rapat dimulai, dan hadir 10 menit sebelum waktu yang ditentukan akan membantu kamu mengumpulkan dayab konsentrasi.


    4. Cekatan cari solusi

    Tujuan negosiasi adalah mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak. Kemampuan kamu sangat ditantang dalam proses ini. Dibutuhkan cara berpikir kreatif untuk mencoba segala kemungkinan dalam mencapai mufakat. Bersikaplah aktif, namun jangan agresif. Jaga perasaan pihak klien agar tidak sampai menimbulkan kesan tersudut atau diperlakukan tidak fair.


    5. Tenang dan rasional

    Sikap yang tenang bisa menjaga cara berpikir yang rasional. Jadi jangan sesekali terpancing emosi karena solusi terbaik tidak akan muncul dari suasana itu. Hadapi negosiasi dengan pikiran positif sehingga kamu akan terlihat stabil dan tidak stres.

    (Baca Juga: Cara Mudah Untuk Kembalikan Fokus Kerja Setelah Liburan)


    6. Tawarkan rehat

    Tidak mustahil sebuah negosiasi online diwarnai rehat selama 5-10 menit. Jeda ini sangat penting untuk menurunkan ketegangan, memberi waktu untuk berpikir sejenak tanpa intervensi lawan bicara, juga bisa kamu gunakan untuk mempraktekkan grounding technique, dimana kamu dapat menarik nafas dalam beberapa kali demi menstabilkan emosi atau membuat secangkir teh hangat kesukaanmu.


    7. Ditolak?

    Kemungkinan tawaran solusi kamu ditolak klien bisa saja terjadi. Anggaplah ini sebagai ajang latihan mental agar kamu bisa tampil lebih baik pada proses negosiasi berikutnya dan menghasilkan solusi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Yup, negosiasi juga perlu latihan lho!  


    8. Apresiasi

    Ada satu hal lagi yang perlu dihindari saat kamu merasa berhasil memenangkan negosiasi. Menurut Leigh Thompson, guru besar di Kellogg School of Management Northwestern Univesity, ekspresi yang terlalu gembira di saat negosiasi berakhir dapat membahayakan dan menimbilkan reaksi sebaliknya dari lawan bicara. “Daripada menampilkan kepuasan diri, lebih baik fokus untuk mengapresiasi niat baik lawan bicara dalam menerima atau membuat keputusan bijak,” demikian ujarnya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below